Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Mengatasi Unfortunately Has Stopped Working

Cara memperbaiki masalah Unfortunately Has Stopped Working - Ponsel Android yang seringkali disebut sebagai Smartphone, tidak dapat dipungkiri lagi menjadi barang paling dibutuhkan oleh siapapun saat ini. Tapi terkadang anda bisa mendapati terjadinya masalah seperti beberapa aplikasi tiba-tiba telah terhenti sehingga tidak dapat dipakai.

Lalu bagaimana mengatasi permasalahan unfortunately has stopped working ini?

Cara Mudah Mengatasi Aplikasi Tiba-tiba Terhenti

Tak perlu cemas apabila mendapati permasalahan seperti itu pada smartphone karena terdapat beberapa cara dalam memperbaikinya yang akan diberikan oleh Admin AmalanKomputer.com. Ketika anda mendapati keadaan seperti itu, langsung saja ikutilah beberapa tips berikut ini:

1. Melakukan Unroot Smartphone

Rooting pada umumnya dapat dilakukan para pengguna smartphone yang sangat hobi mengakses dan mengotak-atik sistem Android agar bisa lebih optimal dan tanpa terbatas. Tapi tentu saja akan ada dampak atau efek lain apabila terjadi kegagalan yang akan mengakibatkan terjadinya masalah pada aplikasi bawaan.

Pada saat mengalami permasalahan di pengaturan Android setelah melakukan rooting, langkah paling tepat yang perlu anda lakukan adalah dengan unroot smartphone. Cara ini dibeberapa kasus menurut sumber dapat mengembalikan semuanya normal kembali.

2. Paksa dan Hapus Data Pengaturan

Solusi berikutnya yang dapat anda lakukan adalah melakukan penghapusan data pengaturan secara permanen, mulai dari data login, basis data, history, setelan, cache dan lain sebagainya. Berikut ini adalah langkah yang bisa anda ikuti:

  • Pertama, bukalah menu pengaturan terlebih dahulu.
  • Selanjutnya anda bisa masuk setelan tambahan dan pilih manajemen aplikasi.
  • Kemudian cari setelan dan tulisan paksa berhenti ataupun hapus data.

Atau kalau anda pengguna HP Xiaomi cara cepat yang bisa anda lakukan adalah:

  • Di layar utama bisa tap dan tahan lama icon aplikasi
  • Selanjutnya masuk ke Infor apl
  • Kli Penyimpanan sehingga anda akan melihat ukuran data dari Cache dan data aplikasi lainnya.
  • Klik saja paling bawah Hapus data
    Unfortunately Has Stopped Working - hapus data aplikasi
  • Yang terakhir, anda bisa memilih Hapus semua data.

3. Bisa Instal Aplikasi Versi Terbaru

Dengan melakukan update aplikasi pada Google play store bisa menjadi salah satu langkah mengatasi unfortunately has stopped working. Bisa pula melakukan penghapusan aplikasi lalu menginstall kembali aplikasi terbaru.

Biasanya tahapan seperti ini merupakan langkah paling mudah ketika menghadapi permasalahan yang sedang anda alami. Bahkan untuk pengguna android spesifikasi atas aja sering melakukan cara ini.

4. Install Aplikasi Versi Lama

Terjadi error meskipun sudah menggunakan aplikasi baru bisa jadi hal itu disebabkan smartphone oleh ponsel Android Anda tidak mendukung penggunaan fitur terbaru. Jadi anda bisa melakukan install kembali versi lama sehingga tidak akan ada masalah. Beberapa kasus ketika kita mengembalikan versi aplikasi ke varian lama, akan berfungsi dengan normal.

Tapi seperti yang telah diketahui pada Google play store pasti tidak akan memperlihatkan versi lama dari aplikasi yang telah di update. Jadi akan sangat susah jika menemukan suatu aplikasi dari versi lama. Maka dari itu, Anda bisa mencari versi lama melalui internet tapi dengan catatan pastikan jika situs mereka aman.

5. Lakukan Factory Reset

Selanjutnya ada cara terakhir yang sebetulnya hanya bisa dilakukan jika memang semua tahapan diatas masih belum mengatasi unfortunately has stopped working. Sebab cara ini nantinya akan membuat semua data maupun aplikasi menghilang secara permanen. Saran admin, anda bisa melakukan backup semua data di perangkat anda. Jika sudah, berikut beberapa tahapan yang bisa anda lakukan:

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah masuk ke dalam menu setting.
  • Kemudian langsung saja pilih menu back up dan reset atau cadangkan dan atur ulang.
  • Langkah selanjutnya anda bisa pilih menu factory reset.
  • Langsung saja ikuti semua petunjuk atau wizard selanjutnya. Langkahnya cukup mudah.
  • Apabila sudah maka proses dari kembali ke setelan pabrik ini dilakukan.

Bisa dikatakan, menggunakan cara ini mampu membuat smartphone Android jauh lebih ringan pemakaiannya. Tapi yang pasti para pengguna harus rela semua data terhapus secara permanen.

Itulah sekilas informasi yang bisa kami berikan kepada Anda tentang bagaimana cara mengatasi unfortunately has stopped working. Jika pengguna mengalami hal seperti ini maka langsung saja praktekkan semua tahapan di atas, semoga HP Android akan kembali seperti sedia kala

Tag :

Ponsel

0 Komentar untuk "Mengatasi Unfortunately Has Stopped Working"

Back To Top