Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Cara mengatasi CMD muncul lalu hilang

Mengatasi CMD Muncul Lalu Hilang - Setelah kemarin saya membagikan cara mengatsi cmd error command prompt has benn disabled. Kali ini, saya akan membagikan artikel troobleshoting. Eror pada cmd yang sering kita jumpai adalah cmd muncul lalu hilang sendiri. itu bukan virus, berikut cara mengatasi cmd muncul lalu hilang.

Bagi kalian yang suka menjalankan perintah lewat cmd tentu kesal jika aplikasi cmd tidak berjalan dengan normal. Ada banyak faktor penyebab error pada command prompt (cmd), bisa karena virus, atau keslahan konfigurasi.

Kemunculan CMD yang tiba-tiba dan hilang dengan sendirinya juga membuat pengguna windows yang awam merasa resah. Ada apa dengan komputer saya, apakah terkena virus, ransomware, pasti begitu pikirannya.

Cara mengatasi cmd muncul lalu hilang dengan sendirinya.


A. Hapus Aplikasi yang Tidak Dikenal

Terkadang, kita tanpa sadar menginstall sebuah aplikasi yang kita sendiri tidak tahu fungsinya. Hal tersebut terjadi jika kamu asal download aplikasi dari internet. Aplikasi tersebut ketika kamu install ternyata akan menginstall 1 tambahan aplikasi tanpa kamu sadari.

Cara uninstall aplikasi yang tidak terkenal cukup mudah, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Masuk ke Control Panel
  2. Cari Program and Features
  3. Scroll dan cari aplikasi yang namanya aneh, atau developernya tidak dikenal
  4. Klik kanan lalu pilih uninstall
  5. Reboot komputer kamu

B. Disable Aplikasi Aneh Pada Saat Startup

Tahukah kamu, kamu bisa mengatur aplikasi apa saja yang auto on saat startup windows berlangsung. Semakin banyak aplikasi yang auto on saat startup berlangsung, maka booting juga akan semakin lama. Selain itu, beberapa aplkasi yang berjalan di latar belakang saat startup bisa memberikan masalah.

Maka kamu perlu mengatur aplikasi apa saja yang boleh berjalan secara otomatis saat menghidupkan komputer. Berikut cara melakukannya.

  1. Klik kanan pada taskbar
  2. Pilih task manager / manajer tugas
  3. Pilih dan masuk ke tab Startup atau Pengaktifan
  4. Lalu pilih aplikasi yang dirasa tidak pernah diinstall. Klik kanan kemudian ubah ke Disable
  5. Maka jika kamu restart komputer kamu, aplikasi yang sudah di nonaktifkan tidak akan berjalan otomatis dan mempengaruhi aplikasi lain.

C. Disable Service yang Mencurigakan

Aplikasi CMD yang tiba-tiba muncul lalu hilang sendiri bisa jadi karena adanya aktivitas dari aplikasi lain yang mencoba mengakses command prompt. Aktivitas tersebut tentu sangat berbahaya jika datang dari aplikasi atau service yang tidak jelas dan mencurigakan.

Kamu bisa mengecek service apa saja yang sedang berlangsung saat ini. Dan kamu bisa menghentikan service tersebut secara permanen jika dirasa memberikan masalah. Berikut langkah-langkah disbale service yang mencurigakan.

  1. Masuk ke program RUN dengan cara tekan tombol windows dan R secara bersamaan.
  2. Di kotak run yang muncul, ketikkan msconfig lalu tekan enter
  3. Setelah terbuka, pilih opsi services
  4. Scroll ke bawah dan cari aplikasi yang mencurigakan lalu klik disable / stop
  5. Maka saat itu juga service tersebut berhenti

D. Bersihkan Registry / Regedit

Registry merupakan basis data tempat pengaturan yang bersangkutan dengan system windows tersimpan. Bisa saja aplikasi yang mencurigakan tersebut berhsil mengubah pengaturan di resgistry tanpa kamu sadari.

Untuk itu kamu perlu menghapus regustry yang kiranya tidak berguna. Namun, kamu tidak bisa sembarangan merubah registry, karena itu berkaitan dengan system, sekali salah, bisa-bisa kamu harus install ulang windows

Saya sarankan gunakan aplikasi antivirus untuk menghapus registry yang tidak perlu. Kamu bisa menggunakan CCleaner. 

Dengan beberapa cara diatas, saya harap masalah cmd yang muncul dan hilang sendiri bisa teratasi. Jika keempat cara diatas tidak bisa memperbaiki error pada cmd windows, maka jalan satu-satunya adalah dengan install ulang windows. Jangan lupa backup semua data sebelum install ulang windows.


Acome Speaker Bluetooth 5.0 Jam Alarm LED Display Ultra Bass Garansi Resmi 1 Tahun A5 PESAN DI SHOPEE HANYA 93 RIBU!
Tag :

Solusi

0 Komentar untuk "Cara mengatasi CMD muncul lalu hilang"

Back To Top