Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

3 Cara Mengatasi File Conversion Microsoft Word dengan Mudah

cara mengatasi file conversion Microsoft Word

Ketika membuka file di Microsoft Word ternyata ada notifikasi file conversion error dengan pesan “Select the encoding that makes your document readable”. Kalau masalah ini muncul, sebagian besar pengguna Word pasti bingung cara mengatasinya.

Mungkin ada yang langsung menghapus file-nya atau bahkan mengetik ulang semua kalimat pada dokumen. Padahal, ada banyak cara yang bisa digunakan untuk mengatasi hal ini, baik dengan mengubah pengaturan progam atau menggunakan tools recovery.

Daripada buang-buang waktu, sebaiknya pahami cara mengatasi file conversion Microsoft Word pada ulasan di bawah ini. Jika yang pertama tidak berhasil, silahkan ikuti panduan kedua dan seterusnya.

Cara Mengatasi File Conversion Microsoft Word

Penyebab file conversion Word adalah pengkodean file yang tidak cocok dengan dokumen. Biasanya ini karena faktor internal atau eksternal pada software Microsoft. Sehingga setiap kali ada perbedaan, sistem akan memunculkan pesan error.

Berikut beberapa cara mengatasi file conversion di Word yang bisa kamu coba.

1. Membuka Dokumen dengan Draft

Dikutip dari situs Microsoft, masalah dokumen yang rusak atau error bisa diatasi dengan membukanya dengan mode draft.

  • Pertama buka lembar kerja kosong MS Word
  • Selanjutnya klik menu View di toolbar
  • Lalu klik File – Options – Advanced
  • Di bagian “Show document content” centang pilihan “Use draft font in Draft and Outline views” dan “Show picture placeholders”
  • Kemudian gulir mouse ke bawah dan centang lagi “Update automatic links at open”
  • Klik OK dan keluar dari Word

Setelah beberapa saat, buka lagi dokumen kosong Microsoft Word. Selanjutnya masuk ke menu File, klik Open, cari dan pilih dokumen yang diinginkan. Terakhir klik Open lagi.

2. Mengatasi File Conversion dengan Opsi Recovery Text

Cara mengatasi file conversion Microsoft Word selanjutnya adalah dengan memulihkan struktur teks. Meskipun tidak berpengaruh pada keutuhan dokumen, namun setidaknya kalimat penting masih bisa terselamatkan.

Langkah-langkahnya sebagai berikut.

  • Buka Word (harus dokumen kosong)
  • Lalu masuk ke File, klik Open
  • Cari file yang ingin dipulihkan
  • Jika sudah ketemu klik opsi “Recover Text from Any File”
  • Terakhir Open

Setelah mencoba panduan ini, kemungkinan ada beberapa kode/tulisan yang tak bisa diubah. Biasanya terletak di awal dan akhir dokumen. Jadi, sebelum menyimpannya sebagai dokumen Word, pastikan kamu menghapus kode-kode tersebut.

3. Mengaitkan PDF dengan Reader

Jika dua cara di atas belum berhasil, coba kaitkan file PDF dan Reader di PC kamu. Beberapa pengguna sudah pernah mencoba cara ini dan terbukti berhasil. Untuk mengatasi file conversion Microsoft Word dengan Reader, silahkan ikuti langkah berikut.

  • Klik menu Start di pojok kiri layar
  • Kemudian masuk ke Default Programs
  • Setelah itu cari PDF
  • Selanjutnya kaitkan dengan Reader

Tapi, kalau kamu ingin membuka file PDF di Word, cara di atas tidak berlaku. Untuk mengatasinya, kamu hanya perlu convert PDF ke Word dengan situs online seperti SmallPDF atau iLovePDF.

Selain itu, kalau berbagai macam cara sudah dicoba file Word masih tetap error, silahkan gunakan tools Recovery Word. Salah satu yang paling populer adalah DataNumen. Namun, tools ini tidak gratis alias berbayar.

MS Word merupakan software paling populer di dunia. Selain karena mudah digunakan, fitur-fiturnya juga lebih lengkap dan simpel. Dengan software ini, pengguna bisa membuat ragam dokumen untuk keperluan pribadi, organisasi, maupun pekerjaan.

Kesimpulan

Apapun masalah yang berhubungan dengan file corrupt, rusak, maupun conversion error, solusi paling jitu memang menggunakan tool recovery file. Tapi, kalau enggan mengunduh software, kamu bisa mencoba beberapa opsi di atas.

Demikian ulasan singkat tentang penyebab dan cara mengatasi file conversion Microsoft Word yang bisa kamu ikuti jika file tidak bisa dibuka atau isi dokumen berubah jadi tulisan alien. Selamat mencoba!
0 Komentar untuk "3 Cara Mengatasi File Conversion Microsoft Word dengan Mudah"

Back To Top