Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Cara Mengatasi MySQL Tidak Bisa Running Start di Xampp

Ada pesan error saat menjalankan MySQL? Berikut cara mengatasi MySQL tidak bisa running start di Xampp dengan beberapa langkah mudah.
 
Cara Mengatasi MySQL Tidak Bisa Running Start di Xampp

MySQL merupakan sebuah program di Xampp yang digunakan untuk pengelolaan basis data. Meskipun kinerjanya cukup powerful, namun bukan berarti bebas dari gangguan sistem. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah MySQL tidak bisa running start.

Selain MySQL, di Xampp terdapat Apache yang juga tak luput dari trouble. Yaps, persoalan yang sudah jadi rahasia umum, bahkan dianggap hal wajar karena dapat diatasi dengan mudah.

Nah, jika kamu punya masalah saat ingin menjalankan salah satu program, tak perlu panik karena hampir semua orang yang bergelut di dunia developer web dan aplikasi pernah mengalami hal tersebut.

Tetapi, sebelum itu cari tahu dulu apa masalah serta penyebabnya. Sehingga saat menerapkan cara mengatasi MySQL tidak bisa running start di Xampp pada artikel ini, perbaikan akan berjalan lancar.

Penyebab MySQL Tidak Bisa Running Start

Pada banyak kasus, penyebab MySQL tidak running dikarenakan menumpuknya program yang terinstal. Misalnya, software Xampp sudah ada di komputer, kemudian kamu menginstal lagi MySQL Workbench.

Dengan begitu, ketika ingin menjalankan MySQL Xampp, port-nya sudah digunakan oleh MySQL Workbench. Sehingga, pada control panel akan menampilkan pesan error shutdown unexpectedly.

Sama halnya dengan Apache, jika ada program yang menumpuk, maka secara otomatis Xampp tidak bisa berjalan dan akan stop sendiri.

Nah, masalah dan penyebabnya sudah diketahui. Jadi, untuk ke depannya sebelum menjalankan program di Xampp, pastikan port-nya sedang nganggur.

Cara Mengatasi MySQL Tidak Bisa Running Start

mysql tidak bisa running start di xampp

Bagi kamu yang sedang mengalami masalah ini, tapi belum terlalu mahir Xampp, berikut cara mengatasi MySQL shutdown unexpectedly atau tidak bisa running start dengan beberapa langkah sederhana.

  • Langkah pertama buka CMD sebagai Administrator
  • Caranya dengan klik Start Windows lalu ketik Command Prompt, lalu klik kanan dan pilih Run as administrator
  • Pada kolom dialog CMD setelah C:\Windows\system32>, ketik netstat -aon lalu Enter
  • Bisa dilihat terdapat banyak koneksi TCP aktif dari perangkat yang kamu gunakan
  • Selanjutnya cari port MySQL pada Local Address, biasanya 3306
  • Jika sudah ketemu, pada baris tersebut cari dan catat nomor PID-nya, misal 6666
  • Setelah itu, ketik taskkill /f /PID 6666 (pakai nomor PID kamu sendiri) lalu  tekan Enter
  • Jika perbaikannya telah berhasil, maka akan muncul pesan “The process with PID 6666 has been terminated”

Langkah terakhir tinggal tutup CMD, buka kembali control panel Xampp dan coba jalankan MySQL. Seharusnya, jika langkah di atas dilakukan dengan benar, kamu sudah berhasil mengatasi MySQL tidak bisa running start di Xampp.

Ini juga berlaku untuk menonaktifkan program lain yang kiranya jarang digunakan, tinggal cari port dan nomor PID. Di samping itu, mungkin ada yang bertanya-tanya apa fungsi netstat -aon pada CMD.

1. Netstat berfungsi berfungsi untuk menampilkan koneksi
2. Huruf a menampilkan koneksi yang aktif
3. Huruf o untuk menampilkan PID
4. Huruf n untuk menentukan koneksi aktif beserta nomor port atau Local Address

Nah, sudah jelas kan? Ini adalah cara paling mudah dibandingkan dengan mengubah Listen 80 menjadi Listen 8080. Karena biasanya efek perbaikan hanya sementara, dan saat menjalankan sesi berikutnya MySQL akan kembali error.

Intinya, masalah ini terjadi karena banyaknya program yang sedang running. Dengan mematikan salah satunya, kamu tak akan lagi menemui pesan error.

Jadi, seperti itulah cara mengatasi MySQL tidak bisa running di Xampp beserta penyebabnya. Jika masalah masih terjadi, bisa jadi ada kesalahan saat menerapkan langkah-langkah di atas. Coba ulangi lagi dari awal dengan penuh ketelitian.
Tag :

Solusi

Back To Top