Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Cara Mengatasi Windows 10 Lemot Setelah Update

Kinerja laptop jadi tidak maksimal setelah sistem operasi diperbarui? Simak cara mengatasi Windows 10 lemot setelah update berikut ini yang telah disediakan oleh admin AmalanKomputer.com.

Program di komputer merupakan teknologi yang diciptakan manusia, dan tentu saja tidak akan pernah bisa sempurna sampai kapanpun. Salah satu contohnya sistem operasi Windows 10 lemot setelah update atau diperbarui. [Baca juga : Mengatasi Bluetooth tidak berfungsi di windows 10]

Bicara soal Windows 10, ini adalah sistem operasi terbaru yang dikembangkan Microsoft. Dibanding versi sebelumnya, ada banyak keunggulan yang membuat pengguna merasakan pengalaman terbaik ketika mengoperasikan perangkat, entah itu PC ataupun laptop.

Sayangnya, masalah yang disebutkan di atas sering dialami pengguna sehingga membuat aktivitas jadi terhambat. Oleh karena itu, pada artikel ini kami akan menjelaskan cara mengatasi Windows 10 lemot setelah update dengan mudah.

Cara Mengatasi Windows 10 Lemot Setelah Update

Setidaknya ada beberapa cara mengatasi laptop lemot setelah di-update yang bisa Anda coba. Jadi, jika panduan pertama tidak berhasil, silahkan terapkan cara kedua dan seterusnya. [Baca juga : Mengatasi laptop hibernating]

1. Nonaktifkan Aplikasi yang Tidak Digunakan

Ketika kita meng-update sistem operasi, berarti akan ada fitur dan aplikasi baru yang ditambahkan. Tapi terkadang, beberapa aplikasi tidak terlalu dibutuhkan dan malah membuat kinerja laptopjadi menurutn dari sebelumnya.

Untuk itu, jika ingin mengatasi laptop lemot setelah Windows 10 di-update, cari dan nonaktifkan aplikasi yang tidak dibutuhkan. Caranya, klik kanan di Taskbar, lalu pilih Start Task Manager. Setelah itu pilih aplikasinya dan klik tombol End Task.

2. Uninstall Sebagian Game dan Aplikasi

Terkadang, penyebab Windows 10 lemot setelah di-update adalah laptop tidak cukup kuat untuk menampung fitur-fitur baru yang butuh banyak ruang. Jadi sebaiknya, copot pemasangan aplikasi dan game jika dirasa jarang digunakan.

Selain itu, Anda juga bisa menghapus file-file sampah yang tersimpan pada folder komputer. Karena biasanya, sebagian besar file tersebut tidak berpengaruh pada kinerja aplikasi atau game yang terpasang. [Baca juga : Cara repair windows 10]

3. Mengatasi Laptop Lemot dengan Troubleshooter

Meskipun merupakan versi terbaru, tapi tak sedikit pengguna merasakan laptopnya error dan lemot setelah update Windows 10. Sebenarnya ini bukan masalah serius, karena Microsoft sudah menyediakan solusi untuk mengatasinya.

Untuk cara ini, silahkan klik Start, lalu buka Troubleshooting dengan mengetiknya di pencarian. Setelah itu, klik Run Maintenance Task, lokasinya berada di bawah System and Security. Jika sudah, klik Next ketika munjul jendela baru hingga proses selesai.

4. Mematikan Fitur Efek di Background

Jika cara sebelumnya tidak berhasil, maka kamu bisa mematikan fitur efek untuk mengatasi laptop lemot setelah update. Karena biasanya, di bagian layar atau background terdapat efek dan bayangan logo Windows sebagai ornamen untuk memperindah tampilan. [Baca juga : Mengatasi laptop layar hitam]

Namun, hal ini ternyata membuat kinerja laptop jadi lambat. Oleh karena itu, kamu bisa mengikuti cara mematikan fitur efek Windows 10 berikut untuk mengatasi masalah tersebut.

  • Tekan Windows Key + R di keyboard, lalu ketik atau salin systempropertiesadvanced dan Enter
  • Pada jendela System Properties, klik Settings
  • Selanjutnya di menu Visual Effects, pilih “'Adjust for best performance
  • Kemudian uncheck semua kotak yang tercentang di bawahnya
  • Terakhir klik Apply dan OK

Jika hendak membeli laptop dengan Windows 10, sebaiknya pelajari sistem, program, dan semua fitur di dalamnya agar tahu apakah sistem operasi ini cocok untuk Anda. Kalau hanya sebatas membuat tugas atau pekerjaan, sepertinya ini terlalu powerful.

Demikian beberapa cara mengatasi Windows 10 lemot setelah update yang mungkin bisa membantu untuk menyelesaikan masalah pada laptop atau PC. Jika berhasil, silahkan beri ulasan di komentar, ya! Semoga mencoba! [Baca juga : Mengatasi wifi tanda seru]

Tag :

Solusi

Back To Top