Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Cara Mengatasi Problem with Wireless Adapter or Access Point

Ada kendala ketika hendak menghubungkan WiFi? Ikuti cara mengatasi problem with wireless adapter or access point error berikut ini yang telah admin amalankomputer.com sajikan untuk anda baik itu di laptop, komputer atau pun pc windows 10, 8/8.1 dan 7.

Saat ini tak sedikit masyarakat menggunakan USB Dongle. Meskipun sangat simpel, tapi jika tidak dikonfigurasikan dengan benar, jaringan WiFi akan memunculkan pesan problem with wireless adapter or access point. [Baca juga : Mengatasi Windows 10 Lemot setelah update]

Biasanya, pesan tersebut membuat koneksi internet mati secara tiba-tiba. Sementara, penyebabnya bisa berbeda tiap perangkat. Namun, yang paling sering adalah bug pada sistem operasi dan kerusakan USB.

Nah, jika kamu sedang sedang berkutat dengan masalah ini dan bingung cara mengatasi problem with wireless adapter or access point di Windows 10 maupun versi lama, berikut beberapa metode yang bisa diikuti.

Cara Memperbaiki Problem with Wireless Adapter or Access Point

Bicara soal sistem operasi, Windows 10 merupakan versi terbaru yang dikembangkan Microsoft. Meskipun masih banyak kekurangan, namun pengguna akan merasakan pengalaman terbaik dalam mengeksplorasi laptop maupun PC. [Baca juga : Mengatasi bluetooth yang tidak berfungsi di windows 10]

1. Menghapus Profil Wireless dengan CMD

Untuk dapat mengatasi problem with wireless adapter or access point di laptop atau PC, kamu bisa menghapus profil wireless dengan memanfaatkan Command Prompt. Ini dilakukan sebagai bagian dari perbaikan profil WiFi yang rusak.

  • Langkah pertama buka CMD sebagai Administrator
  • Kemudian ketik perintah netsh wlan delete profile name="wireless profile name" (ganti wireless profile name dengan yang biasa kamu gunakan)
  • Setelah itu tekan Enter
  • Terakhir, restart komputer dan coba koneksikan WiFi

Seharusnya kalau penyebabnya memang  nama profil, pesan wireless adapter yang error sudah hilang dan jaringan dapat terhubung kembali. Selain profil wireless, kamu juga bisa mencoba mengganti nama dan password WiFi. Kalau tidak tahu caranya, silahkan baca buku panduan modem yang digunakan. [Baca juga : Mengatasi laptop hibernating]

2. Menghapus Cache DNS

Terkadang, cache DNS bisa jadi masalah yang sangat serius. Untuk itu, jika kamu tak dapat terhubung ke WiFi, coba hapus data-data sampah dengan CMD untuk menghilangkan pesan problem with wireless adapter or access point error.

Sama seperti cara sebelumnya, silahkan klik kanan Command Prompt dan pilih Run as Administrator. Setelah itu ketik perintah ipconfig /flushdns, lalu tekan Enter. Selanjutnya hubungkan kembali WiFi ke perangkat.

3. Uninstall Wireless Network Adapter

Selanjutnya, kamu juga bisa mengikuti cara mengatasi problem with wireless adapter or access point errordengan mencopot instalasi driver untuk memperbaiki kesalahan pada jaringan WiFi. Berikut langkah-langkah yang harus kamu lakukan.

  • Buka jendela RUN dengan menekan kombinasi Windows Key + R
  • Selanjutnya masukkan perintah devmgmt.msc, lalu Enter atau klik OK
  • Klik dua kali pilihan Network Adapters, kemudian klik kanan di wireless driver yang kamu gunakan
  • Setelah itu klik Uninstall
  • Jika sudah, restart laptop atau PC agar wireless driver dapat terinstal secara otomatis


Bagaimana, mudah kan? Pada beberapa kasus, cara ini sangat ampuh untuk mengatasi WiFi yang tidak mau terhubung. Tapi, jika belum berhasil, kemungkinan masalah di perangkat kamu lebih rumit, silahkan ikuti cara berikutnya. [Baca juga : Cara repair windows 10]

4. Matikan Antivirus yang Terinstall di Laptop

Meskipun sangat penting, namun antivirus bisa jadi penyebab WiFi error, khususnya versi gratis yang masih labil. Jadi, untuk mengatasi problem with wireless adapter or access point error, kamu bisa menonaktifkan antivirus untuk sementara waktu.

Caranya sangat mudah, silahkan klik tanda panah ke atas pada Taskbar, kemudian klik kanan ikon software antivirus yang kamu gunakan. Selanjutnya pilih Nonaktifkan Proteksi (Sampai Restart).

Kesimpulan

Panduan di atas tidak hanya berlaku di Windows 10 saja. Kalau kamu menggunakan Windows 7, 8, maupun 8.1, silahkan sesuaikan dengan menu yang ada. Karena secara garis besar, Windows hanya memperbarui versi, bukan mengubahnya.

Itulah beberapa cara mengatasi problem with wireless adapter or access point error yang bisa dicoba jika terjadi masalah  pada jaringan atau WiFi tidak mau terhubung. [Baca juga  : Mengatasi laptop layar hitam]

Tag :

Warning

,

WiFi

Back To Top