Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

5 Cara Mengatasi Automatic Repair yang Terus Berulang Windows 10, 8/8.1 dan 7

Sebagian pengguna Windows 10 pasti pernah mengalami laptop maupun PC tiba-tiba muncul layar biru dengan menampilkan pesan, “Preparing Automatic Repair” atau “Automatic Repair couldn’t repair your PC”.

Sebenarnya, ini merupakan bagian dari pemeliharaan sistem. Automatic Repair diprogram untuk mengatasi beragam kerusakan yang ada kaitannya dengan booting. Jadi, ketika Windows bermasalah, secara otomatis program ini akan aktif. [Baca juga : Cara repair windows 10]


Tapi masalahnya, prosesnya terjadi secara berulang sehingga cukup merepotkan. Kalau kamu merasa terganggu, ada cara mengatasi Automatic Repair yang dapat diterapkan untuk menghentikan prosesnya.

Cara Mengatasi Automatic Repair di Laptop dan PC

Automatic Repair yang terus-terusan atau terlalu sering muncul tentu akan menghambat aktivitas. Terlebih, ketika sedang fokus mengerjakan skripsi maupun tugas kantor. Tapi tak perlu khawatir, kamu bisa mencoba beberapa metode dari admin AmalanKomputer.com untuk mengatasi Automatic Repair couldn’t repair your PC di bawah ini.

Metode 1 : Matikan Paksa Perangkat


Kalau masalahnya tidak terlalu berat, mematikan paksa bisa jadi solusi yang tepat. Cara ini akan mengulang sistem dari awal sehingga pesan Automatic Repair akan hilang. Kalau masih belum berhasil, bisa jadi kerusakannya lebih parah. Langkah-langkahnya silahkan tekan dan tahan tombol Power hingga perangkat mati. Setelah itu, tunggu beberapa detik dan coba nyalakan kembali. [Baca juga : Mengatasi preparing automatic repair]

Metode 2 : Lakukan Troubleshooting


Berikutnya, cara mengatasi laptop Automatic Repair mungkin bisa dengan melakukan Troubleshooting guna memperbaiki file boot. Metode ini membutuhkan Command Prompt untuk memberi perintah pada sistem.

  1. Langkah pertama tekan F8 di keyboard sebelum logo Windows muncul
  2. Setelah itu, pilih Troubleshooting dan klik Advanced Options
  3. Selanjutnya pilih CMD dan ketik perintah bootrec.exe /rebuilbcd, lalu Enter
  4. Ketik bootrec.exe /fixmbr, tekan Enter lagi
  5. Ketik lagi perintahbootrec /fixboot, dan Enter.

Biasanya, proses ini memakan waktu sekitar 20 menit. Jika sudah selesai, restart perangkat untuk mengetahui apakah cara ini berhasil. Jika belum ada perubahan, silahkan coba metode berikutnya. [Baca juga : Mengatasi Windows failed to start a recent hardware or software change might be the cause to fix the problem]

Metode 3 : Lepaskan Baterai atau Komponen Lain


Selanjutnya, cara mengatasi laptop Automatic Repairdi Windows 7, 8, maupun 10 juga bisa dengan melepaskan baterai yang terpasang di laptop. Sedangkan di PC, karena daya terhubung melalui listrik, kamu bisa mencabut kabel RAM, Hardisk, dan CMOS.

Setelah itu, tunggu sebentar dan coba pasang kembali komponennya. Jika sudah, nyalakan laptop atau PC yang kamu gunakan untuk mengetahui apakah Automatic Repair sudah hilang atau masih sering muncul.

Metode 4 : Gunakan USB untuk Booting


Pertama-tama persiapkan file Windows System yang sudah disimpan ke flashdisk. Selanjutnya akses BIOS untuk melakukan proses booting pada Recovery Mode. Metode ini berlaku untuk PC maupun laptop yang menggunakan Windows. [Baca juga : Memperbaiki windows 7 yang stuck]

  1. Setelah flashdisk disiapkan, colokkan langsung ke perangkat
  2. Tekan tombol F8 ketika muncul tampilan Start, lalu klik Recovery
  3. Di opsi Settings, klik Create a Recovery Driver
  4. Selanjutnya tunggu hingga file selesai diisi
  5. Jika sudah, restart perangkat
  6. Setelah itu pindahkan BIOS dari USB dan aktifkan System Restore
  7. Kemudian tunggu hingga proses berakhir.

Seharusnya dengan melakukan booting dengan USB, masalah Automatic Repair yang berulang akan mudah diselesaikan dan membuat kinerja Windows kembali normal. [Baca juga : Mengatasi laptop layar hitam]

Metode 5 : Nonaktifkan Startup Repair


Kalau beberapa metode sebelumnya tidak berhasil, kamu bisa mencoba cara mengatasi Automatic Repair your pc did not start correctly dengan menonaktifkan Startup Repair. Berdasarkan pengalaman, cara ini terbukti ampuh di Windows 10.

  1. Langkah pertama pilih Troubleshooting ketika masuk ke Boot Options
  2. Kemudian klik Advanced Options, lalu buka Command Prompt
  3. Selanjutnya ketik perintah bcdedit /set {default} recoveryenabled No
  4. Terakhir tekan keyboard Enter.

Dengan melakukan cara di atas, Automatic Startup Repair sudah dinonaktifkan dan tidak akan mengganggu kinerja Windows lagi.

Kesimpulan

Automatic Repair couldn’t repair your PC termasuk salah satu masalah yang cukup rumit. Sehingga tak jarang, kemunculannya membuat perangkat error dan tidak bisa digunakan. [Baca juga : Restart your PC to finish installing updates]

Itulah panduan singkat tentang cara mengatasi Automatic Repair yang berulang dengan beberapa metode sederhana. Semoga dengan mencoba lima metode di atas masalah tersebut dapat teratasi.

Tag :

Solusi

0 Komentar untuk "5 Cara Mengatasi Automatic Repair yang Terus Berulang Windows 10, 8/8.1 dan 7"

Back To Top