Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Mengatasi File Excel yang Tidak Bisa Dibuka

Solusi cara memperbaiki File Microsoft Office Excel 2016/2013/2010/2007 yang Tidak Bisa Dibuka - Salah satu permasalahan yang seringkali dihadapi saat menggunakan excel adalah file tiba-tiba tidak bisa dibuka atau terkunci tanpa Anda tahu penyebab pastinya. Berikut ini adalah ulasan mengenai beberapa cara mengatasi file excel yang tidak bisa dibuka dan patut Anda coba.

A. Menggunakan Fitur Open and Repair

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah menggunakan fitur open dan repair dari program excel. Langkah pertamanya adalah membuka software microsoft excel terlebih dahulu, lalu pergilah ke menu file.

Tahapan berikutnya adalah klik pada pilihan open dan tekan nama file dengan format excel yang ingin dibuka. Jangan lupa untuk mengganti pilihan open yang ada pada menu drop down di pojok kanan bawah ke pilihan open dan repair.

Anda hanya perlu menunggu beberapa saat agar microsoft excel menyelesaikan proses recovery hingga file tersebut bisa dibuka. Pada umumnya, file excel yang awalnya tidak bisa dibuka dapat diakses kembali dengan cara ini apabila kerusakannya terbilang tidak parah.

B. Membuka File Excel dengan Safe Mode

Alternatif lainnya agar file excel bisa dibuka kembali adalah mematikan add-ins excel dan mengaksesnya menggunakan safe mode. Pertama tekan tombol windows dan R secara bersamaan atau membuka run.

Langkah berikutnya adalah ketikkan excel.exe /safe pada kotak dialog run yang sudah terbuka, lalu klik ok. Berikutnya excel akan terbuka secara normal dan bisa diedit sesuai dengan tambahan yang sudah diberikan sebelumnya.

Cara ini terbilang cukup mudah, namun Anda harus menunggu beberapa saat sampai run bisa mengakses excel. Namun, hal yang penting untuk Anda ketahui adalah cara ini tidak selalu berhasil untuk mengatasi permasalahan pada file excel yang tidak bisa dibuka.

C. Menggunakan Program Repair atau Recovery Third Party

Memanfaatkan program repair atau recovery third party adalah rekomendasi cara mengatasi file excel yang tidak bisa dibuka selanjutnya yang bisa Anda coba. Program repair ini cukup tricky digunakan, sehingga Anda harus menggunakannya dengan hati-hati agar tidak ada hadware, virus, dan malware yang ikut terinstal.

Ada beberapa program recovery third party yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah file excel, seperti Kernel excel repair software misalnya. Software tersebut berguna untuk memperbaiki kembali file excel yang rusak dan tidak bisa buka.

Program berikutnya adalah Disk Internals Excel Recovery untuk memperbaiki file excel yang rusak dalam waktu singkat tanpa dibatasi ukuran. Anda juga bisa menggunakan aplikasi EaseUS Repair Tools untuk memperbaiki file dengan preview real time agar bisa dibuka kembali.

D. Mengubah Ekstensi File Excel

Cara terakhir untuk mengatasi file excel yang tidak bisa dibuka adalah dengan mengubah ekstensinya melalui softwarenya. Bukalah microsof excel kemudian pilih menu open dan klik pada opsi export. Anda bisa langsung klik pada pilihan change file type, kemudian pilih file yang ingin dibuka.

Buka folder tempat menyimpan file tersebut, lalu klik tools dan tekan pada bagian tab view. Berilah tanda centang pada kotak yang berisi pilihan file name extension. Langkah terakhir yaitu klik file excel yang sebelumnya tidak bisa Anda buka.

Anda bisa langsung mengubah ekstensi file tersebut sesuai dengan format yang kompatibel pada microsoft excel di komputer. Cara ini bisa dilakukan dengan cukup singkat dan tidak menimbulkan resiko adanya virus yang akan masuk ke komputer.

Cara mengatasi file excel yang tidak bisa dibuka yang telah disebutkan bisa Anda sesuaikan dengan kondisi perangkat Anda. Pilihlah cara yang dirasa paling efektif, dengan begitu file exel bisa segera Anda buka.


Acome Speaker Bluetooth 5.0 Jam Alarm LED Display Ultra Bass Garansi Resmi 1 Tahun A5 PESAN DI SHOPEE HANYA 93 RIBU!
0 Komentar untuk "Mengatasi File Excel yang Tidak Bisa Dibuka"

Back To Top