Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Cara Mengatasi Laptop Hibernating

Memahami cara mengatasi laptop, pc atau komputer windows 10, 8/8.1 dan 7 hibernating yang benar akan membuat kinerja perangkat kembali normal dan terhindar dari kerusakan berat.

Cara menghilangkan hibernating pada laptop

Ketika sesuatu terjadi secara terus menerus pada laptop, misalnya hibernating, kemungkinan ada yang tidak beres. Seperti kerusakan software ataupun hardware. Untuk itu, memahami cara mengatasi laptop hibernating sangat penting agar perangkat kembali normal. [Baca juga : Mengatasi We couldn't install this update but you can try again]

Hibernating adalah kondisi dimana sistem akan mengistirahatkan diri secara otomatis dan menunda program untuk sementara waktu. Berbeda dari Shut Down, Hibernating memungkinkan pengguna mengakses kembali browser atau aplikasi yang sebelumnya dibuka.

Nah, sebagai referensi, kamu bisa menyimak beberapa penyebab dan cara mengatasi laptop hibernating pada ulasan yang diberikan oleh admin AmalanKomputer.com di bawah ini.

Cara Mudah Mengatasi Laptop Hibernating

Sebagian orang merasa sangat terganggu ketika sedang fokus mengerjakan sesuatu, kemudian laptop mendadak mati. Kalau kamu juga mengalaminya, berikut cara mengatasi hibernating pada laptopyang bisa dicoba.

  • Langkah pertama silahkan cabut charger
  • Kemudian tekan dan tahan tombol Power selama beberapa detik hingga laptop mati
  • Setelah itu, lepaskan baterai dari sarangnya
  • Diamkan beberapa saat hingga benar-benar dingin
  • Terakhir pasang dan nyalakan laptop kembali

Pastikan panas baterai benar-benar sudah hilang sebelum dipasang. Untuk mencegah hal ini terulang kembali, kamu bisa membeli cooling fan guna meminimalisir overheating. [Baca juga : Mengatasi This device is not working properly because Windows cannot load the drivers required for this device]

Cara Mengatasi Laptop Hibernating Baterai Tanam

Sementara kalau baterai laptop tidak bisa dilepaskan, untuk cara mengatasi laptop hibernating baterai tanam, kamu tinggal menekan tombol Power hingga perangkat mati. Setelah beberapa jam, nyalakan kembali. Di samping itu, ada opsi alternatif yang bisa kamu coba.

  • Buka menu Start, ketik Troubleshooting di pencarian
  • Klik Troubleshooting, lalu pilih View All
  • Kemudian klik Power
  • Klik Next, tunggu sebentar hingga sistem selesai mengatasinya
  • Setelah itu di layar akan terlihat kesalahan yang berhubungan dengan power atau baterai
  • Jika fitur Hibernate bermasalah, sistem akan memperbaikinya secara otomatis
  • Terakhir klik Close

Pada dasarnya, proses hibernate terjadi karena perangkat digunakan dalam waktu yang sangat lama. Sehingga laptop akan mati dengan sendirinya kerena baterai terlalu panas atau overheating. [Baca juga : Memperbaiki Laptop layar hitam]

Penyebab Laptop Hibernating atau Mati Sendiri

Laptop hibernating biasanya karena pengguna membuka game atau aplikasiterlalu lama tanpa jeda waktu. Untuk itu, ketika sedang bermain game atau mengedit video, sebaiknya istirahatkan laptop ataupun PC setiap 3 atau 5 jam sekali.

Di samping itu, kondisi ruang penyimpanan yang terlalu penuh juga bisa jadi penyebab laptop hibernating secara tiba-tiba. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa menghapus dan menghentikan aplikasi yang berjalan di belakang layar.

Caranya tinggal masuk ke Task Manager, lalu pilih Processes, dan klik End Task pada aplikasi yang jarang atau tidak pernah digunakan.

Hibernating di laptop juga bisa disebabkan karena daya yang mau habis. Karena biasanya, ketika baterai menyentuh 10%, otomatis proses hibernate akan berjalan. Sebenarnya ingin sangat membantu, karena data-data yang lupa disimpan tidak akan hilang. [Baca juga : Mengatasi WiFi tanda seru kuning]

Cara Mematikan Hibernating di Windows

Kalau kamu merasa terganggu dengan fitur ini, Windows mengizinkan penggunanya untuk mematikan hibernate pada laptop. Berikut langkah-langkah yang juga berlaku untuk Windows 7, Windows 8, dan Windows 10.

  • Pertama jalankan CMD sebagai Administrator
  • Pada jendela CMD, ketik powercfg.exe /hibernate off dan tekan tombol Enter
  • Fitur hibernate laptop sudah berhasil dihilangkan

Jika dengan tidak aktifnya fitur hibernate membuat pemakaian baterai jadi boros atau cepat panas, untuk mengaktifkannya kembali, kamu bisa mengganti perintah CMD dengan powercfg.exe /hibernate on lalu tekan Enter.

Kesimpulan

Dengan memahami fungsi dari mode Hibernate, sekarang kamu tak perlu khawatir jika laptop tiba-tiba mati sendiri. Sebab, pada dasarnya sistem operasi dirancang untuk mencegah kerusakan yang lebih parah agar pengguna merasa nyaman.

Sebenarnya, cara mengatasi laptop hibernating di atas sudah cukup untuk memperbaiki masalah yang ada. Tapi, bila hal ini terjadi secara berulang dan membuat kamu tidak nyaman, sebaiknya konsultasikan langsung ke teknisi. [Baca juga : Cara repair windows 10]

Tag :

Tutorial

0 Komentar untuk "Cara Mengatasi Laptop Hibernating"

Back To Top