Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Mengatasi Windows Update cannot check currently for updates, because the service is not running. You may need to restart your computer.

Cara memperbaiki error Windows Update cannot check currently for updates, because the service is not running. You may need to restart your computer di laptop, pc atau komputer windows 10, 8/8.1 dan 7 - Banyak permasalahan yang terjadi diperangkat elektronik seperti laptop yang bersistem operasi windows. Permasalahan yang terjadi seringkali adalah di hal-hal yang sebenarnya sepele misalkan saja di Windows update. Anda mungkin adalah salah satu orang yang sementara mengatasi permasalahan windows update seperti ini : Check for updates for your computer. Always install the latest updates to enhance your computer's security and performance.

Permasalahan Windows Update cannot check currently for updates, because the service is not running. You may need to restart your computer ini memberitahukan kepada anda bahwa Windows update tidak bisa mengecek update terbaru yang disebabkan oleh servicenya yang tidak berjalan di perangkat anda. Dan untuk mengatasi permasalahan ini sebenarnya sangatlah mudah. Disini admin AmalanKomputer.com akan memberikan anda tutorial untuk mengatasinya. Kira-kira terdapat tiga metode yang umum yang bisa anda terapkan. Untuk itu, perhatikan dan cobalah satu-persatu cara yang saya sajikan. Semoga saja dari ketiga cara ini bisa menjadikan laptop anda bisa melakukan windows update. [Baca juga : Mengatasi Windows Update. Important updates are available. Go to PC settings to install them]

Cara memperbaiki Windows Update cannot check currently for updates, because the service is not running. You may need to restart your computer.

1. Jalankan Troubleshooter

Cara yang pertama ini sangatlah mudah. Anda hanya perlu menjalankan "Fix problem with Windows Update" troubleshooter yang ada di control panel. Adapun langkah-langkah rincinya adalah sebagai berikut :

  • Silahkan anda klik Start button dan ketik troubleshooter di kotak pencarian. Jika ditemukan Troubleshooting, masuk kedalamnya.
  • Dibagian bawah tulisan System and Security, klik Fix problems with Windows Update.
  • Klik Next sehingga windows akan secara otomatis mendeteksi dan mengatasi permasalahan yang terjadi di windows update

Jika telah selesai langkah-langkah tersebut, anda bisa menjalankan kembali Windows Update untuk melihat apakah berhasil atau tidak. [Baca juga : Mengatasi windows 10 lemot setelah diupdate]

2. Menghapus histori dari Windows Update

Permasalahan windows update juga ini mungkin saja terjadi dikarenakan ada file yang hilang atau rusak. Anda bisa menghapus file windows update tersebut. Sebelum anda melakukan cara ini, cek lalu matikan dulu Windows Update yang mungkin saja masih berjalan. Berikut ini langkah-langkah lengkapnya :

  • Tekan tombol Windows dan R secara bersamaan untuk membuka kotak Run
  • Ketik services.msc lalu tekan enter
  • Di jendela yang terbuka, cari Windows Update lalu klik kanan disana dan pilih Stop.

Sekarang anda sudah berhasil menghentikan windows update. anda bisa menutup jendela tersebut atau membiarkannya. Langkah selanjutnya adalah menghapus history atau riwayat dari Windows Update. [Baca juga : Mengatasi We couldn't install this update but you can try again]

  • Anda bisa membuka windows explorer dengan menekan tombol Windows dan E
  • Masuk ke file berikut : C:\Windows\SoftwareDistribution
  • Anda bisa menghapus semua file yang ada didalamnya
  • Klik Yes jika ada pertanyaan dan otomatis semua file atau folder tersebut akan terhapus
  • Silahkan restart laptop anda

Jika sudah hidup, anda harus menjalankan kembali Windows update yang tadi dimatikan, caranya :

  • Tekan tombol Windows dan R secara bersamaan
  • Di kotak run yang muncul, ketik services.msc lalu enter.
  • Cari Windows Update lalu klik kanan pilih Start
  • Terakhir, silahkan anda cek Windows Update untuk melihat keberhasilannya.

3. Register Windows Update service.

Permasalahan ini juga bisa saja terjadi dikarenakan ada file .dll yang dibutuhkan oleh windows update tidak terdaftar. Untuk mengatasinya, anda perlu untuk melakukan tutorial yang admin jelaskan dibawah ini:

  • Tekan tombol Windows dan R secara bersamaan
  • Ketik services.msc di kotak Run yang muncul lalu tekan enter
  • Cari Windows Update, klik kanan lalu pilih Stop.
  • Anda sekarang harus masuk ke CMD (Command Prompt) sebagai Administrator
  • Silahkan ketikkan perintah dibawah ini satu persatu (setiap satu perintah, tekan enter) :

regsvr32 wuapi.dll

regsvr32 wuaueng.dll

regsvr32 wups.dll

regsvr32 wups2.dll

regsvr32 wuwebv.dll

regsvr32 wucltux.dll

Jika telah selesai, anda dapat restart kembali laptop anda lalu menghidupkan kembali Windows Update yang dihentikan tadi. Cara menghidupkannya seperti cara yang ada di Cara kedua. Kini anda bisa mencoba kembali melakukan windows udpate. semoga saja permasalahan Windows Update cannot check currently for updates, because the service is not running. You may need to restart your computer dapat diatasi. [Baca juga : Mengatasi Restart your PC to finish installing updates]

Semoga saja dari tiga cara yang admin berikan kepada anda, ada yang bisa berhasil. Pengalaman dari banyak orang di blog bule bahwa cara kedua adalah cara paling ampuh. Semoga saja berhasil juga kepada anda. Berikan komentar anda cara mana yang berhasil dipermasalah anda ya... juga bertanya jika masih mengalami kebingungan. Sekian dan semoga bermanfaat.

Tag :

Warning

Back To Top