Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Mengatasi This platform is not supported saat menginstall Intel Serial IO Driver

Tutorial memperbaiki The setup program ended prematurely because of the following error: This platform is not supported - Ketika menginstal driver Intel Serial IO, tak jarang perangkat mengalami error dan menampilkan pesan “This platform is not supported”. Tapi sebenarnya ini bukan sesuatu yang serius, ada metode yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini.

Meskipun begitu, pengguna akan bingung dan takut kinerja perangkat jadi menurut. Umumnya, penyebab error saat menginstal Intel Serial IO Driver karena I2C dalam kondisi enable atau tidak aktif di BIOS. Solusi yang disarankan oleh Intel sendiri adalah mengaktifkan I2C. Tapi, karena tidak semua pengguna paham cara mengatasi "This platform is not supported”, berikut langkah-langkah dari admin AmalanKomputer.com yang dapat kamu lakukan. [Baca juga : Windows Resource Protection could not start the repair service]

Cara Mengatasi This Platform is Not Supported Saat Install Intel Serial IO

IO Driver memiliki fungsi untuk menghubungkan antar host controllers dan semua hardware pada sistem operasi. Singkatnya, Intel merancang driver ini sebagai pelengkap komponen yang dibutuhkan agar kinerja sistem lebih optimal.

Disamping itu, adanya Driver Serial IO akan memudahkan pengguna ketika hendak menghubungkan atau transfer data dengan perangkat yang terlihat pada sistem. Seperti penjelasan di awal, banyak pengguna gagal menginstal Intel Serial IO Driver. Ketika proses instalasi berjalan, tiba-tiba muncul pesan “The setup program ended prematurely because of the following error: This platform is not supported”. [Baca juga : The Application Was Unable to Start Correctly 0xc0000005. Click OK to close the application]

Nah, bagi kamu yang bingung cara mengatasi this platform is not supported saat menginstal Intel Serial IO Driver, silahkan simak panduan berikut.

  1. Pastikan dulu laptop atau PC kompatibel dengan driver
  2. Kemudian lanjut ke tahap mengaktifkan I2C di BIOS
  3. Tekan F2 pada keyboard untuk masuk ke BIOS (beda merk laptop beda juga tombolnya)
  4. Lalu pilih menu AdvancedDevicesOnboard Devices

Jika sudah masuk ke Legacy Device Configuration, ubah PIN yang tertera di panel dengan:

  1. PIN 13/14 jadi I2C0_SCL / I2C0_SDA
  2. PIN 15/16 jadi I2C1_SCL / I2C1_SDA
  3. Simpan pengaturan dengan menekan F10
  4. Terakhir keluar dari BIOS Setup

Setelah semua langkah di atas selesai, selanjutnya kamu bisa mengulang instalasi Intel Serial IO. Jika masih terjadi kendala, mungkin kamu mendapatkan driver secara ilegal dan sudah dimodifikasi sedemikian rupa. Lalu, bagaimana cara mengaktifkan I2C kalau tidak ada opsi lanjutan pada BIOS? Kemungkinan dari pabrik sudah dirancang seperti itu, dan tidak ada yang bisa kamu lakukan. [Baca juga : Windows Explorer Has Stopped Working]

Apakah Intel Serial IO Driver penting di komputer? Kalau berencara menggunakan host controllers UART, I2C, atau GPIO, maka kamu perlu menginstalnya. Jika tidak, lebih baik abaikan saja dan install sesuatu yang benar-benar bermanfaat.

Selain itu, I2C hanya diaktifkan untuk perangkat yang menggunakan Low Speed Custom Solutions Header. Jadi, kalau perangkat tidak mendukung pengaturan tersebut, Intel Serial IO sangat tidak dibutuhkan.

Kesimpulan

Jadi, kesimpulan dari masalah ini disebabkan karena I2C dalam kondisi nonaktif dan perlu pembaruan pada BIOS karena sudah tidak relevan dengan Intel Serial IO. Sehingga sistem tidak mampu membaca program yang masuk. [Baca juga : There was a problem resetting your PC]

Dengan mengikuti panduan cara mengatasi "This platform is not supported" saat menginstal Intel Serial IO Driver di atas dengan baik, seharusnya proses instalasi dapat dilanjutkan dan kinerja perangkat kembali normal.

Tag :

Warning

0 Komentar untuk "Mengatasi This platform is not supported saat menginstall Intel Serial IO Driver"

Back To Top