Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Cara mengatasi error code 0xc0000142 windows 10, 8/8.1 dan 7

Solusi memperbaiki masalah error code 0xc0000142 di laptop windows 10, 8/8.1 dan 7 - Apakah di laptop atau windows anda sedang mengalami permasalahan seperti pesan error berikut ini : 

The application was unable to start correctly (0xc0000142). Click OK to close application

Jika di artikan kedalam Bahasa Indonesia, kira-kira artinya 

Aplikasi tidak dapat dijalankan dengan benar (0xc0000142). Klik OK untuk menutup aplikasi

Mungkin pesan error yang muncul sangat mengganggu rutinitas anda dalam mengerjakan sesuatu di laptop/windows. Namun penulis harap, anda tidak perlu khawatir, sebab ada suatu solusi untuk memecahkan masalah tersebut. Untuk cara mengatasinya, baca penjelasan berikut ini sampai selesai ya.

Penyebab terjadinya The application was unable to start correctly (0xc0000142). Click OK to close application pada windows 7, 8, 10


Windows sering menawarkan pengalaman terbaru dan terbaik bagi para penggunanya. Walaupun begitu, terkadang pengalaman tersebut membuat windows kita memunculkan pesan error seperti tampilan sebelumnya.

Hal ini dikarenakan windows tidak bisa memperbaiki error 0xc0000142 di dalam dirinya sendiri. Tentu hal ini juga yang membuat kita mencari tahu di mesin pencarian google dengan kata kunci mengatasi code 0xc0000142.

Perlu anda ketahui semuanya, ada penyebab lainnya masalah tersebut muncul, diantaranya : 

  1. Disebabkan oleh program yang tidak sinkron dengan windows terbaru.
  2. Software tidak bisa mengakses yang dibutuhkan dalam menjalankan tugas-tugasnya.
  3. Virus yang ada pada laptop.
  4. Driver kartu grafis yang mengalami masalah.
  5. Penginstalan yang tidak berjalan lancar atau gagal.
  6. Ketidakmampuan program untuk mengakses file yang dibutuhkan.

Setelah mengetahui apa saja yang menyebabkan masalah tersebut muncul, langkah selanjutnya adalah cara mengatasi Error Code 0xc0000142.

Cara Mengatasi Error Code 0xc0000142


1. Menghapus Instalan Pembaruan

Ada cara mudah yang bisa anda jalankan ketika menemukan kasus seperti ini yaitu anda perlu menghapus software yang telah anda instal. Selain itu, anda bisa memulihkan Laptop/PC ke kondisi awal dengan melakukan restore.

2. Lakukan Pemindaian Virus di Laptop

Langkah selanjutnya anda bisa melakukan pemindahan virus atau malware pada pc/laptop anda. Hal ini bertujuan agar laptop anda tidak terkontaminasi dengan virus atau malware. Bagi yang belum memiliki anti virus di laptop/pc anda bisa mendownloadnya di mesin pencarian google.

3. Pembaruan Software/Aplikasi

Selain cara diatas, anda juga bisa mencoba cara yang satu ini yaitu dengan melakukan pembaruan aplikasi. Setelah melakukan pembaruan namun masalah tetap saja muncul, anda bisa menghapus dan menginstal kembali aplikasi tersebut.

Dengan begitu, pesan error code 0xc0000142 akan hilang dengan sendirinya.

4 Memperbarui Driver Kartu Grafis

Selanjutnya, anda bisa mencoba memperbaiki pesan error code 0xc0000142 dengan memperbarui driver kartu grafis (VGA). Anda bisa mengunduhnya file terbaru tersebut di website terpercaya.

5. Memperbaiki File Sistem

Ada cara alternatif yang bisa anda lakukan adalah menggunakan sfc/scannow di CMD. Untuk lebih jelasnya ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Buka Command Prompt dengan mode Administrator (Run as administrator).
  2. Setelah membuka Command Prompt, ketik sfc /scannow di tampilan command prompt lalu tekan enter untuk eksekusi perintah
  3. Setelah itu, tunggulah proses tersebut sampai selesai. Jika sudah file sistem yang bermasalah akan terdeteksi dan secara otomatis akan diperbaiki.

6. Memverifikasi dan Memperbaiki Pengaturan Registry

Ada cara alternatif jika cara sebelumnya tidak bisa berjalan baik yaitu dengan melakukan verifikasi dan memperbaiki pengaturan Registry. Untuk lebih jelasnya, simak langkah-langkah berikut ini :

  1. Tekan tombol Windows dan R secara bersamaan untuk membuka tool Run
  2. Setelah itu ketik regedit dan lalu tekan enter.
  3. Masuk ke navigasi folder HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Windows
  4. Temukan lalu klik dua kali pada item LoadAppInit_DLLs.
  5. Kemudian ubahlah data (value data) dengan nilai 0, setelah itu klik OK
  6. Terakhir, restart ulang komputer/pc anda.

Sekarang coba kembali, apakah pesan error code 0xc0000142 muncul? Itu saja pembahasan mengenai cara mengatasi pesan error code 0xc0000142. Semoga bermanfaat.

Tag :

Warning

0 Komentar untuk "Cara mengatasi error code 0xc0000142 windows 10, 8/8.1 dan 7"

Back To Top