Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Cara mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi sama sekali

Memperbaiki keyboard laptop asus, acer, lenovo, hp yang tidak berfungsi - Keyboard laptop yang macet bisa disebabkan oleh banyak faktor, misalnya ketumpahan air, banyak tumpukan debu, dan beberapa penyebab lain. Jika kondisi tersebut dibiarkan, tentu akan membuat keyboard tidak dapat difungsikan. Nah, berikut adalah cara mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi sama sekali. 

Restart Laptop

Melakukan restart pada laptop biasanya cukup efektif untuk menyelesaikan permasalahan keyboard eror. Jika laptop masih tidak merespon, maka coba menekan tombol power lebih lama. Tunggu beberapa saat hingga laptop Anda menyala, kemudian cek lagi keyboard tersebut. 

Lakukan System Restore

Jika restart laptop tidak memberikan efek apapun pada keyboard, Anda bisa mencoba untuk melakukan system restore. Caranya pilih start menu kemudian ketik Recovery, Anda bisa melakukan cara ini pada laptop yang memakai program windows 7 dan windows 8. 

Jika pengguna memakai windows XP, maka cara yang dilakukan untuk system restore agak sedikit berbeda. Langkahnya yaitu, Anda bisa menekan start, kemudian pilih All Programs, pilih Accessories baru selanjutnya pilih System Tolls. Pada halaman berikutnya silahkan pilih system restore dan coba periksa perubahannya.

Periksa Pengaturan Keyboard

Selain tidak bisa digunakan, terkadang ada model keyboard yang tiba-tiba mengetik dengan sendirinya, oleh sebab itu Anda perlu memeriksa bagian pengaturan keyboard. Langkah untuk memeriksa pengaturan keyboard yaitu silahkan pergi ke bagian start menu, kemudian pilih fitur control panel.

Selanjutnya pilih ease acces kemudian klik bagian tombol make the keyboard easier to use. Langkah terakhir yaitu set up filter key dan pilih uncheck all.

Kalau kalian pengguna windows 7 dan 8/8.1, masuk ke Contorl panel lalu ke Ease access. Silahkan klik tulisan Change how your keyboards works dan masuk ke set up filter key. Lihat dan ikuti pengaturan seperti gambar dibawah:

Jangan lupa untuk mengklik button Appy lalu OK jika sudah selesai. Setelah selesai mengikuti langkah di atas, kemudian coba periksa apakah keyboard laptop sudah kembali normal atau tidak. Jika keyboard laptop tetap tidak bisa digunakan, maka nonaktifkan menu Sticky Keys pada menu yang sebelumnya dilakukan.

Cek Tombol Num Lock

Cara mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi sama sekali berikutnya adalah dengan melakukan pemeriksaan pada tombol NumLock. Kesalahan tersebut biasanya disebabkan karena pengaktifan fitur Num Lock yang terdapat pada keyboard. 

Tombol tersebut berfungsi untuk mengkonversi keyboard utama menjadi keyboard numerik, sehingga saat diaktifkan sebagian keyboard laptop tidak berfungsi dengan baik. Untuk mengatasi masalah tersebut, tekan tombol Fn dan Numlk secara bersamaan. Tetapi biasanya cara ini bergantung pada model dan jenis keyboard. 

Perbaiki Driver Keyboard

Penyebab keyboard laptop tidak berfungsi dengan baik biasanya karena terjadi error pada bagian driver. Hal tersebut umum terjadi saat Anda menginstal software yang ada virus di dalamnya. Lakukan pengecekan pada Device Manager di bagian keyboard selanjutnya cari tanda segitiga kuning.

Jika menemukan tanda tersebut, artinya driver keyboard yang Anda gunakan memang mengalami masalah. Solusi yang dapat Anda lakukan adalah mendownload dan install driver baru pada laptop melalui website resmi merk laptop tersebut. 

Gunakan Keyboard Portable

Cara ini sangatlah mudah, Anda cukup menyambungkan kabel USB keyboard pada laptop yang akan digunakan. Keyboard ini akan berfungsi sebagai pengganti keyboard bawaan laptop yang tidak bisa digunakan. 

Selain keyboard USB, Anda juga bisa menggunakan keyboard wireless yang fleksibel dan bisa digunakan jarak jauh tanpa menggunakan kabel.

Pakai On-Screen Keyboard

Cara mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi sama sekali bisa dengan memakai On Screen Keyboard. Tidak perlu menginstal aplikasi, Anda cukup masuk ke Start Menu, kemudian pilih program dan selanjutnya klik accessories. Setelah itu klik Accessibility dan pilih On Screen Keyboard

Setelah mengikuti tahapan tersebut, maka akan muncul On Screen Keyboard pada layar laptop. On Screen Keyboard tersebut dapat digunakan sebagai keyboard laptop pada umumnya. Hanya saja pada On Screen Keyboard perlu menggunakan Mouse. 

Tag :

Keyboard

0 Komentar untuk "Cara mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi sama sekali"

Back To Top