Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Mengatasi File Excel yang berat dan Lambat/Lemot

Solusi cara memperbaiki masalah File Microsoft Office Excel 2019/2016/2013/2010/2010 yang berat dan Lambat/Lemot - File excel yang mempunyai banyak sheets atau data, biasanya rentan mengalami lemot dan cukup berat saat dibuka. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi file excel yang berat dan lambat/lemot. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

A. Menyelidiki Excel dan Detail File serta Konten

Sebelum mencari cara untuk mengatasi file excel yang berat, alangkah baiknya untuk menyelidiki detailnya terlebih dahulu. Detail file dan konten excel akan mempengaruhi kinerjanya, sepeti lemot atau tidak bisa dibuka.

Hal pertama yang harus Anda cek adalah rumus pada semua kolom dalam file excel. Selanjutnya cek apakah ada berbagai elemen atau objek tersembunyi yang ada pada file tersebut. Hal tersebut dikarenakan, biasanya ada banyak object tersembunyi dalam file excel yang ukuran dan datanya besar.

Periksa pula apakah file tersebut dibuat oleh pihak ketiga atau bukan karena bisa saja fiturnya tidak berfungsi pada saat dibuka dengan excel. Anda juga harus selektif dalam mencari tahu aplikasi yang berkonflik dengan excel agar tidak ada masalah saat membuka file.

B. Mengatasi File Excel yang Berat Berdasarkan Penyebabnya

Ketika ingin mengatasi file excel yang berat dan lambat/lemot, Anda harus mengetahui apa saja penyebabnya. Ada beberapa penyebab file excel menjadi lemot dan harus diatasi sesuai dengan permasalahan tersebut. Berikut cara mengatasi file excel yang berat berdasarkan penyebabnya.

1. Masalah Jaringan

Salah satu penyebab utama dari file excel menjadi lemot adalah mengaksesnya melalui jaringan lokal yang menjadikannya berat saat akan disimpan. Solusinya adalah Anda harus membukanya melalui jaringan lain agar bisa menyimpannya dengan mudah.

2. Disable Animasi

Cara berikutnya untuk mengatasi file excel yang berat adalah menonaktifkan atau mendisable animasi. Caranya adalah membuka menu tools di excel, lalu menuju bagian options dan klik edit. Selanjutnya klik matikan provide feedback with animation agar nantinya file excel tidak terasa berat lagi.

3. Hidden Object

Adanya object tersembunyi yang ada pada file excel bisa membuat file menjadi lambat pada saat dibuka. Langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya adalah menekan F5, lalu klik special yang dimunculkan pada menu dialog. Tahap berikutnya adalah klik object dan hapus yang Anda inginkan.

4. Macros/VBA Code

Apabila Anda menggunakan macros bersamaan dengan excel, maka sebaiknya Anda menonaktifkannya saja. Macros atau VBA code ini bisa dinonaktifkan terutama jika tidak terlalu memiliki peranan penting dalam perhitugan agar file excel tidak lemot.

C. Mengatasi File Excel Berat Karena Banyak Data

Banyaknya data yang ada pada file excel bisa membuatnya lambat dan terasa berat ketika dibuka. Apalagi jika pada file excel tersebut terdapat banyak rumus perhitungan untuk mengurus berbagai transaksi. Langkah pertama untuk mengatasi hal tersebut adalah klik menu options pada bagian fitur file.

Langkah berikutnya adalah klik formula, lalu beri tanda centang pada enable iteratif calculation. Fungsi iteartif calculation sendiri adalah untuk memberikan akses file excel untuk berapa kali bisa menghitung ulang. 

Hal berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah mengetikkan jumlah iterasi pada bagian kolom maksimum iterasi. Jumlah iterasi tersebut akan mempengaruhi berapa waktu yang akan dibutuhkan oleh microsoft excel untuk menghitung lembar kerja pada file tersebut.

Ketika akan mengatasi file excel yang berat dan lambat/lemot, sebaiknya Anda mencari tahu jenis kendalanya terlebih dahulu. Atasi permasalahan tersebut dengan hati-hati agar tidak mengganggu semua file excel yang sebelumnya sudah Anda simpan agar tidak hilang atau terhapus sia-sia.

0 Komentar untuk "Mengatasi File Excel yang berat dan Lambat/Lemot"

Back To Top