Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Cara memberi izin program aplikasi yang di blokir Firewall win 10, 11, 8, 7

Langkah-langkah mengizinkan program agar disetujui windows firewall di laptop, pc atau komputer dengan mudah - Windows firewall adalah suatu tool yang memang disediakan oleh microsoft windows untuk mengamankan sistem operasi mereka. Inilah sebabnya mengapa anda menemukan windows firewall ini disemua varian mereka.

Biasanya firewall ini sudah di setting secara otomatis hidup sejak perangkat anda di intall sistem operasi windows. Atau pun anda mengaktifkannya secara manual melalui control panel.

Dengan adanya firewall ini, sistem perangkat anda akan berjalan dengan aman. Firewall ini akan memblokir aktivitas yang tidak biasa, program atau software yang terdeteksi membahayakan hingga akses ilegal yang mencoba merusak sistem perangkat anda.

Aplikasi di blokir Firewall

Namun dibeberapa kasus ditemukan bahwa program pada suatu aplikasi penting yang kita download malah di blokir oleh firewall tersebut sehingga aplikasi tidak berjalan dengan sempurna dengan memunculkan error. Tentu ini menjadi hal yang sangat menjengkelkan bagi anda.

Kasus seperti diatas itu telah beberapa kali admin alami. Misalkan saja ketika ingin menginstall program IDM (Internet download manager) atau malah menginstall XAMPP untuk menjalankan Apache dan mysql. Admin sering mengalami kasus yang seperti anda alami juga. Selalu terjadi pada program-program di aplikasi XAMPP, misalkan Apache.

Cara yang paling umum anda lakukan adalah dengan menonaktifkan sementara firewall tersebut. Tapi beberapa kasus firewall tetap menghapus program tersebut setelah aplikasi berhasil di intall dan firewall diaktifkan kembali. Untuk mengatasi hal tersebut, tenang saja karena admin AmalanKomputer.com akan memberikan solusi kepada anda.

Langkah-langkah mengaktifkan aplikasi melalui firewall

Berikut ini langkah-langkah yang harus anda ikuti:

  • Anda harus membuka terlebih dahulu Control Panel
  • Masuk ke System and Security
  • Di bagian bawah Windows Firewall, klik Allow an app through Windows Firewall
  • Anda akan meliat seluruh program aplikasi dan fitur yang ada.
  • Untuk merubahnya, klik button Change settings.
  • Klik Yes untuk konfirmasi (jika ada)
  • Anda sekarang dapat memilih program mana yang ingin di izinkan aktif
  • Berikan centang pada kolom Private atau Public
    Cara memberi izin program aplikasi yang di blokir Firewall win 10, 11, 8, 7
  • Klik Ok untuk menyimpan

Selesai! Anda sekarang sudah bisa restart perangkat kemudian buka kembali aplikasi atau program yang bermasalah tersebut ketika laptop hidup kembali. Semoga saja program dapat berjalan dengan normal.

Solusi kasih izin software dari pemblokiran windows firewall

Perlu anda berhati-hati ketika ingin mengizinkan suatu program lolos dari pemblokiran firewall. Pastikan jika program tersebut tidak berv!rus komputer. Jika iya, maka sistem laptop anda akan terinfeksi dan akhirnya rusak.

Saran dari admin sih, ketika mendownload suatu aplikasi, download langsung dari situs resminya. Atau di situs yang sudah terpercaya untuk mengurangi tidak adanya file terjangkit v!rus yang ikut terdownload ke laptop anda. Jangan asal mendownload aplikasi karena sekarang sedang merebak ransomware di internet.

Sekian pembahasan admin mengenai tutorial mengizinkan aplikasi dari blokir firewall. Semoga artikel ini dapat membantu anda.

Tag :

Tutorial

0 Komentar untuk "Cara memberi izin program aplikasi yang di blokir Firewall win 10, 11, 8, 7"

Back To Top