Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Mengatasi File Access Denied You need permission to perform this action saat Rename/Delete file

Tips dan Trik langkah langkah mudah mengatasi peringatan You need permission to perform this action saat menghapus atau rename sebuah file di windows 10, 8/8.1 dan 7 - Dibeberapa file folder, khususnya yang terletak di Local Disk C:, kita tidak bisa sembarang merename (mengganti nama) atau menghapus sebuah file yang menggunakan hak akses. Misalkan jika hak akses akun anda hanya bertipe standar, maka anda tidak bisa menghapus file file yang terproteksi tersebut. Akan ada peringatan yang menyatakan anda dicegah untuk pengaksesan file tersebut dimana harus membutuhkan permissi dari pihak administrator. Biasa file yang demikian saat kita klik kanan, dibagian rename atau delete memiliki simbol proteksi. Artinya, anda harus menggunakan mode administrator untuk melakukan operasi delete/rename yanga anda perlukan. Di artikel sebelumnya, telah saya bahas mengenai Cara Mengaktifkan User Administrator yang dapat anda pelajari terlebih dahulu untuk dapat melanjutkan ke artikel ini.

Solusi Mengatasi Access Denied You need permission to perform this action


Dalam kasus ini, saya ingin menghapus sebuah shortcut dari Internet Download Manager yang terletak di path C:\Users\WIN 8\AppData\Roaming\Microsoft\Windows\Start Menu\Programs\Startup dimana terproteksi oleh hak akses. Ketika saya klik Delete, ada kotak window kecil yang bernama File Access Denied dengan isi pemberitahuan You need permission to perform this action. You require permission from MRDUNGGIO\MRDunggio to make changes to this file beserta rincian shortcut tesebut seperti nama, type, size hingga Date modified. Kalau kita klik button Try Again, maka tetaplah tidak bisa menghapus file tersebut. Perlu anda ketahui bahwa MRDUNGGIO\MRDunggio tersebut adalah nama user administrator di windows milik saya. Disini saya menggunakan sistem operasi windows 8.1 64-bit bermerk Asus x441s. Dibawah ini saya menyediakan langkah langkah mengatasi file access denied yang terbukti 100% work!

Langkah pertama yaitu anda mengaktifkan terlebih dahulu user Administrator dan masuk kedalamnya atau dengan merubah tipe User akun windows yang anda gunakan saat ini. Pelajari caranya melalui link/tautan artikel diparagraf pertama yang telah saya berikan. Jika telah berhasil masuk, klik kanan pada icon aplikasi atau file yang anda ingin hapus. Dalam kasus admin AmalanKomputer, saya menghapus file IDMan - shortcut. Pilih Properties > masuk ke tab Security. Ditab tersebut anda akan melihat kotak kedua yang bernama Permissions dimana Full controlnya tidak tercentang. Jika anda mengklik button Edit, sia sia saja karena tetap tidak bisa kita centang. Silahkan anda coba. Jika bisa maka anda sudah langsung mendapat akses untuk menghapus file yang anda maksud. Jika belum, silahkan lanjutkan ke langkah selanjutnya dibawah ini.

Klik saja button Advanced sehingga jendela baru kedua yang bernama Advanced Secuty Settings for IDMan pun muncul (for IDMan berbeda tergantung nama file). Nah, klik tab Permisson lalu klik button Add dan jendela ketiga dengan nama Permission Entry for IDMan yang baru pun muncul. Klik lagi tulisan Select a principal dan muncul lagi jendela kecil keempat yang bernama Select User or Group. Dijendela tersebut klik lagi Advanced... dan muncul lagi jendela ke lima. dijendela kelima, klik button Find Now dan cari saja nama user yang anda punya. Saya mencentang user windows yang telah anda buat dan sementara anda gunakan saat ini lalu klik button OK dan OK lagi di jendela ke empat. Dijendela ketiga (Permission Entry for IDMan) tersebut saya centang pilihan Full Control sehingga semua pilihan (selain Special permissions) pun tercentang otomatis dan klik OK. Nah, di jendela kedua (Advanced Security Setting for IDMan), klik saja button Apply lalu OK.

Langkah Langkah Memperbaiki Access Denied You need permission to perform this action

Klik kanan Properties
Masuk ke tab Security > Klik button Advanced
Masuk ke tab Permissions > Klik button Add
Klik tulisan Select a principal
Klik button Advanced
Klik button Find Now > pilih User yang saat ini anda gunakan
Klik OK > OK lagi.
Centang kotak Full Control > klik OK.
Klik button Apply > OK.
Nah, sekarang jendela yang tersisa adalah Properties yang pertama kali anda buka tadi melalui klik kanan tadi. Lihatlah dibagian permissions for Administrator tadi sudah tercentang Allow disemua bagian baik itu Full Control, Modify, Read & Execute, Read, Write namun tidak untuk Special permissions. Jika belum tercentang, klik saja button Edit.... dan centang yang anda inginkan. Klik saja OK dijendela terakhir tersebut sehingga semua jendela sudah tidak ada. Nah, di file yang anda inginkan tadi, silahkan anda hapus dan lihat apa yang akan terjadi? Apakah terhapus? Jika langkah langkahnya telah sesuai namun tetap tidak terhapus, biasanya anda mengalami kesalahan pemilihan User pada jendela kelima. Jika anda masih tetap tidak berhasil dan bingung terhadap langkah langkah diatas, silahkan bertanya langsung di kolom komentar. Sekian...
Tag :

Warning

4 Komentar untuk "Mengatasi File Access Denied You need permission to perform this action saat Rename/Delete file"

saya ga bisa Apply, tulisannya access denied

@Alvito coba mas pindah atau pilih user lain saat dilangkah Select User or Group

This comment has been removed by the author. - Hapus

Back To Top
close