Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Perbedaan dan Cara Mengetahui Tipe Driver HDD, SSD dan SSHD di Laptop Windows 10/8/8.1/7

Tips dan trik mencari tahu apakah driver laptop pc atau komputer anda adalah SSD, SSHD ataukah HDD dengan mudah - Halo sobat AmalanKomputer, kali ini admin akan membahas mengenai hal yang paling mendasar yaitu mengenai tipe driver yang saat ini terpasang di laptop kalian apakah itu SSD, SSHD atau HDD. Artikel ini berisi informasi yang sangat mendasar untuk anda ketahui terlebih kepada anda yang masih pemula mengoperasikan sebuah laptop atau pc. Jika anda sudah ahli, mungkin anda sudah tidak perlu lagi untuk mempelajari artikel informasi yang sederhana ini. Sebelum kita berlanjut ke inti dari artikel ini, marilah saya ajak anda untuk mengetahui apa itu yang dinamakan dengan SSD, SSHD dan HDD.

Cara cek Tipe Driver HDD, SSD dan SSHD


1.HDD

HDD merupakan kependekan dari Harddisk Drive yang tersusun dari komponen mekanik yang terdiri dari piringan, motor dan lengan yang terhubung dengan piringan. Selain itu HDD tersusun dari komponen Elektronik. Pada proses pengolahan data, HDD terjadi karena sinergi antara aktivitas mekanik dan elektrik. Proses penulisan dan pembacaan data itu dilakukan dengan cara melalui ptoses mekanik dimana piringan diputar oleh motor dan ujung dari lengan yang terhubung ke komponen elektornik yang mengolah data, menempel pada piringan yang berputar dan melakukan aktivitas penulisan dan pembacaan data. Dari segi ukuran, HDD berukuran cukup besar karena terdiri dari berbagai macam komponen dan bergantung pada putaran piringan. HDD unggul dari segi kapasitas penyimpanan data yang besar.

2.SSD

SSD merupakan kependekan dari Solid State Drive yang tersusun tidak sama dengan HDD (misalkan tidak mempunyai motor, lengan atau piringan). Pada SSD hanya terdapat komponen elektronik seperti Intergrated Circuit (IC), Microchip, kapasitor dan lainnya. Keseluruhan proses pembacaan serta penulisan data tersebut dilakukan secara elektrik yang memiliki proses yang sama pada Flashdisk dan Memori RAM. Adapun kecepatan dari SSD ini terbilang sangat spektakuler dimana kecepatan baca/tulis data sekitar 8x dari kecepatan normal HDD. Misalkan dibeberapa kasus, laptop yang menggunakan SSD ketika booting hanya membutuhkan beberapa detik saja hingga desktop muncul dibanding HDD (tergantung dari spesifikasi perangkat). Ini dikarenakan oleh SSD yang tidak lagi bergantung pada putaran piringan yang membatasi kemampuan elektronik dari SSD.

3.SSHD

SSHD merupakan kependekan dari Solid State Hybrid Drives, yaitu sebuah memori penyimpanan internal komputer yang menggabungkan HDD dan juga SSD menjadi satu jenis drive. Penggabungan ini dikarenakan adanya kekurangan kekurangan dari HDD dan SSD. Misalkan HDD mengalami kelemahan pada kecepatan baca/tulis data, sedangkan SSD berkelemahan pada penyimpanan ukuran data yang besar. Nah, dengan menggabungkan kedua drive tersebut, teknologi SSHD ini dapat dikatakan sempurna dari segi kapasitas penyimpanan yang besar dan juga kecepatan baca/tulis data yang cepat. Keunggulan dari SSHD ini juga adalah harga yang dapat dibilang terjangkau untuk penggabungan kemampuannya tersebut. Untuk pemasangan SSHD pun terbilang cukup mudah karena pemasangannya seperti penyimpanan internal lainnya.

Nah, sekarang anda sudah paham sedikit mengenai penjelasan dari HDD, SSD dan SSHD tersebut. Sekarang kita akan berlanjut ke artikel intinya yaitu mencari tahu apakah laptop atau pc anda bertipe jenis apa drivenya. Tips dan trik ini dapat anda ikuti di sistem operasi windows 10, 8/8.1 dan 7. Ada dua trik yang dapat saya bagikan yaitu menggunakan aplikasi pihak ketiga dan juga tanpa aplikasi, yaitu mengeceknya langsung di laptop anda. Nah, untuk cara pertama dapat anda gunakan aplikasi Speccy yang dapat anda download dan install dari situs lain melalui pencarian google. Cara penggunaan aplikasi tersebut sangatlah mudah karena ketika anda selesai menginstallnya di laptop, anda hanya cukup membuka aplikasinya kemudian anda akan diperlihatkan informasi yang cukup mengenai perangkat laptop anda tersebut yang ditampilkan oleh aplikasi Speccy.

Cara ngecek Tipe Driver HDD, SSD dan SSHD dengan mudah


Untuk cara kedua yaitu mengeceknya langsung melalui laptop anda langsung. Dimulai dengan masuk ke kotak pencarian. Pada Windows 8/8.1 dan 10, silahkan tekan tombol Window + C dan pilih Search disebelah kanan layar. Di kotak pencarian yang muncul, masukan kata defrag sehingga anda akan diperlihatkan dua hasil pencarian yaitu Defrag dan juga Defragment and Optimize your drives. Nah, anda masuk saja ke hasil yang kedua yaitu Defragment and Optimize your drives. Dengan masuk ke pilihan tersebut, akan terbuka jendela baru yang bernama Optimize Drives dimana memperlihatkan seluruh Drive diperangkat anda beserta Media Typenya. Karena disini anda ingin melihat tipe drive, berarti anda melihat kolom Media typenya. Pada kasus admin AmalanKomputer, diperlihatkan seperti pada gambar diatas paragraf ini. Keseluruhan drive admin masih HDD (Hard disk drive). Maklum karena laptop lama.

Perlu anda ketahui bersama, bahwasanya tips dan trik ini dapat anda gunakan di windows 7, 8/8.1 dan 10. Pada intinya sama, di cara yang pertama anda membutuhkan aplikasi Speccy dan pada cara kedua anda melihatnya langsung melalui Defragment and Optimize your drives. Hanya saja pada cara kedua mungkin agak sedikit berbeda langkah langkahnya pada sistem operasi windows 7 dan dibawahnya. Nah, untuk itu, sampai disini dulu pembahasan singkat saya mengenai Perbedaan dan Cara Mengetahui Tipe Driver HDD, SSD dan SSHD di Laptop Windows 10/8/8.1/7, semoga artikel yang sangat singkat ini dapat menambah wawasan kepada pengetahuan anda dan bermanfaat. Sekian dan berjumpa lagi di artikel yang akan saya bahas nanti. Sekian...
Tag :

Informasi

0 Komentar untuk "Perbedaan dan Cara Mengetahui Tipe Driver HDD, SSD dan SSHD di Laptop Windows 10/8/8.1/7"

Back To Top