Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Cara buat agar tampilan CMD jadi transparan

Tutorial agar tampilan background cmd menjadi transparan di laptop, pc, komputer windows 11, 10, 8/8.1 dan 7 - Secara default, Microsoft membuat tampilan dari CMD didominasi warna gelap dengan tulisan yang berwarna putih. Namun pengguna sendiri juga bisa membuatnya menjadi terlihat transparan sehingga tampilan di belakang CMD bisa terlihat.

Untuk langkah-langkah membuat tampilan CMD menjadi transparan tersebut cukup mudah untuk dilakukan sendiri dan tidak perlu aplikasi tambahan.

Selain membuatnya transparan pengguna juga bisa mengubah warna background dari CMD tersebut. Warna background yang semula hanya berwarna hitam bisa diubah sesuka hati menjadi berbagai warna yang lebih menarik. selengkapnya, simak penjelasan dari admin AmalanKomputer.com berikut:

Cara membuat background CMD menjadi terlihat transparan

Dengan membuat tampilan command prompt menjadi transparan pengguna bisa membuka command prompt sekaligus memantau program lain yang dibuka di belakang command prompt tersebut. Dengan demikian pengguna bisa multitasking tanpa perlu ribet.

Untuk membuat tampilan command prompt menjadi transparan, simak cara membuat tampilan command prompt menjadi transparan berikut ini:

1. Buka command prompt

Langkah pertama untuk membuat tampilan command prompt menjadi transparan adalah dengan membuka program tersebut terlebih dahulu. Untuk membuka command prompt tersebut terdapat beberapa cara yang dapat pengguna lakukan. Berikut ini adalah cara membuka CMD pada windows:

  1. Melalui menu start, kemudian klik folder windows system dan klik command prompt.
  2. Buka dengan search box dengan cara ketik CMD.
  3. Melalui run dengan menekan Win dan R secara bersamaan lalu ketik CMD pada kolom yang ada dan tekan tombol enter
  4. Cara cepat adalah anda bisa menekan tombol Windows dan X scara bersamaan lalu anda bisa memilih opsi Command prompt yang ada di daftar fitur yang muncul di sudut kiri bawah.

2. Buka Properties

Setelah jendela command prompt sudah terbuka, cara membuat tampilan CMD menjadi transparan adalah dengan membuka properties. Caranya adalah dengan klik kanan pada bagian atas command prompt (Bukan pada halaman untuk menuliskan perintah) Setelah itu anda bisa memilih opsi Properties.

Cara buat agar tampilan CMD jadi transparan

3. Atur transparansi tampilan command prompt

Langkah berikutnya adalah dengan membuka tab colour pada bagian tersebut pengguna bisa mengubah warna background dan juga mengatur tingkat opacity dari jendela cmd tersebut.

Untuk mengatur transparansi lakukan pada panel opacity. Atur tingkat transparansi sesuai dengan kebutuhan pengguna. Semakin kecil tingkat opacity maka tampilan akan menjadi lebih transparan.

Cara mengubah background CMD

Setelah mengetahui cara membuat tampilan CMD menjadi terlihat transparan, pengguna juga bisa sekaligus mengubah tampilan warna pada CMD. Tampilan warna hitam terlihat klasik dan cenderung membosankan. Pengguna bisa mengubahnya menjadi warna apa saja.

Untuk melakukannya simak caranya berikut ini:

  1. Buka command prompt. Sama seperti cara membuat tampilan command prompt agar terlihat transparan, hal pertama yang dapat pengguna lakukan adalah membuka command prompt terlebih dahulu. Untuk membukanya pengguna bisa menggunakan berbagai cara yang telah admin jelaskan diatas.
  2. Buka Properties. Setelah itu buka menu properties pada command prompt. Caranya yaitu dengan klik kanan pada bagian atas command prompt. Setelah itu klik pada tulisan properties dan pengguna bisa mengubah warna, font, layout dan sebagainya pada bagian tersebut.
  3. Atur warna background. Untuk mengatur warna background yang digunakan pada command prompt. Klik pada tab colour, setelah itu pilih pada opsi screen background. Pilih warna yang ingin mengguna gunakan untuk tampilan background cmd dan klik ok.

Itulah beberapa cara membuat tampilan cmd menjadi transparan dan mengubah warna background pada cmd. Dengan melakukan cara tersebut selain membuat tampilan cmd yang beda dari biasanya, pengguna juga bisa membuat tampilan cmd transparan agar bisa memantau program lain yang sedang dijalankan.

Tag :

Tutorial

0 Komentar untuk "Cara buat agar tampilan CMD jadi transparan"

Back To Top