Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Mengatasi Aplikasi Instagram di Laptop error tidak bisa dibuka

Tips dan trik cara memperbaiki aplikasi IG yang tidak bisa dijalankan di pc, komputer dan laptop windows 11, 10, 8/8.1 dan 7 - Apakah Anda pernah mendengar jika perangkat laptop anda bisa digunakan untuk membuka aplikasi media sosial, khususnya Aplikasi Instagram?

Benar, Instagram sekarang sudah tersedia di laptop dan bisa dijalankan aplikasnya. Namun demikian sering terjadi beberapa kasus saat kita akan membuka IG tapi mengalami eror. Nah, disini admin AmalanKomputer.com akan memberikan anda cara bagaimana mengatasi aplikasi Instagram di laptop tidak bisa di akses.

Cara mudah atasi IG tak bisa dibuka di laptop

Terkadang ketika kita ingin membuka media sosial melalui laptop maupun PC lain terdapat suatu kendala dimana aplikasi sosmed tersebut mengalami error, sehingga membuat para pengguna merasa jengkel. Agar anda tidak berlama-lama lagi, berikut ini merupakan langkah-langkah untuk dapat mengatasi permasalahan tersebut:

1. Periksa apakah server Instagram sedang down atau error

Pastikan bahwa Anda bukan satu-satunya orang yang mengalami permasalahan ketika Instagram tidak berfungsi meskipun dibuka melalui laptop. Bisa jadi sosial media ini mengalami down hingga seluruh pengguna tidak bisa membukanya.

Anda bisa mengeceknya di google dengan mengetikkan Instagram Error dan melihat berita atau update tweet di twitter yang terbaru beberapa menit yang lalu. Juga anda pastikan membuka instagram melalui aplikasi handphone. Jika tidak bisa, maka bisa dipastikan bahwa server instagram sedang error. Dan bisa saja diikuti oleh Facebook dan WhatsApp, karena mereka satu server.

2. Bersihkan Cache pada perangkat anda

Sesuai dengan fungsinya, cache mampu menyimpan data yang pada penggunaan aplikasi di perangkat anda sehingga pengguna dapat memakainya kembali kapan saja tanpa perlu menggunakan atau merequest besar server lagi.

Namun beberapa kasus juga cache dapat menyebabkan masalah ketika ingin membuka sosial media melalui perangkat lain. Untuk dapat mengatasi permasalahan ini, langkah-langkahnya adalah:

  • Tutup aplikasi Instagram anda
  • Tekan tombol Windows dan R secara bersamaan untuk membuka program Run
  • Ketika %temp% di kotak yang muncul lalu tekan tombol enter
    Aplikasi Instagram di Laptop error tidak bisa dibuka - hapus cache
  • Anda akan melihat semua cache, tekan Ctrl dan A secara bersamaan lalu tekan tombol Delete untuk menghapusnya

Sekarang permasalahan cache sudah bisa diatasi. Jika ada cahce yang tidak bisa di delete, di Skip saja.

3. Tutup lalu buka dan jalankan kembali Instagram

Mengatasi aplikasi Instagram di laptop tidak bisa dibuka adalah dengan menutup kemudian membuka kembali aplikasi instagram yang sedang bermasalah. Cara ini memang hampir sama ketika berada di smartphone. Tapi akan jauh lebih baik jika sebelum membukanya, anda bisa menghapus cache di laptop dulu seperti pada cara ke-2.

Juga anda bisa logout atau tutup dulu aplikasi instagram yang sedang terbuka di handphone kalian. Bisa saja hal ini terjadi bentrok antara dua akses yang sama berjalan pada waktu yang sama dan pada perangkat yang berbeda.

4. Buka aplikasi Instagram melalui Google Chrome

Langkah yang bisa anda lakukan adalah dengan membuka akun Instagram melalui laptop lewat browser Google chrome. Anda harus memeastikan laptop anda terhubung dengan internet yang lancar. Selanjutnya, dibawah ini merupakan langkah-langkah yang bisa anda ikuti:

  • Pertama-tama, anda bisa masuk ke dalam web Instagram terlebih dahulu.
  • Atau anda bisa langsung login ke web instagram melalui link resmi instagram di https://www.instagram.com/accounts/login/
  • Setelah itu masukkan username dan password user kalian
    Aplikasi Instagram di Laptop error tidak bisa dibuka - login instagram melalui browser
  • Klik button Log in untuk masuk.

Sekarang anda sudah bisa menikmati akses instagram melalui laptop.

5. Re-install aplikasi Instagram

Bisa saja permasalahan yang anda hadapi adalah karena aplikasinya yang rusak, instalan tidak lengkap, tidak update atau tidak cocok (competible) dengan laptop atau komputer anda. Anda bisa menghapus atau uninstall instagramnya.

Jika anda sudah berhasil melakukan uninstall, silahkan lakukan instalan kembali. Anda bisa mendownload kembali programnya, atau menggunakan master aplikasi yang pernah anda download. Anda juga bisa mencarinya di windows store.

Aplikasi Instagram di Laptop error tidak bisa dibuka - download kembali

Demikian sekilas informasi mengenai bagaimana cara cepat dan mudah mengatasi aplikasi Instagram di laptop tidak bisa dibuka sama sekali. Lakukan saja semua cara diatas, sampai akun IG tidak mengalami error saat menggunakan PC. Semoga saja dengan mengikuti beberapa solusi yang admin berikan, permasalahan anda bisa teratasi. Sekian...

Tag :

Software

1 Komentar untuk "Mengatasi Aplikasi Instagram di Laptop error tidak bisa dibuka"

Back To Top