Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Cara mengatasi keyboard laptop lengket

Solusi memperbaiki keyboard laptop, komputer dan pc yang lengket - Keyboard laptop rentang mengalami masalah, seperti tiba-tiba lengket saat digunakan. Untuk mengatasi keyboard laptop lengket ada baberapa cara yang bisa Anda gunakan. Penasaran apa saja caranya? Simak dalam penjelasan berikut.

Memeriksa Num Lock

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi keyboard yang lengket adalah memeriksa num lock pada keyboard laptop terlebih dahulu. Cara ini perlu dilakukan karena seringkali keyboard laptop menjadi lengket karena ketidaksengajaan.

Anda harus mengecek apakah num lock pada keyboard laptop tersebut dalam kondisi aktif atau tidak. Apabila num lock ini adalah kondisi masih aktif, maka Anda harus segera mencoba untuk menonaktifkannya.

Num lock dalam kondisi aktif membuat karakter yang akan muncul berbeda ketika Anda menekan tombol keyboard. Cara menonaktifkan num lock ini adalah dengan menekan tombol Fn dan Numlk secara bersamaan. 

Membersihkan dari Debu dan Kotoran

Cara mengatasi keyboard laptop lengket berikutnya adalah membersihkannya dari debu dan kotoran. Salah satu permasalahan utama mengapa keyboard laptop menjadi lengket adalah bisa jadi ada debu atau kotoran yang terselip di antara tombol-tombol. Hal tersebut akan membuat komponen menjadi tertutupi.

Permasalahan ini sangat mungkin terjadi, apalagi jika usia laptop Anda sudah tua dan keyboardnya tidak pernah dibersihkan. Cara membesihkan bagian dalamnya adalah dengan melepas semua tombol pada keyboar tersebut.

Selanjutnya bersihkan papan sirkuit dengan cotton buds atau kain halus yang sudah diberi sedikit alkohol agar bisa mengangkat noda. Namun, Anda harus tetap hati-hati agar tidak merusak tombol keyboard saat berusaha melepasnya.

Sebelum melepas seluruh tombol, disarankan untuk memfoto keyboard terlebih dahulu dengan tujuan agar tidak kesulitan saat memasangnya kembali. Disarankan juga untuk tidak menggunakan air karena dikhawatirkan akan merusak komponen keyboard di bagian dalam.

Menggunakan On-Screen Keyboard

Apabila keyboard laptop benar-benar tidak bisa digunakan atau lengketnya terbilang parah, maka cobalah untuk menggunakan papan ketik on screen. Cara untuk memunculkannya yaitu dengan menekan tombol start, lalu program, ketuk bagian accesories, tekan accessibility, dan pilih on screen keyboard.

Fungsi dari papan ketik on screen ini sama seperti keyboard bawaan yang ada di laptop. Namun, untuk menggunakannya Anda harus mengarahkan kursor terlebih dahulu agar bisa mengklik tombolnya satu persatu.

On screen keyboard ini adalah salah satu alternatif yang bisa digunakan apabila laptop Anda adalah tipe touchscreen. Namun, jika laptop belum mendukung fitur touchcreen, maka Anda harus sabar untuk mengarahkan mouse atau touchpad ke on screen keyboard.

Mengganti Keyboard Bawaan

Hal terakhir yang bisa dilakukan untuk mengatasi keyboard lengket adalah menggantinya. Anda bisa mengganti keyboard bawaan laptop apabila permasalahan ini sudah parah. Saat ini banyak tersedia keyboard sesuai dengan tipe laptop yang bisa didapatkan di tukang servis.

Ada dua tipe keyboard pengganti yang bisa dipilih, yaitu berupa papan ketik tambahan atau sama sepeti bawaan laptop. Apabila Anda tidak ingin keyboard yang lebih simpel, maka bisa menggantinya dengan papan ketik dengan model serupa bawaan laptop.

Anda juga bisa mengganti keyboard ini dengan papan ketik yang menggunakan usb atau wireless. Jenis keyboard tambahan yang satu ini bisa Anda pasangkan atau putuskan dengan mudah ke laptop sewaktu-waktu.

Mengatasi keyboard laptop lengket membutuhkan ketelitian agar Anda tidak merusak komponen lain pada perangkat. Sesuaikan cara di atas dengan kondisi laptop Anda agar laptop bisa kembali normal dan dapat digunakan lagi.

Tag :

Keyboard

0 Komentar untuk "Cara mengatasi keyboard laptop lengket"

Back To Top