Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Cara Membuat Nomor Halaman Angka Romawi Dalam Satu Dokumen Word

Cara Membuat Nomor Halaman Angka Romawi Dalam Satu Dokumen Word

Penomoran halaman dalam satu dokumen dimaksudkan untuk mempermudah dalam pencarian letak halaman yang ingin dibaca. Di samping itu, Anda juga bisa menambahkan variasi angka dengan membuat nomor halaman angka romawi di Microsoft Word.

Ya, selain angka biasa, nomor halaman Microsoft Word bisa diganti menjadi angka romawi bahkan huruf. Biasanya, penomoran halaman yang berbeda terletak di bagian Kata Pengantar, Daftar Tabel, dan Daftar Gambar.

Nah, bagi kamu yang masih bingung, kali ini akan dijelaskan cara membuat nomor halaman angka romawi dalam satu dokumen Word. Jadi, agar paham langkah-langkahnya, silahkan simak artikel ini sampai selesai.

Cara Membuat Nomor Halaman Angka Romawi

Ketika membuat dokumen, kita harus menggunakan penomoran berbeda pada halaman khusus. Ini dimaksudkan agar pembaca memahami bagian mana yang merupakan pembahasan utama dari sebuah skripsi, laporan, maupun karya ilmiah.

Untuk membuat nomor halaman angka romawi dalam satu dokumen, berikut beberapa langkah yang bisa kamu coba. Langkah pertama pastikan dokumen sudah tersusun rapi, mulai dari halaman pembuka hingga penutup.

  • Selanjutnya kita akan membuat penomoran untuk semua halaman dengan angka romawi
  • Silahkan klik Insert di bagian ribbon
  • Kemudian pilih menu Page Number dan klik Format Page Number
  • Di jendela yang muncul, ganti format angka jadi romawi (i,ii,iii,...)
  • Lalu klik OK

Setelah semua halaman sudah diberi nomor, maka kita akan mengganti halaman BAB dan seterusnya dengan angka biasa, seperti penjelasan berikut.

  • Letakkan kursor mouse pada halaman BAB
  • Kemudian klik Page Layout – Breaks – Next Page
  • Setelah itu langsung masuk ke jendela Format Page Number seperti langkah sebelumnya
  • Lalu centang Start at dan ketik angka 1 yang berarti kita akan membuat penomoran halaman dari angka satu
  • Terakhir klik OK

Membuat nomor halaman angka romawi dalam satu dokumen Word bukanlah perkara sulit bila tahu caranya. Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, sekarang angka romawi terlihat di 3 halaman pembuka, dan angka biasa mulai dari halaman 4 sampai akhir.

Itulah beberapa langkah sederhana yang bisa Anda ikuti. Kalau sudah mengerti langkah-langkahnya, tidak butuh waktu lama untuk membuat nomor halaman angka romawi dalam satu dokumen Microsoft Word. Selamat mencoba!
0 Komentar untuk "Cara Membuat Nomor Halaman Angka Romawi Dalam Satu Dokumen Word"

Back To Top