Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

3 Cara Memperbaiki Data Excel yang Corrupt dengan Mudah

cara memperbaiki data excel yang corrupt

Pernah mendapatkan notifikasi The file is corrupt and cannot be opened saat membuka file Excel? Mungkin banyak orang yang panik karena file tersebut begitu penting. Tapi jangan khawatir, karena cara memperbaiki data Excel yang corrupt sangatlah mudah.

Seperti yang kita tahu, Microsoft Excel sering digunakan untuk membuat tabel yang berisi data-data. Bukan hanya dunia pendidikan saja, dunia bisnis juga menggunakan Excel untuk membuat laporan penjualan dan pengeluaran.

Tak jarang file yang rusak menyebabkan data-data di dalamnya terancam hilang. Kalau sudah begitu, akhirnya pengguna harus mengulang laporan dari awal. Namun, sebelum menyerah sebaiknya simak dulu cara memperbaiki file Excel yang corrupt berikut ini.

Cara Memperbaiki Data Excel yang Corrupt

Penyebab file atau data Excel yang corrupt biasanya karena software sedang mengalami error. Selain itu, pada beberapa kasus ada kesalahan saat menyimpan dokumen. Namun, dari pihak Microsoft sendiri tidak menjelaskan penyebab pastinya.

Nah, untuk mengatasi file Excel yang rusak atau corrupt, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Kalau cara pertama tidak berhasil, kamu bisa mencoba cara kedua dan seterusnya.

1. Opsi Open and Repair pada File yang Corrupt

Sebenarnya saat ada file yang rusak, secara otomatis program akan melakukan pemulihan terhadap file tersebut. Namun, terkadang pengguna tak sabaran karena data di dalamnya harus segera diselesakan.

Jika ingin memulihkannya sendiri, kamu bisa mencoba cara pertama yakni dengan menggunakan opsi repair pada file Excel yang rusak.

  • Langkah pertama silahkan buka Excel di lembar kerja baru
  • Kemudian klik tab File lalu pilih menu Open, kalau di Excel versi 2010 ke atas menu Open ada di tab Office
  • Cari file yang ingin diperbaiki, jika sudah ketemu klik sekali pada file-nya tapi jangan sampai terbuka
  • Selanjutnya klik tanda panah ke bawah di dekat tombol Open, pilih opsi Open and Repair
  • Setelah notifikasi muncul, langkah terakhir klik Repair

Seharusnya data Excel yang corrupt sudah bisa dibuka kembali. Namun, kalau masih terjadi kendala, kamu bisa memilih opsi Extract Data untuk mengekstrak value dan rumus agar data dapat diproses ulang.

2. Mengubah Workbook Calculation

Cara memperbaiki data Excel yang corrupt berikutnya dengan mengubah opsi Automatic pada Workbook Calculation menjadi Manual. Bisa dibilang cara ini jarang diketahui orang, oleh karena itu besar kemungkinan cara ini akan berhasil.

  • Pertama buka lembar kerja baru pada Excel
  • Klik tab File, kemudian pilih Options yang letaknya paling bawah
  • Selanjutnya pilih Formulas dan klik bulatan di samping Manual lalu klik OK
  • Setelah itu klik kembali tab File, klik Open
  • Terakhir, cari dan buka file Excel yang corrupt

3. Perbaiki File Corrupt di Situs Recovery Tool Box

cara memperbaiki data excel yang corrupt mudah

File Excel yang rusak terkadang lebih sulit untuk dipulihkan. Meskipun cara-cara manual sudah dilakukan, tapi kenyataannya notifikasi file corrupt masih juga muncul. Tapi tenang, kamu masih bisa memperbaiki file Excel yang corrupt secara online.

  • Langkah pertama silahkan kunjungi website https://excel.recoverytoolbox.com/
  • Pilih Repair Online
  • Selanjutnya klik Select File dan pilih file Excel yang rusak
  • Kemudian isi alamat email dan tulis kode captcha
  • Setelah itu klik tombol Next Step
  • Tunggu hingga proses pemulihan selesai
  • Terakhir download file-nya

Cara ini dapat memulihkan data Excel yang rusak untuk semua versi Excel, mulai dari versi 2007, 2010, 2013, 2016, hingga versi yang terbaru. Sebagian orang merasa cara ini lebih ampuh, hanya saja dibutuhkan koneksi internet untuk melakukannya.

Jika beberapa cara di atas tidak berhasil juga, kamu bisa menggunakan tools untuk memulihkan data corrupt. Salah satu tools yang paling populer adalah Kernel Data Recovery. Meskipun berbayar, tapi ada versi trial yang bisa kamu coba secara gratis.

Selain itu, extension Excel Viewer di Chrome bisa kamu gunakan sebagai alternatif terakhir. Meskipun bukan untuk memulihkan, tapi setidaknya data-data penting pada file Excel yang corrupt bisa terselamatkan.

Dengan mencoba cara memperbaiki data Excel yang corrupt pada ulasan di atas, kamu tak perlu mengulang kembali pekerjaan sebelumnya. Tapi, perlu diperhatikan untuk selalu melakukan back up file setelah selesai membuat laporan agar hal ini tak lagi terulang.
Tag :

Solusi

Back To Top