Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Cara masuk/buka Registry Editor di Windows 10, 8/8.1, 7 dan XP

Tips, trik, langkah langkah dan beragam cara untuk dapat mengakses fitur Registry Editor di Laptop, Komputer atau PC kita dengan mudah - Registry Editor merupakan fitur yang sangat penting bagi perangkat pc atau komputer yang bersistem operasi windows dimana didalam fitur ini terdapat settingan settingan yang sangat vital bagi sistem tersebut. Disana kita dapat mengedit, menambahkan bahkan menghapus sebuah item yang akan berpengaruh pada sistem kita. Atau pun kita hanya mengubah ubah Nilai atau value dari sebuah Data item atau pun Typenya. Saya biasa menggunakan registry editor ini dengan tujuan untuk mengubah suatu komponen fitur yang ingin saya inginkan.

Registry Editor ini pasti dimiliki oleh sistem operasi windows karena sudah terpasang secara otomatis sejak komputer atau perangkat anda tersebut digunakan. Dan untuk dapat masuk ke Registry Editor itu sebenarnya sangatlah mudah dan tidak sampai 30 detik untuk dapat melakukannya. Namun jika anda adalah seorang yang masih sangat pemula terhadap fitur ini, pasti akan mengalami sedikit kesulitan dan kebingungan. Namun tenang aja, disini admin AmalanKomputer akan memeberikan ada langkah langkah yang sangat mudah dan cepat yang dapat anda praktekkan langsung baik itu di komputer, pc atau laptop yang bersistem operasi windows 10, 8, 8.1, 7 dan XP. Untuk kasus ini, admin sendiri mempraktekkannya langsung di laptop asus, windows 8.1. Berikut ini beberapa cara yang dapat anda lakukan.

Cara buka Registry Editor melalui keyboard


Cara pertama yaitu anda akses melalui fitur RUN. adapun caranya adalah tekan tombol Win dan R secara bersamaan di keyboard laptop anda sehingga akan muncul kotak kecil Run yang berada disebelah kiri sudut bawah monitor anda. Dikotak tersebut, silahkan ketikkan saja kata regedit lalu klik button OK atau tekan saja tombol Enter di keyboard. Jika ada pertanyaan User Account Control, anda bisa mengklik button Yes sehingga akan muncul jendela baru dengan nama Registry Editor. Disana anda bisa melihat seperti folder-folder yang terdiri dari ratusan hingga ribuan anak folder.  Lima folder utama yang berada disebelah kiri adalah HKEY_CLASSES_ROOT, HKEY_CURRENT_USER, HKEY_LOCAL_MACHINE_HKEY_USERS dan HKEY_CURRENT_CONFIG sedangkan untuk item item didalam folder tersebut dapat anda lihat di panel sebelah kanannya.

Cara masuk ke Registry Editor pakai CMD


Cara kedua yaitu melalui Command Prompt atau CMD. Cara ini pun sangatlah mudah dan cepat. Anda bisa melakukannya melalui tool bawaan yaitu CMD atau Command Prompt. Silahkan buka CMD tersebut, bisa melalui Run, ketik CMD dan enter. Nah, di layar CMD yang ditampilkan, anda bisa mengetik saja perintah regedit lalu tekan tombol enter untuk mengeksekusi perintah tersebut. Akan ada pertanyaan User Account Control, anda pilih saja button Yes sehingga jendela fitur Registry Editor akan terbuka dan dapat anda gunakan. Selesai...

Sebenarnya dari dua cara yang saya sebutkan, masih ada cara tersembunyi lainnya. Tapi agak sedikit ribet. Disini admin AmalanKomputer.com hanya memberikan dua cara mudah ini saja. Dan menurut admin, cara paling mudah adalah cara pertama. Untuk itu, sampai disini dulu pembahasan saya mengenai Cara cepat membuka Registry Editor di laptop, pc atau komputer, semoga artikel yang sangat singkat ini dapat bermanfaat bagi anda. Jika masih bingung, silahkan berikan pertanyaan di kolom komentar bawah artikel ini. Pelajari juga artikel Cara Membuka fitur System Configuration. Sekian...
1 Komentar untuk "Cara masuk/buka Registry Editor di Windows 10, 8/8.1, 7 dan XP"

Back To Top