Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

4 Cara Menghilangkan Garis di Excel dengan Mudah dan Cepat

Ingin menyelipkan logo pada lembar kerja Excel? Simak dulu cara menghilangkan garis di Excel berikut agar tampilannya lebih sempurna.
 
Cara Menghilangkan Garis di Excel dengan Mudah dan Cepat

Pada dasarnya, garis atau gridlines pada Microsoft Excel merupakan bawaan yang memang sudah terprogram. Tapi, pengguna juga bisa menghilangkan garis di MS Excel dengan mudah andai dibutuhkan untuk menginput gambar atau membuat kop surat.

Fungsi gridlines pada lembar kerja Excel adalah sebagai pembeda antara cell satu dan cell lainnya. Dengan begitu, pengguna bisa membedakan masing-masing cell untuk memudahkan dalam membaca data dan membuat tabel.

Jika ingin mengubah format default spreadsheet menjadi polos tanpa garis, kamu tinggal menghapus checklist pada Gridlines. Otomatis semua garis akan hilang dan hanya menyisahkan tabel atau teks.

Tapi kalau ingin menghapus sebagian saja, misalnya gridlines pada judul dokumen, kamu bisa mengikuti cara menghilangkan garis di Excel pada ulasan di bawah ini.

Cara Menghilangkan Garis di Excel

Di semua versi Microsoft Excel, baik yang 2010, 2013, 2016 hingga versi terbaru, cara yang digunakan sama saja. Mungkin hanya tampilan dan letak menu yang berbeda. Pada penjelasan ini, sampel yang digunakan adalah MS Excel 2010.

Ada banyak cara menghapus garis di Excel, tergantung kebutuhan saat membuat dokumen. Mulai dari menghilangkan semua garis atau batas cell, garis yang diseleksi saja, hingga menghapus garis pada kolom atau baris tertentu.

1. Menghilangkan Semua Garis Excel dengan Gridlines

Pada tampilan default, Excel dibekali garis pembatas antar cell, kamu bisa menghilangkan semua garisnya tanpa menyisahkan satu garis pun. Jika ingin tahu caranya, kamu bisa mengikuti beberapa langkah berikut.

  • Jika lembar kerja Excel sudah dibuka, selanjutnya klik tab View
  • Setelah itu hilangkan centang di Gridlines
  • Selanjutnya semua garis di lembar kerja akan hilang secara otomatis

Yaps, cara menghilangkan semua garis di Microsoft Excel hanya perlu uncheck pada Gridlines. Kalau ingin memunculnya kembali batas cell tersebut, caranya tinggal klik atau centang menu Gridlines.

2. Menghilangkan dan Mengganti Warna Garis Excel

Sama seperti sebelumnya, kamu hanya perlu klik kotak Gridlines untuk menghilangkan centang. Tapi ini bukan melalui tab View, melainkan dari navigasi File. Selain menghilangkan garis di spreadsheet, cara ini bisa kamu gunakan jika ingin mengubah warna garis.

  • Pertama buka File di sebelah navigasi Home
  • Lalu pilih Options dan klik Advanced
  • Setelah itu gulir mouse ke bawah untuk mencari “Display options for this worksheet”
  • Selanjutnya klik di Gridlines untuk menghapus garis
  • Jika ingin mengubah warna garis, klik di Gridline Color dan pilih warna yang kamu suka
  • Langkah terakhir klik Ok

Selain warna garis batas, garis pada tabel juga berubah mengikuti warna yang kamu pilih. Sekarang, jika ingin mengembalikan tampilan menjadi seperti sebelumnya, ulang kembali langkah di atas dari awal.

3. Menghilangkan Garis Tertentu

Pada cara sebelumnya, tampilan Excel terlihat polos seperti Microsoft Word. Selanjutnya jika ingin menghilangkan garis tertentu, kamu bisa mencoba cara menghilangkan garis bantu di Excel dengan mengandalkan menu Margin & Center.

  • Langkah pertama blok semua kolom yang ingin dihilangkan garisnya
  • Kemudian masuk di tab Home pilih menu Marge & Center yang berada di menu baris perataan teks
  • Selanjutnya pilih Marge & Center dan klik Ok

Sekarang garis yang diblok sudah hilang. Jika terjadi kesalahan, dan ingin memunculkan kembali garis yang hilang, kamu bisa menekan Ctrl + Z pada keyboard atau mengulangi langkah di atas. Sangat mudah, bukan?

4. Menyembunyikan Baris dan Kolom Tertentu

cara menghilangkan garis di excel kolom tertentu

Nah, cara yang terakhir ini biasa digunakan untuk menyembunyikan baris dan kolom yang tak diinginkan. Misalnya, kamu sudah terlanjur menginput data pada tabel, tapi ada satu baris/kolom yang tidak dibutuhkan.

  • Klik di kolom atau baris yang ingin disembunyikan (tidak perlu diblok)
  • Masih dari tab Home, klik menu Format pada section Cells
  • Setelah itu pilih Hide & Unhide
  • Terakhir klik Hide Columns (untuk menyembunyikan kolom dari atas ke bawah) atau Hide Rows (menyembunyikan baris dari kiri ke kanan)

Hilangnya garis tak akan mempengaruhi fungsi dasar dari Excel itu sendiri. Ini hanya untuk mempermudah pengguna dalam pembuatan dokumen kantor yang harus memasukkan gambar, kop surat, dan lain sebagainya.

Nah, setelah mengetahui cara menghilangkan garis di Excel, sekarang kamu bisa memodifikasi tampilan dokumen sesuai keinginan. Meskipun semua garis tak lagi terlihat, tapi kamu masih bisa membuat tabel di Excel. Selamat mencoba!
Tag :

Solusi

0 Komentar untuk "4 Cara Menghilangkan Garis di Excel dengan Mudah dan Cepat"

Back To Top