Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Cara mengatasi working on updates windows 10

Cara memperbaiki Getting Windows ready, Don't turn off your computer di windows 10, 8.1/8 dan 7 - Seperti yang anda ketahui, bahwa kita akan membahas bagaimana cara mengatasi working on update pada windows 10. Namun sebelum kita masuk ke dalam pembahasan, penulis mengharapkan anda membaca artikel ini sampai selesai. Agar materi dapat dipahami dan dipraktekan dengan benar.

Perlu diingat, bahwa Microsoft menerapkan peraturan update otomatis secara default pada windows 10. Tujuan dari pengaturan ini adalah agar para pengguna dapat menikmati windows 10 lebih baik dengan terjaganya performa perangkat lunak hingga meminimalisir celah keamanan dan memperbaiki bugs.

Namun nyatanya, terkadang pengguna merasa kebingungan ketika melakukan update windows 10. Pasalnya, ketika pengguna diperintahkan untuk mengupdate windows, maka akan muncul pesan yang ditampilkan di layar seperti berikut ini

Getting Windows ready, Don't turn off your computer

Maka dari itu, pengguna diharapkan untuk menunggu proses pembaruan windows rampung.

Namun dari sini, banyak orang yang mengalami kejadian yang tak menyenangkan ketika proses pengupdatean sedang berlangsung seperti macet dan berhenti pada tahap tertentu. Untuk mengatasinya, simak informasi berikut ini.

Cara Mengatasi Update Working on Updates Windows 10


A. Mengatasi Dengan Merestart Windows 10

Langkah pertama yang bisa anda terapkan untuk memecahkan masalah tersebut adalah melakukan restart perangkat ketika muncul notifikasi seperti Getting Windows ready. don’t turn off your computer.

Setelah itu, perangkat akan memulai ulang hingga memunculkan layar kunci (sign-in) pada layar. Setelah kembali masuk seperti biasa, nantinya akan ada sebuah notifikasi yang muncul seperti berikut ini "We couldn’t finish installing updates". Notifikasi tersebut sebenarnya menjelaskan pemasangan update telah gagal dijalankan, namun untuk proses sistem masih berjalan normal.

Perlu diingat lagi, karena proses pembaruan gagal dijalankan, maka suatu saat akan muncul notifikasi tersebut di lain waktu. Jadi anda bisa memperbarui ulang ketika sudah muncul notifikasi tersebut.

B. Mengantisipasi Munculnya Notifikasi Dengan Mematikan Pembaruan.

Ketika kita sedang asik mempresentasikan sesuatu hal atau menggunakan laptop kita dalam keadaan penting, dan masalah tersebut muncul. Pasti sangat menjengkelkan kita semua. Untuk mengatasinya, anda bisa melakukan langkah-langkah sebagai berikut : 

  1. Tekan Windows  dan R secara bersamaan pada tombol keyboard untuk membuka tool Run.
  2. Ketika tool sudah muncul, ketik services.msc lalu tekan enter.
  3. Lalu cari Windows Update dan klik kanan kemudian pilih Properties.
  4. Selanjutnya, ganti Startup type menjadi Disabled.
  5. Jangan lupa ubah juga statusnya menjadi Stop
  6. Jika sudah klik Ok

Jika anda sudah mengikuti cara tersebut, berarti anda telah bisa melakukan aktivitas yang penting tersebut tanpa terganggu notifikasi pembaruan.

C. Memperbaiki Windows Update dengan Troubleshooter

Ada cara alternatif lainnya untuk mengatasi kejadian tersebut. Salah satunya dengan Windows Update Troubleshooter. Windows troubleshooter sendiri tersedia bagi pengguna windows 10 microsoft dan berfungsi untuk memperbaiki berbagai masalah umum pada windows.

Untuk menjalankannya, anda perlu membuka Control Panel, kemudian anda pilih menu Troubleshooting, klik View All, lalu masuk ke Windows Update

Setelah tampilan terbuka, klik Next untuk memulai proses analisis. Dengan begitu, troubleshooter akan memperbaiki gangguan yang ada pada windows update

Agar lebih lancar lagi, anda bisa membersihkan cache pada laptop.

Ciri-Ciri Komputer Akan Melakukan Pengupdatean

Ada ciri-ciri yang bisa anda ketahui, ketika windows ingin melakukan pembaharuan.

  • Pertama terdapat titik kuning di menu tombol power.
  • Biasanya tulisan menu tombol power hanya restart hingga shutdown, namun jika windows ingin melakukan pembaruan maka terdapat imbuhan kalimat seperti Update and Shut Down dan Update and Restart.

Dengan melakukan seperti itu, berarti anda akan menunggu proses pengupdatean hingga selesai. Sekian pembahasan dari kami, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua.

Tag :

Solusi

0 Komentar untuk "Cara mengatasi working on updates windows 10"

Back To Top