Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Cara uninstall program aplikasi dengan CMD win 11, 10, 8, 7

Tutorial uninstall dan hapus software menggunakan command prompt di laptop,  pc, dan komputer windows 11, 10, 8/8.1 dan 7 - Command Prompt adalah sebuah program di komputer yang dapat digunakan untuk menuliskan berbagai perintah dalam bentuk text. Dengan menggunakan Command Prompt ini pengguna Windows bisa melakukan banyak hal termasuk melakukan uninstall suatu program. Cara Uninstall Program dengan Command Prompt ini juga dapat pengguna lakukan dengan mudah.

Kendati demikian masih banyak pengguna yang tidak mempergunakan dan memanfaatkan Command Prompt sama sekali padahal ada banyak kegunaan dari program tersebut.

Untuk menggunakan Command Prompt ini pengguna harus mengetahui teks perintah yang akan dimasukkan. Bagi pengguna yang masih awam dalam memakai program yang satu ini untuk melakukan uninstall simak penjelasan dari admin AmalanKomputer.com berikut:

Cara buka command prompt dengan benar

Sebelum membahas mengenai cara uninstall program dengan Command Prompt, pengguna terlebih dahulu harus membuka program Command Prompt tersebut. Agar bisa melakukan uninstall menggunakan Command Prompt, pengguna harus menjalankan Command Prompt tersebut sebagai administrator. Untuk mengetahui caranya simak penjelasan berikut!

  1. Melalui menu Start. Cara pertama yang dapat pengguna gunakan untuk membuka Command Prompt adalah dengan melalui menu start. Untuk melakukannya, pengguna cukup membuka menu start, setelah itu buka folder windows system. Pada tulisan Command Prompt klik kanan, dan klik pada opsi run as administrator.
  2. Buka lewat Task Manager. Berikutnya, pengguna juga bisa membuka Command Prompt dengan melalui task manager. Pengguna bisa membuka task manager ini dengan cara menekan tombol Windows dan X secara bersamaan. Nanti disudut kiri, lihat banyak opsi. Pilih saja Command Prompt (Admin)
  3. Melalui Search Box. Selain kedua cara di atas, pengguna juga bisa menggunakan search box untuk membuka Command Prompt. Pengguna hanya perlu mengetik cmd pada bagian search box. Setelah hasil ditampilkan, klik kanan dan jalankan Command Prompt as administrator.

Cara hapus program menggunakan Command Prompt

Setelah menjalankan Command Prompt sebagai administrator dengan menggunakan salah satu cara di atas, kini pengguna sudah bisa menjalankan program Command Prompt tersebut. Untuk melakukan uninstall pengguna perlu memasukkan perintah tertentu dalam bentuk teks.

Untuk mengetahui caranya dan perintah apa saja yang perlu dimasukkan, simak caranya berikut ini:

1. Masukkan perintah Wmic

Untuk mengetahui informasi mengenai sistem informasi yang ada pada komputer pengguna gunakan perintah wmic. Setelah Command Prompt terbuka langsung ketikkan perintah tersebut. Kemudian klik enter untuk melanjutkan.

2. Ketikkan perintah untuk menampilkan daftar aplikasi

Setelah itu masukkan perintah product get name pada Command Prompt dan tekan enter. Tunggu proses berlangsung selama beberapa saat. Cukup lama sih. Bisa beberapa menit. Nanti sehabis itu Command Prompt akan menampilkan semua program yang ada di komputer pengguna.

Cara uninstall program aplikasi dengan CMD win 11, 10, 8, 7

3. Masukkan perintah uninstall

Setelah berhasil menampilkan semua program yang ada di komputer, pengguna dapat memilih program mana yang ingin di uninstall. Untuk melakukan uninstall ini pengguna bisa memasukkan perintah berikut ini, product where name=”….” call uninstall. Sebagai contoh, pengguna bisa menulis product where name=”spotify” call uninstall.

Setelah itu tekan enter. Tunggu hingga muncul pesan untuk konfirmasi pencopotan program. Ketik Y jika pengguna ingin melanjutkan dan ketik N jika ingin membatalkannya. Setelah itu tekan enter lagi dan program akan otomatis di uninstall.

Itu tadi merupakan Cara Uninstall Program dengan Command Prompt yang dapat anda sebagai pengguna lakukan. Program Windows yang satu ini memiliki banyak fungsi menarik yang sangat bermanfaat. Meski demikian hal tersebut jarang diketahui, sebab untuk menggunakan Command Prompt juga pengguna harus mengetahui perintah yang harus dimasukkan untuk melakukan fungsi tertentu.

Tag :

Tutorial

0 Komentar untuk "Cara uninstall program aplikasi dengan CMD win 11, 10, 8, 7"

Back To Top