Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Mengatasi Mouse Tidak Terdeteksi

Solusi memperbaiki Mouse komputer, pc dan laptop yang tidak terdeteksi - Beberapa dari Anda mungkin pernah mendapati mouse yang eror atau tidak terdeteksi. Hal tersebut bisa disebabkan karena mouse yang sudah rusak atau beberapa faktor lainnya. Untuk mengatasi mouse tidak terdeteksi, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Mouse yang tidak terdeteksi kursornya tidak akan muncul di monitor laptop atau PC. Kemungkinan, Anda perlu memperbaharui driver mouse pada perangkat hingga mengupdate sistem operasi windows. Selain itu, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah mouse yang tidak terdeteksi.

Hubungkan Mouse Dengan Benar

Perlu Anda ketahui bahwa socket komputer/laptop ada 2 macam, yaitu socket PS/2 dan socket USB. Mouse yang tidak terdeteksi bisa  disebabkan karena socketnya yang bermasalah. Untuk mengatasi masalah tersebut, berikut adalah cara yang bisa Anda terapkan.

1. Mouse USB

Jika Anda menggunakan mouse USB, caranya lepas dulu kabel mouse pada laptop atau PC. Kemudian coba sambungkan ke port USB yang lain. Hal tersebut mungkin dikarenakan gangguan pada perangkat yang tidak responding saat itu. 

2. Mouse Tanpa Kabel

Sedangkan apabila Anda menggunakan mouse dan touchpad di laptop, caranya pastikan dulu mouse nirkabel sudah menerima daya (jika memiliki sakelar daya). Anda bisa melihat tanda menyala pada bagian bawah sakelar untuk mouse.

Pastikan nirkabel sudah pada jangkauan yang tidak terhalang oleh objek lain atau perangkat keras lain. Jika mouse belum juga terdeteksi, mungkin Anda perlu mengganti baterai laptop. Pasalnya baterai yang mengalami disfungsi atau rusak akan mengganggu sistem lain pada perangkat. 

Cek Kabel Mouse

Kedua cara di atas untuk memastikan verifikasi mouse tersebut sudah terkoneksi dengan PC/laptop atau belum.  Disamping itu, Anda bisa melihat kondisi kabel mouse. Lihat apakah kabel mouse dalam kondisi baik atau tidak.

Jika kabel sedikit melepuh pada penutup kabel atau dalam keadaan tidak normal lainnya, maka gangguan utama terletak pada mouse kabel tersebut. Untuk mengecek kabel mouse, Anda bisa menggunakan bantuan avo meter.

Periksa Driver Mouse

Tips selanjutnya yang bisa Anda coba yaitu periksa driver mouse. Ada kemungkinan driver mouse pada perangkat sudah kedaluwarsa atau hilang. Cara ini dinilai cukup ampuh dalam mengatasi mouse tidak terdeteksi. Lakukan pengecekan pada driver mouse yang terpasang.

Anda bisa memeriksanya di bagian Device Manager. Langkah-langkahnya adalah klik menu My Computer, lalu pilih Properties, Hardware, dan Device Manager. Meskipun driver default untuk mouse sudah ada, tidak ada salahnya untuk menggantinya dengan cara menghapus drive mouse lama. 

Anda bisa mendapatkan driver mouse di beberapa link produsen mouse. Lakukan download dan penginstalan driver mouse yang baru pada perangkat. Setelah itu restart perangkat Anda. Melakukan update driver cukup efektif untuk memperbaiki masalah mouse yang tidak terdeteksi. 

Update OS Windows

Jika belum saja membuahkan hasil, langkah lain yang bisa dilakukan adalah memperbaharui sistem operasi windows perangkat. Cara ini akan memperbaiki ulang dan mengembalikan semua program dalam versi terbaru, termasuk driver mouse dan driver perangkat keras lainnya. 

Ganti Dengan Yang Baru

Apabila dengan menerapkan cara-cara di atas mouse masih tidak tereteksi, sebaiknya Anda mengganti mouse kabel lama dengan yang baru. Mungkin saja mouse kabel sudah waktunya diganti. Gunakan mouse kabel yang cocok untuk perangkat dan pilih produk yang bagus.

Beberapa tips untuk mengatasi mouse tidak terdeteksi di atas bisa Anda coba sebagai alternatif. Dengan kinerja perangkat keras yang baik, maka kinerja sistem perangkat juga akan berjalan lancar, sehingga tidak mengganggu kenyamanan Anda saat bekerja. 

Tag :

Mouse

0 Komentar untuk "Mengatasi Mouse Tidak Terdeteksi"

Back To Top