Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Perbedaan lpddr3 vs ddr4

Keunggulan dan kelemahan lpddr3 vs ddr4 - Khusus edisi kali ini, kita akan membahas mengenai perbedaan lpddr3 dan ddr4. Bagi yang belum mengetahui mengenai seputar pembahas lp ddr3 dan ddr4, penulis berharap anda membaca artikel ini sampai sampai habis. Bagi yang masih awam mengenai istilah ddr mungkin timbul pertanyaan seperti ini, apa sih yang dimaksud DDR?.

Double Date Rate atau bisa kita kenal dengan DDR merupakan jenis komputer yang cepat dan sering digunakan pada RAM. Perlu anda ketahui, ada beberapa jenis DDR pada Memori RAM yang wajib diketahui, yaitu DDR1, DDR2, DDR3, hingga DDR4. Disamping itu juga, DDR4 merupakan generasi penerus dari DDR3.

Jika kita teliti, ternyata DDR4 memiliki beberapa pembaruan seperti ukuran, konsumsi daya, kecepatan, hingga efisiensi DDR. Namun sayangnya, DDR4 masih belum banyak diketahui orang walaupun DDR4 sudah muncul di tahun sebelumnya. Selain itu, DDR4 juga berpotensi menggantikan DDR3 di tahun berikutnya.

Nah pertanyaannya, apakah anda tahu apa yang dimaksud DDR3 dan DDR4? Jika belum, baca penjelasan berikut ini.

Apa yang dimaksud DDR3?

Menurut definisinya, DDR3 merupakan Access penerus dari generasi DDR1 dan DDR2 yang dianggap lebih baik dari sebelumnya. Biasanya DDR3 digunakan pada hp, komputer dan laptop baru. 

SO-DIMM merupakan modul DDR3 yang memiliki panjang 67,6 dengan jumlah pin kurang dari lebih 204 pin. Perlu anda ingat, bahwa DDR3 pada dasarnya beroperasi pada tegangan 1,5 Volt, sedangkan LPDDR3 beroperasi pada tegangan 1,35 Volt. 

Jadi dapat kita simpulkan, jika DDR3 dan LPDDR3 termasuk jenis RAM yang sama namun LPDDR3 lebih hemat energi daripada dengan RAM DDR3.

Apakah dari sini anda sudah jauh lebih paham?

Apa yang dimaksud DDR4?

Jika kita definisikan DDR4 merupakan RAM yang sudah diperkenalkan sejak tahun 2014 sebagai wujud generasi penerus dari DDR3. Namun dari sini, masih banyak orang yang belum mengetahui DDR4.

Perlu anda ketahui, jika DDR4 memiliki kemajuan dan perbaikan yang lebih bagus dari DDR3. Selain itu, DDR4 memiliki memori 16 GB dan Ram ini memiliki 288 pin sedangkan di SODIMM pada PC memiliki 260 pin. Tentu ini jauh lebih baik daripada DDR3. 

Setelah mengetahui apa saja mengenai penjelasan DDR3 dan DDR4, selanjutnya kita akan membahas mengenai perbedaannya.

Perbedaan DDR3/LP DDR3 dan DDR4

Ada beberapa perbedaan yang harus anda ketahui mengenai DDR3 dan DDR4 diantaranya sebagai berikut :

  1. DDR3 sudah diperkenalkan sejak tahun 2007, sedangkan DDR4 baru saja diperkenalkan pada tahun 2014.
  2. DDR4 sebagai generasi penerus dari DDR3 yang mempunyai spesifikasi lebih bagus.
  3. DDR3 memiliki memori 8 GB, sedangkan DDR4 memiliki memori 16 GB.
  4. Frekuensi dan kecepatan memori Ram DDR4 jauh lebih baik dari DDR3 sehingga kecepatan dalam proses transfer jauh cepat dan bagus.
  5. DDR4 lebih hemat dari DDR3, karena tegangan yang dimiliki DDR4 sebesar 1,2 V sedangkan DDR3 memiliki tegangan 1,5 V.
  6. Pin yang dimiliki DDR4 lebih banyak daripada DDR3 berdasarkan jumlah 288 pin pada DDR4 dan 240 pada DDR3.
  7. DDR3 dan DDR4 sama-sama memiliki modul yang lebih kecil.
  8. SO-DIMM DDR4 memiliki jumlah pin 204 sedangkan DDR3 memiliki pin 260 pin.
  9. DDR3 hanya mampu mendukung memori internal 8, sedangkan DDR4 memiliki internal hingga 16.

Kesimpulan DDR3 VS DDR4

Jika kita simpulkan, bahwa DDR4 jauh lebih bagus daripada DDR3.  Hal ini berdasarkan keunggulan yang dimiliki DDR4 seperti kecepatan transfer, memori, hingga penggunaan daya.

Tag :

Informasi

0 Komentar untuk "Perbedaan lpddr3 vs ddr4"

Back To Top