Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Cara Mengatasi Mouse Macet

Solusi memperbaiki masalah pada mouse laptop, pc dan komputer yang macet - Macetnya kursor pada laptop atau PC tentu sangat menyebalkan, karena leptop tidak bisa bekerja secara optimal. Untuk mengatasi mouse macet, ada beberapa solusi yang bisa Anda terapkan. Pastikan juga Anda paham apa yang menyebabkan mouse tersebut macet.

Penyebab Kursor Macet

Jika Anda menggunakan mouse kabel, penyebab kursor macet kemungkinan besar karena pencabutan mouse yang terlalu kasar. Atau, mungkin mouse kabel tidak tehubung di socket secara sempurna, atau kondisi mouse rusak.

Penyebab lainnya yaitu touchpad terkena pukulan atau benturan, kotor, atau settingannya dinonaktifkan. Kesalahan pengaturan touchpad juga bisa mengganggu kinerja mouse itu sendiri. Faktor lainnya yaitu driver mouse hilang. 

Solusi untuk Mengatasi Mouse yang Macet


A. Mengaktifkan Touchpad Yang Disable

Touchpad yang dinonaktifkan akan membuat kursor menjadi macet. Untuk mengaktifkannya Anda bisa menggunakan fungsi keyboard. Carilah keyboard dengan ikon bergambar touchpad di antara tombol F1-F12. 

Jika sudah menemukannya, tekan kombinasi tombol keyboard, yaitu Fn + tombol ikon touchpad pada keyboard. Teknik ini bisa mengaktifkan kursor yang macet apabila tidak disebabkan karena kerusakan komponen. 

B. Mengaktifkan Touchpad Dengan Mouse Setting

Metode kedua yaitu mengaktifkan touchpad dengan mouse setting. Cara ini memiliki perbedaan pada tiap versi windows. Pada windows 7 dan 8, silakan klik menu Start, ketik Mouse pada kolom search, lalu klik opsi Mouse Settings. Buka menu tersebut dan pilih Enable Touchpad, lalu Apply dan klik OK.

Sedangkan pada windows 10, klik Start Windows, masuk ke Setting dan klik menu Device. Pilih Mouse & Touchpad. Pada bagian bawah klik Additional Mouse Options untuk mengaktifkan touchpad yang disable.

C. Menggunakan Menu Setting untuk Kasus Kursor Lambat

Tips berikutnya untuk mengatasi mouse macet atau lambat yaitu dengan menu setting. Pertama masuk ke Option atau Tools, lalu masuk ke tab System. Klik Performance Settings dan masuk ke Manual Tune.

Setelah itu masuk ke bagian Manual Performance Tuning. Kemudian centang pada opsi Enable hardware acceleration. Anda bisa memilih transparancy quality sesuai kebutuhan. Anda bisa memilih Low atau Faster. Jika sudah klik saja OK.

D. Masuk ke Menu Run untuk Mengatasi Kursor Berkedip

Kemudian apabila Anda mengalami kondisi kursor yang berkedip terus-menerus, silakan masuk ke menu RUN. Caranya tekan bersamaan tombol ikon Windows pada keyboard dan tombol R. Kemudian ketikkan REGEDIT.

Setelah itu buka HK_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop. Klik 2 kali pada CursorBlinkRate. Ubah hingga value atau nilainya menjadi 1. Langkah berikutnya yaitu merestart laptop Anda. 

E. Hapus Aplikasi Mouse

Aplikasi bawaan mouse pada perangkat terkadang tidak dapat bekerja optimal karena beberapa hal. Jika sering terjadi masalah pada mouse, pilihan lain yaitu menghapus aplikasi mouse tersebut, lalu melakukan restart pada laptop. Untuk menghapusnya, terdapat cara yang berbeda pada setiap versi windows. 

Untuk windows 7 dan 8, tekan tombol ikon windows pada keyboard dan R secara bersamaan. Setelah itu ketikkan dymgmt.msc, lalu tekan OK. Setelah itu pilih opsi Mice and Other Pointing Device. Klik kanan pada software tersebut dan pilih Uninstall untuk menghapusnya. 

Sedangkan pada windows 10, langsung saja buka Control Panel. Setelah itu pilih aplikasi mouse yang akan dihapus dengan klik kanan aplikasi dan pilih Uninstall

F. Update Driver Mouse

Apabila mouse sering mengalami kemacetan, Anda bisa memperbaharui driver mouse pada laptop. Anda bisa pergi ke servis untuk meminta update driver mouse atau sekalian update windows. Dengan begitu fungsi aplikasi dan driver dengan versi baru akan berfungsi dengan baik.

Berbagai cara mengatasi mouse macet di atas bisa dicoba. Apabila setelah menggunakan cara-cara di atas mouse masih macet, maka bawa perangkat Anda ke tempat servis agar mendapat penanganan yang tepat.

Tag :

Mouse

0 Komentar untuk "Cara Mengatasi Mouse Macet"

Back To Top