Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Cara update Net Framework windows 10, 11, 8/8.1 dan 7

Dalam penggunaan laptop dengan sistem operasi Windows, maka ada yang dikenal dengan istilah Net Framework. Net Framework merupakan suatu software yang dikembangkan oleh Microsoft agar bisa menjalankan suatu aplikasi.

update Net Framework windows

Disini, admin AmalanKomputer.com akan menjabarkan bagaimana cara update Net Framework Windows 10 bagi Anda yang menggunakan Windows 10, 11, 8/8.1 dan 7.

Cara update Net Framework pada windows 10 dan 11

Hal pertama yang harus dilakukan yaitu unduh driver terlebih dahulu. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, silakan Anda simak di bawah ini.

  1. Pertama, silakan kunjungi website resmi Microsoft terlebih dahulu untuk mendapatkan driver Net Framework
  2. Kedua, pilihlah versi Net Framework yang dibutuhkan, lalu unduh driver-nya
  3. Tunggu hingga proses unduhan selesai
  4. Apabila proses unduhan sudah selesai, silakan buka driver dan tunggu hingga proses ekstraksi selesai
  5. Kemudian, akan muncul kotak persetujuan. Silakan beri tanda centang pada kotak I have read and accept the license terms. Lalu klik Install
  6. Setelah itu, silakan Anda tunggu saja hingga proses instalasinya selesai
  7. Jika proses instalasi selesai, akan muncul suatu pesan Installation is complete. Silakan klik tombol Finish untuk menyelesaikannya

Perlu diketahui bahwa ketika proses instalasi, mungkin saja terjadi suatu masalah. Ini memang umum terjadi dan Anda tidak perlu khawatir akan hal tersebut. Akan muncul sebuah kotak pemberitahuan. Apabila instalasi masih dapat dilanjutkan, maka akan muncul tombol bertuliskan Continue. Silakan klik saja tombol tersebut hingga proses instalasi selesai.

Tetapi, lain halnya jika Anda tidak bisa menemukan tombol tersebut, itu berarti proses instalasi tidak dapat dilanjutkan. Hal tersebut umum terjadi sebab komputer atau laptop Anda tidak mendukung versi terbarunya. Dalam hal ini, solusinya ialah Anda klik saja tombol Close, lalu Anda bisa mengunduh Net Framework versi sebelumnya.

Pengaturan Pada Net Framework windows 11 dan 10

Ketika akan mengunduh driver Net Framework, banyak pengguna yang memperoleh pesan You must use “turn windows features on or off” in the Contorl Panel to install or configure Microsoft > NET Framework 3.5 SP1 saat proses instalasi.

Apabila hal tersebut terjadi, maka Anda bisa melakukan beberapa pengaturan di bawah ini.

  1. Pertama, buka terlebih dahulu pengaturan Control Panel dari komputer/laptop Anda
  2. Setelah itu, silakan masuk ke bagian menu Programs and Features, setelah itu klik tombol Turn Windows Features On or Off.
  3. Jika sudah muncul kotak jendela Windows Features, silakan cari dan beri tanda pada kolom Microsoft.NET Framework. Tanda yang muncul disini ialah bukan checklist biasa, tetapi sebuah tanda kotak.
  4. Apabila sudah, silakan klik tombol OK dan tunggu saja sampai Windows mengaplikasikan perubahan yang telah dilakukan oleh Anda.

Fungsi Net Framework pada windows 10 atau 11

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa Net Framework ini mempunyai banyak fungsi terutama untuk penggunaan sistem operasi Windows 10. Net Framework berfungsi untuk pemasangan aplikasi yang sifatnya komersial. Dalam hal ini, Net Framework akan mendukung fungsi utama dari aplikasi-aplikasi yang akan diinstal.

Selain itu, Net Framework juga bermanfaat untuk mempermuah proses update, Net Framework akan membantu mempermudah Windows untuk memperbarui secara otomatis yang dilakukan oleh Microsoft Update.

Demikianlah cara update Net Framework Windows 10 untuk Anda yang sedang memerlukannya. Cobalah langkah-langkah di atas terlebih dahulu, namun apabila ada kendala, silakan berikan komentar pad akolom komentar di bawah ini. Semoga bermanfaat.

Tag :

Tutorial

0 Komentar untuk "Cara update Net Framework windows 10, 11, 8/8.1 dan 7"

Back To Top