Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Cara mengatasi USB Flashdisk tidak terdeteksi di menu BIOS saat install ulang

Penyebab dan solusi agar flashdisk terbaca saat install ulang di menu BIOS - Beberapa orang, termasuk anda mungkin pernah mengalami flashdisk tidak terdeteksi setelah install ulang. Tentu saja masalah seperti cukup mengganggu, apalagi jika sedang buru-buru ingin menggunakannya untuk keperluan penting.

Jika sedang mengalami masalah serupa, tidak perlu khawatir, karena cara mengatasi USB flashdisk tidak terdeteksi di menu BIOS saat install ulang yang diberikan oleh admin AmalanKomputer.com dapat dilakukan dengan mudah. Tapi sebelumnya, anda harus mengetahui penyebab mengapa masalah ini dapat terjadi.

Penyebab Flashdisk Tidak Terdeteksi

Flashdisk yang tidak terdeteksi bisa disebabkan oleh beberapa hal yang mungkin beberapa orang seperti anda belum mengetahuinya. Untuk itu, sebelum mengetahui cara untuk mengatasi USB flashdisk tidak terdeteksi di menu BIOS saat install ulang, perlu mengetahui penyebabnya dahulu.

Lantas, apa saja penyebabnya? Dibawah ini terdapat dua penyebab yang paling sering muncul yang bisa kami berikan!

1. Flashdisk sudah rusak.

Kerusakan flashdisk tentu ada beberapa macam, seperti USB nya sudah berjamur, pernah terendam air, terlalu lama berada di tempat lembab atau kebanyakan isi. Hal-hal tersebutlah yang membuat flashdisk tidak lagi bisa terdeteksi.

2. Kesalahan cara format.

Bagi sebagian orang mungkin pernah mencoba memformat flashdisk agar bisa digunakan kembali atau dengan tujuan membersihkan virus. Nah, jika terjadi pemformatan dilakukan dengan sembarangan, maka bisa berakibat pada kerusakan flashdisk.

Cara Mengatasi USB Flashdisk Yang Tidak Terdeteksi

Flashdisk menjadi media yang paling praktis untuk menginstall Windows, baik Windows versi terbaru maupun yang lawas. Namun, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa terkadang flashdisk tidak bisa terbaca atau terdeteksi saat install ulang.

Untuk mengatasi permasalahan yang sementara anda alami, gunakan cara mengatasi USB flashdisk tidak terdeteksi di menu BIOS saat install ulang berikut ini:

1. Lakukan pengecekan file sistem flashdisk

Flashdisk yang tidak terdeteksi saat install ulang dapat disebabkan oleh file sistem flashdisk yang sedang bermasalah. Yang perlu anda lakukan adalah melakukan pengecekan sistem flashdisk terlebih dahulu, jika memang benar terdapat masalah di dalamnya, harus segera diperbaiki.

Untuk pengecekannya sendiri sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah dan tidak membutuhkan banyak waktu. Caranya dapat dilakukan dengan scanning dengan memanfaatkan fitur check disk yang disediakan oleh Windows.

2. Pastikan setting pada BIOS sudah benar

Cara selanjutnya adalah dengan memastikan jika setting pada BIOS telah sesuai. Anda harus memastikan bahwa seluruh pengaturan pada BIOS sudah dilakukan secara benar dan tidak ada kesalahan. Jika anda tidak melakukannya, hal ini bisa saja yang menjadi penyebab mengapa flashdisk tidak terdeteksi ketika anda ingin melakukan install ulang. Jadi sangat penting untuk melakukan hal ini.

Caranya dapat dilakukan dengan mudah yaitu:

  • Colokkan flashdisk di port USB yang sesuai pada perangkat yang sedang digunakan
  • Lakukan restart perangkat tersebut
  • Jika prangkat telah menyala, silahkan tekan tombol ESC/DEL/F2/F12 terus menerus hingga dapat masuk ke menu BIOS secara otomatis.

Anda bisa mengecek apakah pengaturannya sudah benar atau tidak melalui BIOS ini.

3. Download file ISO original

Apabila beberapa cara diatas sebelumnya belum dapat mengatasi masalah flashdisk yang tidak terdeteksi saat install ulang yang saat ini anda alami, maka dapat menggunakan cara yang terakhir. 

Cara ini dilakukan dengan mendownload ulang file ISO original, file ISO yang sudah rusak dapat menyebabkan flashdisk tidak terdeteksi.

File ISO original bisa didownload melalui website resmi Microsoft. Jika anda sudah berhasil mendapatkan file ISO tersebut, Anda kini dapat melakukan flashdisk bootable terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar flashdisk tidak mengalami masalah yang sama seperti yang anda alami sekaang.

Demikianlah ulasan tentang cara mengatasi USB flashdisk tidak terdeteksi di menu BIOS saat install ulang. Namun, apabila cara yang telah disebutkan sebelumnya masih tidak menyelesaikan masalah tersebut, ada baiknya jika anda gunakan flashdisk lainnya saja. Terimakasih.


Acome Speaker Bluetooth 5.0 Jam Alarm LED Display Ultra Bass Garansi Resmi 1 Tahun A5 PESAN DI SHOPEE HANYA 93 RIBU!
Tag :

Solusi

0 Komentar untuk "Cara mengatasi USB Flashdisk tidak terdeteksi di menu BIOS saat install ulang"

Back To Top