Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Mengatasi excel cannot open the file because the file format or file extension is not valid

Tutorial memperbaiki excel cannot open the file because the file format or file extension is not valid - Format file Excel adalah .xlsx atau .xls. Namun, beberapa pasti Anda pernah mengalami kesalahan saat mencoba membuka atau mengedit file Excel di Office 2003, 2007, 2010, 2013, 2016, 2019, dan 365 di Windows 11, 10, 8/8.1 dan 7. Dengan pesan kesahalah Excel cannot open the file because the extension is not valid.

Kesalahan ini biasanya muncul saat membuka versi file Excel yang lebih lama di Excel versi lebih baru, Selain itu bisa juga terjadi jika Anda secara tidak sengaja mengganti nama file dengan format file yang berbeda atau ekstensi file yang salah sehingga file menjadi rusak atau tidak bisa dibaca oleh aplikasi.

Excel, seperti setiap aplikasi Microsoft lainnya, terkadang mengalami masalah. Sebagian besar adalah gangguan sepele dan dapat diselesaikan dengan restart aplikasi atau PC. Namun, masalah yang akan kita bahas ini sediti rumit bagi pengguna yang masih belum mengerti.

Jika Anda mengalami error Excel Cannot Open The File Because The File Format or File Extension is Not Valid ini saat mencoba membuka file di Excel, panduan ini mungkin bisa membantu Anda. Admin Amalankomputer akan menjelaskan kemungkinan dan alasan mengapa kesalahan terjadi dan beberapa solusi yang bisa Anda gunakan untung mengatasinya.

Cara mengatasi ms excel cannot open the file because the file format or file extension is not valid

Pesan kesalahan ini biasanya mengindikasikan jika file tidak kompatibel dengan versi Excel yang anda gunakan, file mengalami kerusakan atau bisa juga corrupt.

Berikut ini kami akan memberikan beberapa solusi yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah ini.

Ubah ekstensi file excel yang ingin di buka

Sering kali error ini muncul karena ekstensi file yang tidak di dukung oleh Excel. Skenario error bisa terjadi karena Anda membuka file ekstensi Excel baru di aplikasi versi lama.

Microsoft Excel secara default saat ini menggunakan 2 ekstensi file yakni XLSX dan XLS.

Excel versi 2003 menggunakan ekstensi XLS, sedangkan Excel versi 2007 keatas sudah menggunakan format XLSX. Anda bisa merubah tipe ekstensi saat ingin menyimpan hasil pekerjaan Anda langsung di aplikasi Excel.

Excel versi lama 2003 tidak akan bisa membuka format baru XLSX. Jadi coba rubah format ekstensi menjadi XLS, dan coba buka kembali. Atau sebaliknya ganti menjadi XLSX jika ingin membuka di versi Aplikasi yang lebih baru.

Anda juga bisa mengatur tipe ekstensi sebelum mengyimpan pekerjaan. Untuk merubahnya ikuti langkah-langkah dari admin AmalanKomputer.com berikut:

  1. Buka ms excel
  2. Klik file lalu ke export.
  3. Klik Change file type.
    excel cannot open the file because the file format or file extension is not valid - Ubah ekstensi file excel yang ingin di buka
  4. Di bagian kanan pilih tipe file sesuai dengan versi Excel yang nantinya akan digunakan untuk membuka file Anda ini,
  5. Klik Save as.

Buka file menggunakan Fitur Open and Repair

Untuk solusi ke-2 cara mengatasi Excel cannot open the file because the file format or file extension is not valid bisa menggunakan fitur Repair. Fitur Open and Repair ini adalah fitur bawaan Microsoft Excel yang bisa digunakan untuk memperbaiki file yang rusak atau corrupt. Caranya adalah sebagai berikut : 

  1. Buka ms excel.
  2. Klik Open dan cari file yang ingin dibuka.
  3. Kemudian klik tanda panah di sebelah kanan tombol Open.
  4. Akan muncul pilihan opsi baru dan pilih Open and Repair.
  5. Maka Excel akan membuka file tersebut dalam mode repair yang mana akan memperbaiki kesalahan atau error yang dimiliki file tersebut.

Namun jika kesalahan error ini masih terjadi coba cara berikut ini.

Jalankan Excel dalam Safe Mode dan matikan Add-ins

Terkadang kesalah muncul karena memang aplikasi kita yang bermasalah. Jika file Excel masih gagal dibuka atau ekstensi tidak valid, maka Anda harus mencoba menjalankan Excel dalam safe mode dan mematikan beebrapa Add-in. Ikuti panduan di bawah ini:

  1. Buka Windows Run dengan cara tekan tombol Windows dan R secara bersamaan.
  2. Pada jendela Run, ketik excel/safe 
    excel cannot open the file because the file format or file extension is not valid - Jalankan Excel dalam Safe Mode dan matikan Add-ins
  3. Kemudian tekan Enter.
  4. Setelah Microsoft Excel terbuka klik menu File lalu Options.
  5. Klik Add-ins.
  6. Di bawah pada bagian Manage pilih COM Add-ins lalu klik Go.
  7. Pilih salah satu add-ins yang tidak ada hubunganya dengan Microsoft Office kemudian klik Remove.
  8. Lalu klik OK.
  9. Dan coba buka file yang tadi gagal di buka.

Nah itu tadi adalah 3 cara mengatasi excel cannot open the file because the file format or file extension is not valid. Semoga berhasil mengatasi masalah yang Anda alami.

Tag :

Excel

1 Komentar untuk "Mengatasi excel cannot open the file because the file format or file extension is not valid"

tetep ga bisa bang ada cara lain gak?

Back To Top