Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Cara mengatasi mouse bergerak sendiri

Solusi memperbaiki mouse laptop asus, acer, lenovo, hp bergerak sendiri - Pernah mengalami kursor laptop tiba-tiba bergerak sendiri? hal tersebut dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Masalah tersebut pastinya sangat menganggu dan membuat pekerjaan Anda terhambat. Untuk mengatasi mouse bergerak sendiri, berikut adalah cara-cara yang bisa Anda gunakan. 

Merubah Setting Touchpad Laptop yang Bersifat Sensitif


Penyebab kursor laptop bergerak sendiri bisa dikarenakan sensitivitas yang terlalu tinggi atau karena terpencet oleh kombinasi panah dan shortcut mouse. Cara untuk merubah setting pada touchpad laptop yang bersifat sensitif tersebut bisa dilakukan dengan mudah. 

Silahkan masuk pada bagian control panel (khusus untuk windows 7, windows 8 dan windows XP). Selanjutnya pilih menu option dan ketikkan saja mouse pada bagian search pencarian. Langkah berikutnya silahkan pilih mouse properties

Turunkan Double Click Speed menuju arah Slow dengan tujuan untuk mengurangi kecepatan serta sensivitas pada laptop. Jika tahap tersebut telah selesai, selanjutnya klik OK.

Menggunakan Charger Laptop Original


Jika mouse sering bergerak sendiri saat laptop di charger maka penyebab dari masalah tersebut bisa dikarenakan konslet listrik. Konslet terjadi karena aliran listrik berlebih mengaliri touchpad pada bagian monitor. Oleh sebab itu saat mouse dipegang oleh pengguna akan menimbulkan getaran arus listrik. 

Untuk mengatasi mouse bergerak sendiri yang disebabkan oleh masalah tersebut, maka solusi yang dapat dilakukan yaitu dengan menggunakan charger original. Hal tersebut dikarenakan output listrik pada charger original tidak akan membebani sistem laptop.

Menggunakan Mouse Keyboard dari Vendor


Dengan menggunakan aplikasi mouse dan keyboard navigation yang berasal dari vendor laptop diharapkan dapat membantu masalah mouse laptop yang sering bergerak sendiri. Aplikasi ini bisa Anda dwonload langsung pada website resmi merk laptop yang digunakan. 

Ketika Anda telah memasuki website, selanjutnya lakukan pencarian Hotkey Driver atau Touchpad Driver. Segera download dan install aplikasi ini pada laptop untuk dapat membantu memperkecil malfungsi pada cursor touchpad.

Menginstal Ulang Driver Pada Kursor


Solusi yang dapat dilakukan ketika Anda sudah menginstal driver mouse tetapi masih terjadi eror, yaitu dengan uninstall driver mouse tersebut. Cara menginstal driver mouse bisa dilakukan seperti uninstall aplikasi pada umumnya. Anda hanya perlu masuk pada bagian Device Manager dengan menekan tombol Windows dan X secara bersamaan, pilih device manager.

Selanjutnya akan muncul jendela Device Manager. Langkah selanjutnya pilih Mice and other device pointing. Langkah terakhir anda bisa menyoroti driver kursor yang terinstall kemudian klik kanan dan pilih uninstall. Dalam kasus admin, yang terinstall adalah HID-compliant mouse. Setelah tahap tersebut selesai, restart laptop sebentar dan hidupkan kembali untuk memastikan tidak terjadi eror kembali.

Menggunakan Alas Mouse yang Medannya Rata

Cara mengatasi mouse bergerak sendiri dapat dilakukan dengan memakai alas rata di bawah mouse. Mengapa hal tersebut perlu dilakukan? karena permukaan alas mouse yang tidak rata menyebabkan sensor mouse mengalami kendala dalam menjalankan fungsinya. 

Hindari juga memakai alas mouse yang terbuat dari kaca atau bahan busa. Sebaiknya pakai alas mouse dari bahan kayu, kertas atau keramik. 

Posisikan Kabel Mouse Dengan Benar

Kabel pada mouse yang terjepit dapat menganggu pergerakan kurson laptop. Kabel tersebut berfungsi untuk melakukan transfer perintah dari mouse pengguna ke laptop yang dioperasikan. Kebiasaan kurang tepat tersebut jika dibiarkan akan menyebabkan kerusakan permanen pada mouse.

Nah demikian pembahasan mengenai solusi untuk mengatasi masalah mouse bergerak sendiri pada laptop yang bisa Anda coba. Terkadang hal yang Anda anggap sepele bisa menjadi penyebab perangkat mouse mudah rusak. Oleh sebab itu, sebaiknya gunakan dan simpan mouse dengan cara yang tepat.

Tag :

Mouse

0 Komentar untuk "Cara mengatasi mouse bergerak sendiri"

Back To Top