Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Cara Menghilangkan #N/A pada Rumus VLOOKUP yang Error

Selain memahami penyebabnya, ketahui juga informasi tentang cara menghilangkan #N/A pada rumus VLOOKUP yang error di semua versi Excel.

Cara Menghilangkan #N/A pada Rumus VLOOKUP yang Error

Ketika menggunakan rumus fungsi VLOOKUP untuk mencari nilai suatu barang, mungkin kita pernah mengalami error #N/A pada kolom tertentu. Bagi pemula tentunya ini adalah mimpi buruk, berbeda dengan Excel expert yang sudah tahu cara mengatasinya.

VLOOKUP sendiri berfungsi sebagai pemancing untuk memanggil data yang diinginkan dalam tabel Excel. Mengingat cara kerja yang sangat simpel, VLOOKUP paling sering digunakan bersama rumus fungsi HLOOKUP.

Sebelum membahas lebih detail tentang cara menghilangkan #N/A pada rumus VLOOKUP, pertama kita harus tahu dulu apa masalahnya. Sebab, ada banyak hal yang dapat mengakibatkan error, baik dalam penulisan rumus maupun ketidakcocokan data.

Cara Menghilangkan #N/A pada Rumus VLOOKUP

Pada dasarnya, penyebab #N/A error adalah kode rumus VLOOKUP atau HLOOKUP dalam keadaan kosong atau tidak terisi data. Sehingga ketika kode dimasukkan, secara otomatis kolom Excel tidak menampilkan data yang diinginkan.

Ada beberapa cara mengatasi rumus VLOOKUP tidak berfungsi. Masing-masing dibuat sesuai masalah yang berbeda untuk Excel 2013, 2017, hingga versi terbaru. Berikut penjelasannya.

1. Menghilangkan #N/A dengan Rumus IFERROR

Fungsi IFERROR di Excel adalah sebagai rumus untuk memanggil nilai atau data yang hilang. Untuk penggunaannya, kamu harus menggabungkan VLOOKUP dan rumus IFERROR pada kolom yang mengalami kesalahan #N/A.

Berikut cara menerapkan rumus IFERROR di Excel.

Jika awalnya kode di kolom seperti ini =VLOOKUP(E2;$A$2:$B$3;2;0) maka kamu harus menambahkan IFERROR( di antara = dan VLOOKUP. Kemudian tambahkan juga tanda ;””) di akhir kode. Setelah itu, hasilnya jadi:

=IFERROR(VLOOKUP(E2;$A$2:$B$3;2;0);"")

Dengan begitu, kolom yang sebelumnya error #N/A akan terisi data kalau nilainya TRUE. Sedangkan kolomnya akan kosong bila tidak bernilai atau FALSE.

2. Menghilangkan #N/A di Excel dengan Rumus IFNA

Tak jauh berbeda dari sebelumnya, rumus IFNA berfungsi sebagai penguji pada data Excel yang error. Nantinya, kode yang diselipi IFNA akan berubah dari sebelumnya #N/A menjadi data, tergantung nilainya TRUE atau FALSE.

Untuk penerapannya pun sama saja, kamu hanya perlu menambahkan kata IFNA( dan tanda ;””). Berikut contohnya.

Sebelum: =VLOOKUP(E2;$A$2:$B$3;2;0)
Sesudah ditambah rumus: =IFNA(VLOOKUP(E2;$A$2:$B$3;2;0);"")

Langkah-langkah di atas biasa digunakan sebagai cara menghilangkan #N/A pada rumus VLOOKUP di Excel 2013. Jadi, kalau Microsoft di PC kamu masih menggunakan versi lama, silahkan gunakan cara ini.

3. Menghilangkan #N/A di Excel dengan Rumus IF dan ISNA

Sebenarnya dua cara di atas sudah cukup untuk mengatasi masalah error #N/A Excel. Namun, IF dan ISNA bisa kamu gunakan sebagai alternatif kalau ingin menyembunyikan #N/A. Selain itu, rumus ini juga akan mendeteksi kesalahan pada cell.

Adapun penggunaannya seperti contoh di bawah ini.

=IF(ISNA(VLOOKUP(E2;$A$2:$B$3;2;0));"";VLOOKUP(E2;$A$2:$B$3;2;0))

Dengan menyelipkan paduan rumus IF dan ISNA, maka VLOOKUP dan HLOOKUP akan diproses apabila cell pada tabel memiliki nilai. Sebaliknya, cell akan tetap kosong kalau data tersebut tidak ada nilainya.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan kalau error #N/A di tabel Excel muncul bukan karena kesalahan rumus saja. Ada banyak faktor yang mendasarinya. Jadi, kalau memahami langkah-langkah yang benar, kamu bisa mengatasinya dengan mudah.

Jadi, itulah beberapa cara menghilangkan #N/A pada rumus VLOOKUP di Excel yang bisa kamu ikuti. Perlu dipahami, contoh penerapan rumus di atas berbeda dari data yang kamu buat. Kalau ada yang kurang jelas, silahkan tulis di komentar ya. Selamat mencoba!
Tag :

Solusi

,

Tutorial

0 Komentar untuk "Cara Menghilangkan #N/A pada Rumus VLOOKUP yang Error"

Back To Top
close