Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Cara Menghapus/Uninstall Adobe Flash Player di Komputer dan Chrome

Begini cara uninstall Adobe Flash Player di komputer dan Chrome, menyusul tidak dilanjutkannya software yang sangat populer di tahun 2000-an ini.
 
cara uninstall adobe flash player
 
Eksistensi software buatan Adobe, Flash Player, secara resmi telah dihentikan terhitung tanggal 1 Januari 2021. Yaps, software yang dulunya sangat populer ini tidak lagi berfungsi dan pengguna disarankan untuk segera uninstall Flash Player dari PC maupun browser.

Sejak perkembangan teknologi yang begitu masif, Flash Player dianggap sebagai software “mati” yang hanya memenuhi memori dan membuat kinerja perangkat jadi lemot.

Meskipun dulunya menjadi andalan untuk melihat video, mendengar audio, serta bermain game online, namun hadirnya teknologi HTML5 membuat Flash Player tak lagi dibutuhkan. Sayangnya, untuk melepas Flash Player dari perangkat tidak semudah software lainnya.

Jika kamu bingung bagaimana cara uninstall Adobe Flash Player di komputer, silahkan simak penjelasan lengkap pada ulasan di bawah ini.

Kenapa Harus Uninstall Adobe Flash Player?

Selain karena tak berfungsi lagi, konten yang masih terpasang Flash secara bertahap akan diblokir oleh Adobe. Namun, terlepas dari itu, ada banyak alasan kenapa kamu harus uninstall Flash Player dari laptop atau PC.

Seperti yang kita tahu, Flash dikembangkan di era 90-an ketika browser tak seperti sekarang yang bisa memutar video, merekam video, hingga mendengarkan musik. Saat itu, browser seperti Chrome hanya bisa menampilkan gambar serta teks tulisan.

Alasan kenapa Flash harus segera dicopot adalah terdapat banyak celah keamanan yang dapat disusupi oleh hacker. Pasalnya, terhitung awal tahun 2021, Adobe tak lagi memperbarui sistem keamanan software buatannya ini.

Jadi, dengan uninstall Flash Player di komputer dan browser, kamu telah mencegah terjadinya pencurian data pribadi yang tidak diinginkan. Di samping itu juga akan membuat kinerja komputer jadi lebih baik.

Cara Uninstall Adobe Flash Player di Komputer

Nah, setelah mengetahui alasan kenapa harus menghapus Flash Player, sekarang mari kita bahas cara uninstall Flash Player di komputer. Yang pertama di sistem operasi Windows, berikut langkah-langkahnya.

  • Download software Uninstall Flash Player yang telah disediakan oleh Adobe
  • Kemudian lanjut ke proses install
  • Jika sudah selesai,  tutup dulu semua browser dan program yang masih terkait dengan Flash Player
  • Setelah itu buka software-nya, klik saja Ok jika tertera notifikasi
  • Tekan tombol Windows + R, lalu input teks ini C:\Windows\system32\Macromed\Flash
  • Lalu hapus semua file maupun folder yang berkaitan dengan Flash Player, pastikan tidak ada yang tersisa
  • Jika semua proses sudah selesai, lakukan restart pada PC

Untuk cara uninstall Adobe Flash Player di Mac, kamu bisa mengikuti langkah penyelesaiannya pada ulasan ini.

  • Cari tahu dulu versi Mac yang kamu gunakan
  • Caranya bisa dengan meng-klik ikon Apple pada layar dan klik menu About This Mac
  • Selanjutnya unduh Uninstall Flash Player sesuai dengan versi Mac (ada yang versi 10.4 dan 10.6)
  • Tutup semua browser seperti cara yang dilakukan untuk Windows
  • Kemudian buka software-nya dan klik tombol Uninstall
  • Hapus semua folder dan file terkait
  • Terakhir, lakukan restart

Sekarang, silahkan periksa komputer kamu. Jika caranya dilakukan dengan benar, dapat dipastikan tak ada lagi nama Flash Player di semua folder.

Nah, bagi pengguna Chrome, kamu tak perlu repot mencari cara menonaktifkan Adobe Flash Player di Chrome, karena Google sendiri sudah memperbarui browser-nya dengan memblokir Flash Player.

Tapi kalau ingin menonaktifkan Flash Player di semua situs yang terhubung secara manual, caranya adalah dengan klik ikon gembok di samping kolom URL, lalu pilih Settings. Setelah itu scroll mouse ke bawah dan klik tombol Flash, pilih Block (default).

Well, mungkin pepatah habis manis sepah dibuang sangat cocok untuk menggambarkan situasi ini. Meskipun ada alasan kuat kenapa Flash harus segera di-uninstall, tapi tetap saja software ini memberi warna dunia internet sebelum hadirnya teknologi canggih.

Jadi, itulah beberapa cara uninstall Adobe Flash Player di komputer dan Chrome yang bisa kamu coba. Dengan menerapkan cara di atas, bukan hanya membuat kinerja komputer jadi maksimal, namun juga mengamankan data-data penting.
Tag :

Solusi

Back To Top