Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Cara mengatasi mouse keras dipencet, diklik, ditekan dan discroll

Solusi memperbaiki mouse keras dipencet, diklik, ditekan dan discroll - Ketika Anda mengalami mouse yang susah dipencet, jangan buru-buru membuang mouse tersebut. Terdapat beberapa cara mengatasi mouse keras dipencet yang bisa Anda coba. Jadi, mouse yang sulit dipencet, belum tentu mengalami kerusakan parah.

Mungkin yang sering Anda alami adalah kesulitan dalam menekan tombol klik mouse atau pada bagian scroll mouse. Untuk mengatasi masalah tersebut, berikut adalah cara-cara yang bisa Anda terapkan.

Bersihkan Tombol / Switch Mouse yang kotor

Penggunaan mouse dalam waktu yang lumayan lama akan membuat bagian-bagiannya kotor akibat debu. Debu yang menempel bisa saja menyebabkan mouse sulit ditekan, sehingga saklar tombol tidak bisa mengirim sinyal pertintah. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa mencoba untuk membersihkan kabelnya.

Untuk membersihkan bagian dalam mouse, lakukan pembongkaran terlebih dahuhlu. Gunakan cairan non konduktif seperti alkohol. Gunakan tisu untuk membalur alkohol tersebut ke bagian-bagian yang sulit dijangkau. Pastikan cairan tersebut dapat membersihkan bagian yang tidak bisa dipencet.

Jika dirasa sudah bersih, keringkan dulu mouse tersebut. Jangan sampai ada cairan alkohol atau kotoran yang masih menempel. Setelah kering, tutup kembali mouse dengan casing, dan coba hubungkan dengan laptop kembali. 

Lakukan Pengecekan Pada Casing

Untuk mengatasi masalah mouse yang keras ketika dipencet, Anda bisa membongkar bagian penutup atau casing mouse, coba untuk melakukan test mouse. Lihat apakah tombol klik pada mouse bisa bekerja saat penutupnya dilepas. Hal ini untuk memastikan apakah ada gangguan pada casing mouse.

Penyebabnya bisa dikarenakan kondisi casing mouse kurang rapat atau bisa juga diisebabkan kerena ada kotoran yang menempel di bagian tersebut. Namun, menggunakan mouse tanpa penutup dianggap cukup membahayakan karena saklar bisa konslet jika ada gangguan listrik.

Periksa Bagian Scroll Mouse

Cara mengatasi mouse keras dipencet beriktunya adalah memeriksa bagian lain mouse seperti scroll atau wheel. Bagian-bagian lain yang terganggu bisa saja mempengaruhi kinerja bagian ktombol klik pada mouse. 

Pertama-tama siapkan beberapa peralatan yang dibutuhkan. Peralatan tersebut antara lain toolset termasuk obeng yang sesuai dengan skrup mouse, kuas, tang, alkohol, dan dust remover. Langkah awal yaitu bongkar seluruh bagian mouse dengan obeng hingga semua kompone  bisa diakses.

Setelah penutup mouse terbuka, bersihkan semua bagian dari debu dan kotoran yang menempel. Gunakan alkohol dan kuas untuk membersihkannya. Jika ada, gunakan bantuan dust remover agar lebih bersih, atau bisa meniup kotoran yang menempel dengan kencang. 

Setelah itu siram bagian rotator scroll pada mouse dengan alkohol kemudian lap dengan tisu. Jika semua bagian mouse sudah bersih, biarkan mengering terlebih dulu. Bersihkan kembali semua bagian mouse untuk memastikan keadaannya benar-benar bersih dari kotoran.

Langkah yang terakhir yaitu rapatkan bagian rotator mouse menggunakan tang. Hati-hati saat merapatkannya, jangan sampai patah. Jika sudah, Anda bisa menutup mouse dengan casingnya lagi. 

Mengganti Mouse

Apabila semua cara di atas masih tidak bisa mengembalikan fungsi mouse dengan normal, kemungkinan besar ada kerusakan pada switch atau tombol mouse tersebut. Solusinya yaitu mengganti tombol witch tersebut dengan yang baru. 

Cari ukuran tombol switch yang cocok saat dipasangkan. Anda bisa membelinya di toko komputer terdekat atau membeli mouse lain yang baru saja. 

Penjelasan mengenai cara mengatasi mouse keras dipencet di atas merupakan cara alternatif yang bisa Anda lekukan. Jika salah satu cara di atas masih belum berhasil, maka Anda bisa mengganti dengan mouse yang baru.


Acome Speaker Bluetooth 5.0 Jam Alarm LED Display Ultra Bass Garansi Resmi 1 Tahun A5 PESAN DI SHOPEE HANYA 93 RIBU!
Tag :

Mouse

0 Komentar untuk "Cara mengatasi mouse keras dipencet, diklik, ditekan dan discroll"

Back To Top