Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Cara Mengatasi Excel Not Responding dengan Mudah

cara mengatasi excel not responding

Pernah mengalami Microsoft Excel tiba-tiba berhenti saat menginput data? Yaps, sebenarnya ini masalah umum yang pernah dialami hampir semua pengguna Office. Tak jarang, Excel not responding ketika data belum di-save.

Microsoft Excel bisa dibilang satu-satunya software spreadsheet yang digunakan semua kalangan, mulai dari muda hingga orang dewasa. Bahkan di pelajaran komputer SMP maupun SMA, kita hanya diajarkan Excel serta program Office lainnya.

Sayangnya, di sekolah tak diajarkan cara mengatasi Excel not responding. Kita hanya mendapatkan ilmu perihal rumus Excel, cara membuat tabel, dan lain sebagainya. Tapi jangan khawatir, kamu bisa mengatasinya dengan beberapa ulasan di bawah ini.

Cara Mengatasi Excel Not Responding

Penyebab Excel not responding biasanya tak jauh dari komputer yang terkena virus setelah mengunduh file bajakan. Di samping itu, registry dan folder software yang hilang juga bisa menyebabkan program tidak berjalan seperti seharusnya.

Microsoft sendiri sudah memberikan banyak solusi bagi pengguna yang mengalami masalah ini. Namun, cara mengatasi MS Excel not responding bukan hanya satu saja. Ada banyak solusi yang diberikan, mengingat ada banyak penyebab yang mendasarinya.

1. Mengaktifkan Safe Mode di Excel

Membuka Excel maupun program Microsoft lain dengan mode aman bisa jadi solusi jika file tiba-tiba berhenti bekerja. Sederhananya, mode aman atau safe mode digunakan agar Office dapat dibuka dengan normal tanpa gangguan notifikasi not responding.

Untuk mengaktifkan safe mode di Excel, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Langkah pertama masuk ke Run dengan menekan Windows + R di keyboard
  • Kemudian ketik excel /safe dan tekan Enter
  • Setelah itu Excel akan terbuka dengan teks (Safe Mode) pada judul dokumen
  • Jika ingin membuka file yang sebelumnya mengalami not responding, kamu bisa masuk ke tab File di pojok kiri atas
  • Selanjutnya pilih menu Recent dan klik file yang ingin kamu buka

Mengaktifkan mode aman termasuk salah satu cara mengatasi Excel not responding 100% work yang disarankan oleh Microsoft. Jadi, bisa dipastikan cara ini sudah pasti berhasil. Namun, kalau masih ada kendala, kamu coba saja cara yang kedua.

2. Menonaktifkan Semua Add-ins

mengatasi excel not responding mudah

Add-ins bisa jadi penyebab Excel not responding. Meskipun fungsi Add-ins sangat penting, namun terkadang kinerjanya sering melampaui batas, sehingga mengganggu keutuhan dokumen. Nah, jika ingin menonaktifkan Add-ins, silahkan ikuti poin-poin di bawah ini.

  • Pastikan lembar kerja Excel masih dalam safe mode
  • Selanjutnya klik File, lalu pilih Options
  • Setelah itu arahkan mouse ke Add-ins dan klik
  • Pada kolom Manage pilih COM Add-ins lalu klik Go
  • Hapus semua centang di kolom Add-ins Available, klik Ok
  • Terakhir tutup lembar kerja Excel dan restart PC kamu

Mungkin cara mengatasi not responding di Excel 2010 yang satu ini jarang digunakan karena pada dasarnya cara pertama sudah pasti 100% berhasil. Dan kalaupun gagal, bisa jadi karena keliru mengikuti setiap poin yang tertera.

3. Melakukan Repair Microsoft Office

Jika cara sebelumnya belum juga berhasil, mungkin Microsoft Office di PC atau laptop kamu harus di-repair. Repairing atau memperbaiki software merupakan hal lumrah, sama halnya dengan mesin mobil yang harus di-service setiap bulannya.

  • Klik Start dan buka Control Panel
  • Selanjutnya cari dan buka Program and Features
  • Cari Microsoft Office pada daftar software
  • Setelah itu arahkan mouse ke Microsoft Office Profesional Plus 2010 (tergantung versi Office di PC kamu)
  • Kemudian klik kanan dan pilih Change
  • Terakhir pilih Repair dan klik Continue

Sampai di sini Office akan melakukan perbaikan pada program yang error. Jika prosesnya sudah selesai, silahkan tutup semuanya dan lakukan restart kembali seperti cara mengatasi Microsoft Excel not responding yang pertama.

Dari ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa Excel yang tiba-tiba berhenti atau tidak merespon dapat diatasi dengan mudah. Jadi, kamu tak perlu panik, karena setiap masalah pasti ada solusinya.

Bukan hanya Excel saja, program Office lain juga sering mengalami not responding. Di samping itu, beberapa pengguna memiliki keluhan perihal Excel yang lemot saat dioperasikan. Ini biasanya disebabkan karena banyaknya rumus pada dokumen.

Untuk mengatasi Excel lemot, sepertinya cara mengatasi Excel not responding pada ulasan di atas juga layak dicoba. Atau kalau memungkinkan, kamu bisa menghilangkan semua rumus di Excel agar ukuran file tidak terlalu besar.
Tag :

Solusi

Back To Top