Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Cara Mengurutkan Data di Excel Berdasarkan Abjad, Kelas, Tanggal


Pemula yang baru dihadapkan dengan program Microsoft Excel pasti sangat sulit memahami rumus maupun semua tab-nya. Terlebih, ada banyak fungsi komponen yang bisa digunakan di lembar kerja, salah satunya untuk menyortir data di Excel.

Bagi orang yang berprofesi sebagai administrasi perkantoran, tentunya data yang dibuat harus diurutkan dengan benar. Selain membuat tampilan lebih menarik, juga memudahkan pencarian data yang dibutuhkan.

Meskipun cara mengurutkan data di Excel sesuai abjad terbilang mudah, namun kalau belum mengetahui dasar-dasarnya tentu akan sulit. Apalagi bagi pemula yang sebelumnya hanya berkutat dengan membuat tabel dan rumus SUM.

Cara Mengurutkan Data di Excel Secara Otomatis

Dalam pengerjaan sorting data, semua orang pasti ingin cara yang praktis dan mudah tanpa perlu berbelit-belit. Di Excel sendiri ada banyak hal yang dapat diurutkan secara otomatis, seperti abjad, nomor, hingga kelas.

Pada dasarnya, Excel menyediakan menu “Sort” yang berfungsi untuk menyortir atau mengurutkan. Jadi, bisa dibilang ini bisa dipelajari semua orang, bahkan pemula sekalipun.

Cara Mengurutkan Data Sesuai Abjad

cara mengurutkan data di excel mudah

Bila sebelumnya kamu sudah pernah membaca cara membuat urutan data Excel di situs lain tapi masih bingung karena caranya terlalu ribet, berikut beberapa langkah sederhana yang bisa kamu coba.

  • Langkah pertama buka dokumen
  • Selanjutnya blok semua data yang ingin diurutkan, mulai dari atas sampai ke bawah
  • Kemudian klik kanan pada mouse dan pilih Sort lalu Sort A to Z
  • Pilih Continue with the current selection (lanjut dengan seleksi yang dipilih), setelah itu klik Sort
  • Kalau memilih “Expand the selection”, maka semua data akan diurutkan, bukan hanya data yang diblok saja

Sekarang data yang sebelumnya diblok sudah berurutan. Cara ini digunakan untuk mengurutkan data dari yang terkecil hingga terbesar. Nah, kalau ingin membuat urutan data dari yang terbesar ke yang terkecil, pilih ikon Z-A atau Sort Z to A.

Jika ingin mengurutkan nomor di Excel, secara keseluruhan langkah-langkahnya tak ada perbedaan dengan cara di atas. Tinggal blok nomor mulai dari sel header, kemudian klik kanan dan arahkan kursor ke Sort Smallest to Largest dan klik.

Cara Mengurutkan Data Berdasarkan Kelas

cara mengurutkan data dari yang terkecil

Bagi para guru, data merupakan hal yang sangat penting. Terlebih, data nilai raport maupun data orang tua siswa. Nah, bila sebelumnya kamu sudah punya data namun tidak beraturan, berikut ini cara mengurutkan data siswa di Excel berdasarkan kelas.

  • Jika dokumen yang berisi data sudah dibuka, selanjutnya letakkan kursor di kolom Kelas
  • Lalu masuk ke tab Data dan klik menu Sort
  • Kemudian akan tampil pop up baru
  • Pada bagian Column Sort by pilih Kelas, di Sort On dan Order biarkan saja seperti itu
  • Langkah terakhir klik Ok

Dengan begitu, data akan diurutkan berdasarkan kelas 1, kelas 2, dan seterusnya. Menggunakan cara ini hanya berfokus pada kelas saja. Sedangkan, nama siswa tidak akan berurutan karena otomatis akan mengikuti kelasnya.

Selain itu, sebenarnya masih ada cara mengurutkan data dengan rumus. Namun, setelah dipraktikkan sendiri, kami rasa terlalu ribet dan buang-buang waktu.

Jadi kesimpulan yang bisa diambil, 2 cara di atas sudah cukup mewakilkan untuk mengurutkan semua data. Misalnya data tanggal, data kolom, maupun deret angka.

Nah, sudah paham kan? Memang terlihat mudah, tapi jika ingin menguasai semua yang berkaitan dengan penyortiran data, sebaiknya terus berlatih dan pahami setiap fungsi pada tab Sort & Filter. Pasalnya, jika salah menyortir data bisa jadi berantakan.

Demikian ulasan tentang cara mengurutkan data di Excel, sekarang giliran kamu untuk mengimplementasikannya ke dokumen yang kamu miliki. Selamat mencoba!
Tag :

Solusi

0 Komentar untuk "Cara Mengurutkan Data di Excel Berdasarkan Abjad, Kelas, Tanggal"

Back To Top