Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Mengatasi file excel corrupt: The file is corrupted and cannot be opened

Cara memperbaiki file microsoft office excel 2016/2013/2010/2007 corrupt - Salah satu permasalahan yang kerap terjadi pada file excel adalah corrupt atau isinya berubah menjadi karakter unicode. Jika mengalaminya, Anda harus segera mengatasi permasalahan tersebut agar file bisa dibuka kembali. Simak ulasan berikut ini mengenai beberapa cara mengatasi file excel corrupt.

The file is corrupted and cannot be opened.

Cek Last Save Version

Cara pertama yang bisa Anda coba adalah mengecek last save version atau penyimpanan terakhir. Kembalikan file excel ke versi terakhir saat kondisinya masih baik-baik saja ketika proses penyimpanan sudah berhasil.

Namun, cara yang satu ini cukup beresiko apalagi jika Anda sudah melakukan banyak input data dan memberikan beberapa perubahan pada file excel tersebut. Resikonya adalah perubahan yang sudah dilakukan pada file excel akan hilang.

Pada akhirnya file excel tersebut hanya menyisakan data dari penyimpanan terakhir sebelum perubahan. Tetapi hal tersebut lebih baik karena Anda tetap bisa membuka file excel daripada membiarkannya corrupt dan tidak bisa diakses sama sekali.

Menggunakan Software Recovery Toolbox for Excel

Solusi berikutnya untuk mengatasi file yang corrupt adalah menggunakan software recovery toolbox for excel. Software ini bisa Anda gunakan untuk microsoft excel versi apapun dan dapat bekerja mempebaiki file yang corrupt atau sudah rusak.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstalnya pada komputer, lalu menjalankannya untuk excel. Buka laman pertama software ini kemudian pilih file excel yang sudah corrupt dan tinjau konten lembar kerja.

Anda bisa langsung memperbaiki file yang corrupt dengan klik tombol pemulihan dan simpan hasilnya. Cara menyimpan hasilnya adalah ekspor ke excel apabila ingin menyimpannya pada file yang baru. Jika ingin menyimpannya ke data yang lama, maka bisa klik pilihan simpan ke file.

Menonaktifkan Fitur Tertentu

Menonaktifkan menu tertentu juga bisa menjadi salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi file excel corrupt. Fitur pertama yang bisa dinonaktifkan adalah DDE atau Dynamic Data Exchange agar sistem bisa segera merespon ketika Anda ingin membuka file excel.

Menu berikutnya yang bisa dinonaktifkan adalah Add-in secara manual, karena bisa menjadi salah satu sumber yang menyebabkan file corrupt. Caranya adalah:

  1. Buka menu file
  2. Ketuk pilihan options atau button Excel options
  3. Dibagian kanan, masuk ke add-ins
  4. Dibagian kiri laman, lihat dan pilih file apa yang bermasalah dan perhatikan tipe dari Add-in file tersebut di kolom Type. Misalkan typenya adala COM Add-in
  5. Dibagian Manage, pilih sesuai type file tersebut. Dalam kasus ini, admin Amalankomputer.com memilih type COM Add-in dan kemudian klik button Go...
  6. Akan terbuka jendela kotak kecil baru yang berisi daftar file excel yang bertype COM Add-in. Centang saja file yang dituju lalu klik button Remove. Selesai.

Pilihan menu terakhir yang bisa dimatikan adalah akselerasi grafik hardware, karena fitur ini seringkali menjadi penyebab utama mengapa excel menjadi not responding. Akselerasi grafik hardware bisa mengakibatkan munculnya halaman kosong ketika membuka file, sehingga perlu dinonaktifkan.

Memperbaikinya Secara Langsung di Program Microsoft Excel

Alternatif lainnya untuk memperbaiki file excel yang corrupt adalah mencobanya secara langsung dari program microsoft excel. Buka file excel, kemudian klik menu file dan menuju ke bagian open document

Langkah berikutnya adalah klik file excel corrupt yang ingin Anda perbaiki. Lalu, pada kotak open ubah opsinya menjadi open and repair. Selanjutnya komputer Anda akan menampilkan jendela peringatan apakah file tersebut masih bisa diperbaiki atau tidak.

Klik tombol repair agar file tersebut bisa diperbaiki sebisa mungkin agar tidak corrupt dan dapat dibuka kembali. Cara ini cukup sederhana karena Anda tidak perlu menginstal software lain apalagi jika kurang memahami bagaimana cara memasangnya pada microsoft excel.

Berbagai alternatif cara mengatasi file excel corrupt tersebut memang belum tentu bisa mengembalikan semua data seutuhnya. Namun, dengan menerapkan cara di atas, file excel Anda bisa dibuka kembali.

0 Komentar untuk "Mengatasi file excel corrupt: The file is corrupted and cannot be opened"

Back To Top