Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Cara mount folder menjadi virtual drive di win 11, 10, 8, 7

Tutorial mudah mount folder menjadi virtual drive di pc, komputer, laptop windows 10, 11, 8/8.1 dan 7 - Salah satu fitur yang mungkin belum banyak diketahui oleh pengguna Windows adalah kemampuan Windows untuk membuat virtual drive dari folder. Cara mount folder menjadi virtual drive di laptop ini dapat dilakukan dengan menggunakan perintah subst. Untuk membuatnya, kita bisa menggunakan command prompt.

Dengan membuat virtual drive ini maka partisi yang ada bagian drive akan bertambah. Ketika virtual drive tersebut dibuka maka akan menampilkan isi dari folder yang sudah di mount tersebut. Untuk mengetahui bagaimana cara membuat agar folder jadi virtual drive, simak penjelasan dari admin AmalanKomputer.com berikut:

Cara membuat virtual drive dari Folder

Selain di Windows 10, cara membuat virtual drive ini juga bisa dilakukan pada semua Windows. Untuk membuat virtual drive dari Windows bisa menggunakan folder yang dimiliki. Untuk membuatnya simak penjelasan berikut:

1. Langkah pertama, bukalah command prompt atau cmd kalian

Bagi pengguna Windows yang ingin membuat virtual drive, ini dia cara mount folder menjadi virtual drive di Windows 10. Hal pertama yang perlu pengguna lakukan adalah membuka program command prompt. Untuk membuka program ini bisa dilakukan dengan cara berikut:

  1. Melalui menu start. Pengguna bisa membuka command prompt melalui menu start dengan klik pada folder Windows system. Setelah itu klik pada tulisan command prompt dan program akan terbuka otomatis.
  2. Menggunakan search box. Pengguna juga bisa menemukan command prompt dengan cara mencarinya melalui search box. 
  3. Melalui task manager. Selain kedua cara di atas pengguna juga bisa membuka command prompt melalui task manager. Klik kanan di taskbar kemudian klik task manager. Setelah task manager terbuka kilk menu file dan pilih run new task.

2. Langkah kedua adalah anda bisa memasukkan perintah

Setelah command prompt berhasil terbuka, cara mount folder menjadi virtual drive di laptop selanjutnya adalah memasukkan perintah subst. Perintah yang dimasukkan yaitu subst, huruf untuk nama drive, dan lokasi dari folder yang akan di mount.

Cara mount folder menjadi virtual drive

Sebagai contoh, perintah yang dimasukkan yaitu subst X: "C:\path\to\folder". Setelah itu tekan enter dan virtual drive akan dibuat. Pengguna bisa langsung memeriksa pada Windows Explorer untuk melihat virtual drive yang dibuat tersebut.

Cara mount folder otomatis

Perlu diketahui bahwa virtual drive yang dibuat akan hilang ketika komputer dimatikan. Oleh sebab itu pengguna harus mengulang cara di atas untuk membuat virtual drive lagi. Namun ada cara lebih mudah agar virtual drive otomatis dibuat saat Windows menyala.

Untuk mengetahui caranya, simak penjelasan di bawah ini:

1. Buka Notepad

Untuk membuat file batch yang akan dieksekusi secara otomatis saat Windows menyala, pengguna bisa menggunakan Notepad. Untuk membuka Notepad ini pengguna bisa membukanya melalui search box dengan mencari Notepad. Atau pengguna juga bisa membukanya melalui menu start lalu cari Notepad.

2. Buat File Batch

Setelah notepad terbuka masukkan perintah yang sama seperti cara mount folder menjadi virtual drive di Windows yang kita pakai di cmd tadi. Setelah itu simpan file tersebut. Pengguna bisa menyimpannya dengan nama bebas namun untuk akhiran eksistensi file, diberi .bat.

3. Buka Windows Run

Setelah itu agar file batch dapat dieksekusi menjadi virtual drive setiap kali Windows dinyalakan, langkah berikutnya adalah buka Windows Run dengan menekan tombol Win dan R secara bersamaan. Masukkan shell:startup pada kolom Run. Setelah itu pindahkan file Notepad yang disimpan pada folder tersebut.

Itu tadi adalah cara mount folder menjadi virtual drive di Windows 10. Pengguna bisa melakukan hal tersebut jika ingin membuat virtual drive. Nantinya pengguna bisa membuka folder langsung melalui virtual drive tersebut.

Tag :

Tutorial

0 Komentar untuk "Cara mount folder menjadi virtual drive di win 11, 10, 8, 7"

Back To Top