Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Penyebab dan mengatasi microsoft word 2016/2010 not responding

Ketika terjadi problem pada Microsoft Word yang terinstall di perangkat Anda, penting untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasi Microsoft Word 2010/2016 not responding di laptop, pc, komputer windows 10, 8/8.1 dan 7 agar lebih efisien dan membuat pekerjaan lebih produktif.

Penyebab dan solusi memperbaiki microsoft office word 2016, 2013, 2010 sering not responding


Ketika sedang serius mengerjakan skripsi maupun tugas sekolah di laptop, tiba-tiba muncul notifikasi Microsoft Word not responding yang membuat lembar kerja Anda tak merespon atau berhenti beroperasi. Penyebab Microsoft Word not responding biasanya karena ada add-ins yang terinstall, namun di kasus lain, fitur AutoCorrect yang aktif juga bisa menjadi biang masalahnya. [Baca juga : Mengatasi Microsoft Office Unlicensed Product]

Tapi tak perlu khawatir, setiap masalah pasti ada jalan penyelesaiannya. Meskipun nama Microsoft Word sudah mendunia dan digunakan lebih dari miliaran pengguna, setiap teknologi pasti ada kurang dan lebihnya.



Munculnya notifikasi not responding pada Ms. Word mungkin satu dari sekian banyak masalah yang menyebalkan. Ketika sedang serius menulis, tiba-tiba laman kerja tak merespon. Jika Anda sedang mengalami hal tersebut, berikut cara mengatasi Microsoft Word 2010/2016 not responding.

Dengan Menonaktifkan Add-ins


Add-ins sendiri adalah fitur yang dapat menjalankan perintah kustom dan fitur baru untuk ditambahkan ke program Microsoft Office Anda. Singkatnya, fitur ini berfungsi untuk meningkatkan produktivitas pengguna. [Baca juga : Membuat daftar isi otomatis di word]

Namun fitur ini bagi sebagian orang dianggap tak berguna karena dapat menyebabkan masalah seperti not responding pada lembar kerja Word. Berikut cara menonaktifkan Add-ins pada Microsoft Word.

  • Klik menu File yang berada di paling ujung kiri layar laptop
  • Cari dan klik Options, kemudian pilih Add-ins
  • Lihat paling bawah ada kolom COM Add-ins, klik tombol Go di sebelahnya
  • Kemudian akan muncul menu COM Add-ins, pada kotak Add-ins available, pastikan tidak ada file yang dicentang, jika ada uncheck semuanya dan klik Ok 


Dengan Menonaktifkan AutoCorrect


AutoCorrect di Word berfungsi untuk mengubah kata-kata yang tidak sesuai menjadi benar. Singkatnya jika ada typo dalam penulisan, maka fitur AutoCorrect akan bekerja untuk memperbaiki kesalahan tersebut. [Baca juga : Membuat skripsi di word]

Fitur ini sama saja seperti Add-ins yang dapat menyebabkan error, untuk mengatasi Microsoft Word not responding yang sering terjadi, matikan AutoCorrect dengan langkah-langkahnya berikut.

  • Sama seperti sebelumnya, klik menu File
  • Pilih Options, lalu klik Proofing
  • Selanjutnya akan muncul tampilan “change how Word corrects and formats your text”, klik tombol AutoCorrect Options
  • Hapus ceklist atau uncheck “Show AutoCorrect Options Buttons”
  • Terakhir klik Ok


Repair Microsoft Office


Seharusnya dengan mencoba dua cara di atas, masalah not responding pada Word akan hilang. Tapi bisa jadi masalah Microsoft Office pada perangkat Anda lebih rumit. Untuk itu perlu melakukan repair atau perbaikan pada Microsoft Office.

  • Klik Start – Control Panel
  • Setelah masuk ke menu Control Panel, cari Program and Features
  • Cari program Microsoft Office Professional Plus 2010 atau 2016
  • Jika sudah ketemu, klik kanan, lalu pilih Change
  • Selanjutnya pilih Repair, dan klik Continue
  • Proses repairing pada Microsoft Office sedang berjalan, tunggu hingga selesai


Jika proses repair telah selesai, sebaiknya restart komputer atau laptop Anda. Setelah itu bisa coba buka program Office, entah itu Word atau Excel. Apabila langkah-langkah di atas dilakukan dengan benar, notifikasi not responding pada Microsoft Word dijamin tidak akan muncul kembali.

Keberadaan software seperti Microsoft Word di laptop maupun komputer sangat penting untuk menunjang segala bentuk aktivitas yang berhubungan dengan tulisan. Oleh karena itu penting bagi Anda menggunakan produk berlisensi agar fungsinya berjalan dengan optimal.

Jadi seperti itulah penyebab dan cara mengatasi Microsoft Word 2010/2016 not responding mudah yang bisa Anda lakukan. Jika masih mengalami masalah, silahkan ulangi kembali langkah-langkah yang telah dijabarkan di atas dengan teliti. [Baca juga : Membuat makalah di pc]
Tag :

MsWord

4 Komentar untuk "Penyebab dan mengatasi microsoft word 2016/2010 not responding"

Proses repairingnya berapa lama? Kok kayaknya lama banget

@CoratCoretan Pena tergantung juga spesifikasi perangkat nya dan seberapa besar yang di repair mba.

Terimakasih, atas artikelnya. sangat bermanfaat.

Back To Top