Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Cara Mengatasi Bluetooth Tidak Berfungsi di Windows 10

Tidak bisa mengirim atau menerima file dari laptop ke ponsel atau sebaliknya? Berikut cara mengatasi Bluetooth tidak berfungsi di Windows 10 dari admin AmalanKomputer.Com.

Cara memperbaiki bluetooth laptop yang tidak berfungsi

Ketika ingin mengirim file dari hp ke laptop ataupun sebaliknya, kita bisa menggunakan kabel USB dan Bluetooth. Namun, tak jarang pengguna mengalami kesulitan untuk terhubung karena Bluetooth tidak berfungsi di Windows 10 atau OS lainnya. [Baca juga : Mengatasi We couldn't install this update but you can try again]

Tidak berfungsinya Bluetooth di laptop hanya satu dari sekian banyak masalah yang sering terjadi. Biasanya, ini disebabkan karena Bluetooth tidak mendeteksi atau terdeteksi oleh perangkat yang ingin dihubungkan.

Mengingat banyak pengguna terbantu dengan adanya Bluetooth, di bawah inikami ulas beberapa cara mengatasi Bluetooth tidak berfungsi di Windows 10 dengan mudah.

Cara Mengatasi Bluetooth Tidak Berfungsi di Windows 10

Bluetooth adalahsebuah teknologi komunikasitanpa kabel yang memungkinkan pengguna untuk mengirim atau menerima file dan menghubungkan laptop atau PC dengan speaker, mouse, keyboard, headset, dan lain sebagainya. [Baca juga : Mengatasi This device is not working properly because Windows cannot load the drivers required for this device]

Berikut beberapa cara memperbaiki Bluetooth di laptop Windows 7 maupun Windows 10.

1. Pastikan Bluetooth Dalam Kondisi Aktif

Sebelum mengulas panduan teknis, pastikan dulu Bluetooth dalam kondisi aktif. Karena biasanya, pengguna terlalu cepat mengambil kesimpulan. Coba tekan kombinasi Windows + A, kemudian klik Expand dan ubah jadi On.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan Windows + I, pilih Device, lalu Bluetooth & Other Devices, dan ubah posisinya jadi On. Kalau tombol On Off Bluetooth Windows 10 hilang, coba uninstall device lalu restart perangkat.

2. Update Driver Bluetooth di Windows 10

Panduan selanjutnya untuk mengatasi Bluetooth tidak berfungsi di Windows 10 adalah memperbarui driver. Ada dua opsi yang dapat kamu coba, yakni secara manual dan menggunakan software. Tapi, kebanyakan orang memilih cara manual karena lebih mudah. [Baca juga : Mengatasi Wifi Tanda seru]

Berikut cara update driver Bluetooth Windows 10 PC atau laptop.

  • Langkah pertama masuk ke Device Manager dengan mencarinya di pencarian Windows
  • Selanjutnya klik Bluetooth untuk membuka menu
  • Kemudian klik kanan Bluetooth Device dan pilih Properties
  • Lalu klik Details, pilih properti Hardware Ids
  • Pada Value klik kanan dan pilih Copy
  • Setelah itu kunjungi situs https://driverpacks.net/
  • Paste Value tadi, lalu klik Download dan install driver ke laptop

Jika proses instalasi sudah selesai, nyalakan kembali Bluetooth dan coba mengirim file dari smartphone ke laptop atau sebaliknya.

3. Ubah Pengaturan Power Options

Selanjutnya, cara mengatasi Bluetooth hilang dan tidak berfungsi di Windows 10 adalah dengan mengubah Power Options. Meskipun sangat simpel, namun ini cukup masuk akal karena Windows biasanya akan menonaktifkan program yang dianggap tidak penting. [Baca juga : Mengatasi laptop layar hitam]

Untuk caranya, klik ikon Baterai dan pilih More Power Options. Selanjutnya ubah Power Saver jadi Balanced. Jika sudah, restart perangkat dan coba tes sambungkan Bluetooth ke smartphone. 

4. Gunakan Dongle USB Bluetooth

Kalau cara mengatasi Bluetooth tidak berfungsi di Windows 10 sebelumnya masih belum berhasil, kamu bisa mengganti USB Dongle. Sebab, besar kemungkinan USB yang lama sudah rusak, sehingga mau diakali pakai cara apapun pasti tidak akan gagal.

USB Dongle banyak tersedia di toko online dengan kisaran harga Rp20 ribu sampai Rp50 ribu. Kalau malas membeli baru, kamu bisa pinjam punya teman atau keluarga yang sudah tidak terpakai. [Baca juga : Cara Repair windows 10]

5. Mencari Kerusakan dengan Troubleshooter

Mengingat masing-masing perangkat punya masalah berbeda. Mungkin kamu perlu mencari sendiri penyebab dan solusinya kalau dari empat cara di atas tidak ada yang work. Gunakan fitur Troubleshooter untuk masalah ini.

  • Pertama cari Troubleshooter di pencarian Windows
  • Kemudian klik Troubleshoot Settings
  • Pilih Bluetooth dan Run the Troubleshooter

Setelah proses berakhir, akan muncul jendela baru yang menjelaskan penyebab Bluetooth tidak berfungsi di Windows 10. Jika ada opsi penyelesai, sistem akan menjalankannya secara otomatis.

Kesimpulan

Dari ulasan di atas dapat disimpulkan kalau ada banyak penyebab Bluetooth tidak berfungsi atau terhubung. Masing-masing perangkat mungkin solusinya bisa berbeda, untuk itu silahkan coba satu per satu hingga masalah tersebut dapat teratasi.

Demikian ulasan tentang cara mengatasi Bluetooth tidak berfungsi di Windows 10 yang bisa kamu terapkan di laptop atau PC. Semoga bermanfaat! [Baca juga : Mengatasi laptop hibernating]

Tag :

Solusi

0 Komentar untuk "Cara Mengatasi Bluetooth Tidak Berfungsi di Windows 10"

Back To Top