Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Cara Mengatasi Mouse USB Tidak Berfungsi

Solusi memperbaiki Mouse USB Tidak Berfungsi pada laptop, komputer, dan pc windows 10, 8/8.1 dan 7 - Mouse merupakan perlengkapan komputer yang fungsinya untuk menggerakkan kursor melalui sistem optik yang ada didalamnya. Mouse yang rusak biasanya ditandai dengan kursor yang tidak bergerak atau mouse tidak menyala sama sekali. Berikut ini ada beberapa tips mengatasi mouse USB tidak berfungsi. 

Cabut Kabel Mouse Kemudian Pasang Lagi

Cara ini bisa Anda coba apabila mouse tidak mengalami kerusakan. Silahkan cabut kabel mouse dari laptop kemudian pasangkan kembali. Biasanya jika mouse tidak berfungsi karena posisi port yang kurang pas, maka bisa membantu membuat posisi port tersebut lebih pas. 

Menginstal atau mengupdate driver

Hardware tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik tanpa bantuan driver. Tetapi jika mouse Anda menyala tapi kursor tidak bergerak, maka install driver yang baru atau melakukan update pada driver tersebut. Pemeriksaan tersebut dapat Anda lakukan pada Device Manager pada System Properties. 

Melakukan konfigurasi BIOS

BIOS laptop sangat mempengaruhi penggunaan mouse pada komputer Anda. Silahkan cek pengaturan BIOS, jika ditemukan fitur disable atau unable silahkan hidupkan kembali. Ketika dengan cara tersebut mouse aktif kembali, maka memang masalahnya hanya terletak pada setting BIOS tersebut.

Menggunakan USB Hub atau Conventer 

Mengatasi mouse USB tidak berfungsi bisa dilakukan dengan menggunakan USB hub atau conventer hub. Dengan menggunakan solusi tersebut, maka port USB yang tidak cocok dapat terdeteksi secara langsung pada laptop. Conventer USB bisa Anda dapatkan melalui toko online maupun offline.

Memindah Port USB

Tips ini dapat dilakukan jika kursor pada laptop tidak berjalan. Bisa saja hal tersebut disebabkan karena port USB pada laptop mengalami kerusakan. Port USB yang rusak tidak dapat berfungsi sama sekali sehingga tidak dapat menerima data dalam bentuk apapun. 

Oleh sebab itu biasanya pada komputer disediakan beberapa port USB yang bisa digunakan saat salah satunya rusak. Coba pindah USB mouse pada bagian lain kemudian lihat efeknya. 

Memperbaiki Mouse dengan Hardware and Devices Troubleshooter

Cara yang satu ini bisa diterapkan bagi Anda yang memiliki laptop dengan sistem windows 10, 8/8.1 dan 7. Pada beberapa varian windows terdapat troubleshooter yang dapat digunakan untuk memperbaiki dan melakukan identifikasi masalah mouse dengan cepat. Keberhasilan pada fitur troubleshooter memang bergantung pada masalahnya. 

Silahkan tekan tombol Windows Key dan R secara bersamaan sehingga terbuka tool Run. Selanjutnya ketik msdt.exe -id DeviceDiagnostic. Setelah itu klik button Next dan akan ada intruksi yang bisa langsung Anda ikuti. Fungsi ini akan mencari kesalahan atau kerusakan pada driver lalu memperbaiknya secara otomatis. Windows 10 akan mendeteksi masalah mouse dan mencoba untuk menawarkan bantuan.

Melakukan Pembongkaran Pada Mouse

Membongkar mouse menjadi altenatif yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi mouse USB tidak berfungsi. Tetapi jika Anda tidak terlalu memahaminya, sebaiknya bawa langsung ke servise center. Hal tersebut dikarenakan pembongkaran yang ceroboh akan membuat mouse rusak permanen. 

Membongkar mouse tersebut tujuannya untuk memeriksa apakah ada optik atau kabel USB yang rusak. Tapi jika Anda ingin mencobanya sendiri tidak masalah, silahkan pelajari cara menyambung mouse. Cara ini memang agak sulit, tapi jika dikerjakan dengan tepat akan mengatasi masalah mouse rusak. 

Segera Beli Mouse Baru

Mouse memang salah satu komponen komputer yang rentan mengalami kerusakan, oleh sebab itu pengguna harus lebih hati-hati dalam menggunakannya. Jika semua cara di atas tidak memberikan efek, maka sebaiknya Anda membeli mouse baru agar bisa segera digunakan. 

Pilihlah mouse yang berkualitas tapi tetap terjangkau, jangan lupa untuk mencoba memasangnya dulu pada laptop. Hal tersebut untuk memastikan kabel mouse dapat tersambung dan berguna menggerakan kursor pada laptop.

Tag :

Mouse

0 Komentar untuk "Cara Mengatasi Mouse USB Tidak Berfungsi"

Back To Top