Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Cara mengatasi laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup

Solusi cara memperbaiki laptop tidak bisa hidup tapi lampu power tetap nyala - Kini, laptop telah menjadi salah satu bagian yang sangat penting bagi tiap orang. Terlebih lagi bagi para mahasiswa, pekerja kantoran, pebisnis, dan lain sebagainya. Sayangnya, beberapa waktu, Anda pasti pernah merasakan kendala yang cukup menjengkelkan. Terutama ketika sedang memiliki deadline yang benar-benar tidak bisa ditunda. Misal, laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup. Di mana, permasalahan satu ini pasti cukup membingungkan.

Mengapa bisa tidak menyala, padahal lampu powernya hidup? Sehingga tak jarang membuat Anda dilanda dengan rasa bingung. Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Mungkin, di antara Anda ada yang pernah mengalaminya.

Ketika mengalami berbagai kendala, cobalah untuk tetap tenang. Karena terkadang, rasa khawatir Anda yang terlalu berlebihan bisa membuat suasana menjadi lebih rumit. Sebab, hal ini bisa saja karena laptop Anda tengah ngambek. Yang mana, kondisi ini tidak selamanya menandakan bahwa banyak komponenya yang telah uzur, atau bahkan rusak total. Jadi, jangan terburu-buru membawanya ke tukang service.

Pada umumnya, laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup ini sangat erat kaitannya dengan baterai dan dayanya. Berikut beberapa cara mengatasi laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup yang bisa Anda coba.

Cara memperbaiki laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup


1. Cek baterainya

Cara pertama adalah lakukan pengecekan terhadap baterainya. Karena matinya laptop Anda bisa saja karena baterainya sudah habis. Agar mengetahui penyebabnya, maka cobalah untuk melakukan pengisian baterai terlebih dahulu. Yakni dengan menghubungkan antara laptop dengan adaptor listrik.

Jika ternyata setelah beberapa menit masih belum juga hidup. Anda bisa diamkan saja hingga beberapa menit. Karena bisa saja, baterai laptop tersebut benar-benar kosong kan? Sehingga, ia membutuhkan waktu yang lumayan lama sedikit untuk mengisi baterai agar bisa dinyalakan kembali. Namun, jika ternyata tetap tidak juga bisa menyala, maka hal ini mengindikasikan bahwa baterai laptop tersebut sedang bermasalah, sehingga meski disservice ke dokternya.

2. Processor bermasalah

Dalam sebuah laptop atau computer, processor merupakan komponen yang paling utama dan sangat penting. Hal ini karena ia diibaratkan sebagai otaknya komputer. Sehingga, ketika prosesornya sampai bermasalah, tentu bisa membuat laptop Anda hang, tidak bisa hidup walaupun lampu powernya tetap hidup sebagaimana biasanya.

Cara mengatasi laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup satu ini bisa dengan membongkar laptop, lalu membersihkan debu yang ada. Lalu, buka processornya, dan perhatikan di bagian pasta processor. Jika kondisinya sudah tidak begitu baik, maka segera ganti.

3. Memperbaiki RAM

Permasalahan laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup juga bisa dikarenakan adanya kerusakan pada bagian RAM laptop. Ketika laptop Anda hanya memperlihatkan layar ngeblank alias hitam ketika dihidupkan, sementara mesinnya berjalan sebagaimana biasanya, maka ini bisa saja dikarenakan adanya kerusakan pada RAM nya.

Biasanya, jika kondisi ini belum fatal, RAM nya hanya perlu dibersihkan atau perlu diperbaiki posisinya. Maka satu-satunya solusi adalah dengan membongkarnya dahulu, kemudian ketatkan kembali, dan jangan lupa untuk membersihkan bagian-bagian yang ada debunya.

Namun, pastikan untuk membersihkannya dengan menggunakan alat khusus. Yaitu bahan yang terbuat dari kain halus. Kemudian, pasang lagi, dan langsung coba hidupkan laptop tersebut. Apabila masih tetap tidak bisa? Anda mesti segera membawanya ke dokter komputer, alias ke spesialis laptop. Atau, bisa juga dengan langsung mengganti RAM dengan yang baru. Kondisi ini biasanya kerap terjadi pada laptop yang sudah agak tua.

Tag :

Solusi

0 Komentar untuk "Cara mengatasi laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup"

Back To Top