Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Mengatasi ms word terbuka new blank dokumen saat pc dihidupkan

Cara dan tutorial memperbaiki, menghapus, menghentikan atau menghilangkan ms office word terbuka sendiri otomatis newblank dokumen saat pc dihidupkan -  Pasti anda pernah mengalami aplikasi Microsoft Office seperti Word yang membuka sendiri setelah Laptop atau PC di restart atau dinyalakan. Sebenarnya ini bukanlah sebuah bug atau error, melainkan fitur yang memang disediakan oleh Windows 11, 10, 8/8.1 dan 7.

Cara menghilangkan ms word terbuka otomatis newblank dokumen saat pc dihidupkan

Kasus ini sering terjadi di Windows 10 karena salah satu fitur baru yang mungkin banyak orang belum mengetahuinya. Dan biasanya terjadi setelah aplikasi Office selesai melakukan update otomaris.

Namun jika Anda merasa terganggu dengan Word membua New Blank Document secara otomatis setelah laptop atau komputer dinyalakan, Anda bisa mengatasinya hanya dengan mematikan salah satu fitur yang ada di Windows.

Jika Anda menggunakan Word setiap hari, membukanya secara otomatis saat startup Windows sebenarnya sangat membantu. Misalnya, saya bisa langsung menulis semua artikel saya di Word begitu komputer menyala.

Tidak ingin Word terbuka sendiri saat PC dihidupkan? Ikuti langkah-langkah dari admin AmalanKomputer di bawah ini untuk menghentikan Word agar tidak terbuka secara otomatis pada startup Windows.

Cara menghentikan ms word terbuka sendiri saat PC dihidupkan

Penyebab aplikasi terbuka sendiri khususnya Office karena Word menggunakan fitur Windows 10 baru yang disebut Restart Apps.

ketika fitur ini menyala, setiap kali Anda mematikan laptop atau PC tanpa menutup Word maka aplikasi akan secara otomatis terbuka saat PC dihidupkan. Fitur ini juga bisa dipakai aplikasi lain selain Microsoft Word, selama aplikasi tersebut mendukung fitur Restart Apps Windows.

Untuk menonaktifkan fitur Restart Apps Windows 10 agar MS Word tidak terbuka sendiri saat PC dihidupkan, ikuti langkah-langkah dari admin AmalanKomputer.com di bawah ini:

Matikan Restart Apps di Windows 10

  1. Buka Settings dengan klik kanan pada Start Menu.
  2. Klik menu Accounts.
  3. Pilih menu Sign-in options dengan logo kunci.
  4. Scroll kebawah hingga menemukan opsi Restart apps.
  5. Matikan dengan klik tombolnya.
    ms word terbuka newblank dokumen saat pc dihidupkan - Sign-in options
  6. Tutup Settings.
  7. Kemudian coba restart PC Anda.

Setelah ini Microsoft Word tidak akan terbuka sendiri setelah PC dihidupkan atau di restart.

Namun jika masalah masih terjadi coba solusi berikutn ini :

Mematikan Aplikasi Startup

Windows memang memiliki fitur startup aplikasi dimana aplikasi yang ada dalam daftar ini akan berjalan secara otomatis setelah PC dihidupkan. Tidak terkecuali bisa juga terjadi pada Microsoft Office. Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk mematikan Windows Startup.

Untuk Windows 8/8.1 dan 10, Anda bisa mengelola aplikasi apa saja yang bisa berjalan otomatis setelah Windows startup di aplikasi Task Manager. untuk membuka Task Manager ikuti cara dibawah ini:

  1. Tekan tombol CTRL Shift ESC. Bisa juga dengan klik kanan Taskbar dan klik Task Manager.
  2. Buka tab Startup. Pada menu ini akan muncul daftar aplikasi yang bisa berjalan secara otomatis saat Windows menyala.
  3. Cari dan pilih aplikasi bernama Microsoft Office kemudian klik tombol Disable yang ada di kiri bawah atau klik kanan di program tersebut dan pilih Disable
    ms word terbuka newblank dokumen saat pc dihidupkan - Disable startup miscrosoft office
  4. Setelah ini Office tidak akan berjalan secara otomatis setelah PC dinyalakan.

Untuk Windows 7 kebawah.

  1. Klik Start dan search msconfig.
  2. Maka akan muncul jendela System Configuration.
  3. Buka menu Startup.
  4. Dan hilangkan centang pada Microsoft Office untuk mematikan startup otomatis.
  5. Klik Apply atau OK.
  6. Lalu coba restart PC Anda.

Perlu diperhatikan untuk cara kedua Mematikan Aplikasi Startup di atas jangan mengotak atik setelan aplikasi lain selain Microsoft Office dalam daftar startup di atas agar terhindar dari error yang lainnya, jika tidak terlalu mengerti mengenai seluk belum komputer WIndows Anda.

Nah itu tadi adalah Cara Mengatasi MS Word Terbuka Sendiri Saat PC Dihidupkan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar untuk "Mengatasi ms word terbuka new blank dokumen saat pc dihidupkan"

Back To Top