Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Hidden/Menyembunyikan File dalam Gambar PNG/JPG di Laptop

Tips, trik, tutorial dan langkah langkah menyembunyikan File dalam Gambar di pc, komputer atau laptop - Di artikel yang telah admin AmalanKomputer sare sebelumnya, saya telah membuat sebuah postingan yang memiliki tema atau pembahasan yang sama dengan postingan yang sekarang ini admin bahas. Jika anda berminat untuk mengetahui cara lain menyembunyikan file, dapat anda baca dan pelajari di artikel Cara Sembunyikan Folder Tanpa Software. Sama seperti trik ini, trik tersebut mendukung untuk semua jenis atau varian windows dan semua format file yang ingin kita sembunyikan dari orang lain. Misalnya saja format gambar (JPG, PNG, JPEG, GIF), film/video (MP4, 3GP), musik (MP3, WAF), document, dan lain lain. Anda dapat mengikuti cara ini hampir di semua varian windows baik itu windows 10, 8/8.1, 7 hingga ke XP dan Vista.

Menurut admin sendiri, untuk dapat menyembunyikan suatu file dalam file gambar tersebut sangatlah mudah untuk dilakukan bahkan anda tidak perlu lagi mendownload hingga menginstall-install aplikasi atau software yang aneh aneh dalam perangkat anda misalkan laptop atau komputer anda. Disini, tool atau alat yang anda harus persiapkan adalah sebuah aplikasi WinRAR dan Command Prompt. Tenang saja karena kedua aplikasi ini hampir disetiap pc sudah ada terinstall dari awal dibelinya perangkat milik anda tersebut. Di Laptop admin pun terpasang dan siap digunakan aplikasinya sejak pertama kali laptop tersebut dibeli. Oke, jika anda sudah penasaran untuk mengetahui langkah langkah menyembunyikan file tersebut, silahkan simak penjelasan singkat dibawah ini.

Hal yang pertama kali saya sangat rekomendasikan atau sangat disarankan untuk anda lakukan dalam menyisipkan sebuah file atau folder yang kalian anggap sangat rahasia kedalam sebuah file berformat gambar adalah dengan membuat sebuah folder baru misalkan FilePenting di data D: (Data Umum) dan mempersiapkan sebuah gambar yang ingin kita pakai untuk menyisipkan atau menyembunyikan Folder tersebut. Nah, folder FilePenting dan Gambar tersebut diletakan di data atau partisi yang sama dalam hal ini di data D:. Untuk itulah silahkan anda pindahkan file file rahasia yang ingin anda sembunyikan itu di folder FilePenting tersebut.

Jika folder FilePenting itu sudah dimasukan file file penting yang anda ingin sembunyikan, silahkan klik kanan pada folder FilePenting dan pilih Add to Archive.... Muncul kotak dialog baru. Nah, perhatikan saja dibagian bawahnya dan klik button OK aja. Tujuan anda dilangkah ini adalah untuk mengompress folder FilePenting tersebut menjadi file berekstensi .rar. Jika telah selesai, otomatis di data D: tersebut akan muncul dan terlihat file rarnya dengan icon buku yang saling bertindihan dengan nama FilePenting.rar. Terlihat bukan?
Oke, langkah selanjutnya silahkan anda beralih ke lihat gambar yang dipersiapkan tadi. Misalkan nama gambarnya adalah hidder. Tujuan kali ini adalah anda lihat ekstensi gambar tersebut dengan cara pada gambar tersebut, klik kanan dan pilih Properties yang terletak di bagian paling bawah. Jika sudah, anda akan melihat kotak dialog properties. Perhatikan pada Type of file. Akan diperlihatkan tipe dari file gambar anda tersebut misalkan PNG : image (.png), berarti ekstensinya .png. Ada juga yang JPEG image (.jpg) berarti ekstensi gambar .jpg. Disini anda paham dan bisa menemukannya bukan? Silahkan anda klik saja button OK untuk keluar kotak properties. Disini kita sudah dapat data lengkap dari file gambar tersebut. Dalam kasus admin, detail nama gambarnya adalah hidder.jpg. Saran juga kepada anda, sebaiknya perhatikan juga berapa besar ukuran dari data gambarnya. Di kasus admin, ukuran file hidder.jpg adalah 31.0 KB sedangkan file FilePenting.rar adalah 443 KB.

Langkah selanjutnya anda diharuskan untuk membuka Command Prompt atau CMD dengan cara adalah tekan Win + R lalu ketik cmd dan tekan saja tombol enter sehingga akan terbuka dan terlihat kotak hitam yang bernamakan command prompt. Atau juga bisa langsung mencarinya juga di all Programs. Di layar cmd laptop ini, anda harus mengetikkan beberapa perintah. Karena file FilePenting.rar dan gambar hidder.jpg terletak pada data partisi yang sama yaitu D: maka ketikan D: di cmd dan enter sehingga akan terlihat tulisan D:\> dibawahnya. Silahkan anda ketik lagi perintah copy /b hidder.jpg+FilePenting.rar hidder.jpg lalu tekan tombol enter. Kalau kita perhatikan secara menyeluruh, formatnya akan menjadi D:\>copy /b hidder.jpg+FilePenting.rar hidder.jpg. Jika berhasil akan muncul tulisan dibawahnya seperti :
hidder.jpg
FilePenting.rar
1 file(s) copied.
Dengan melihat pemberitahuan tersebut, hal itu memberitahukan bahwa penyembunyian file sudah selesai. Selamat karena anda berhasil melakukan trik ini! Anda bisa menutup tool CMDnya. Nah, anda bisa saja menghapus folder FilePenting dan file FilePenting.rar tersebut namun JANGAN SEKALI KALI MENGHAPUS GAMBAR hidder.jpg-nya. Silahkan anda lihat ukuran gambar hidder.jpg-nya yang telah meningkat drastis yang tadinya ukurannya hanya 31.0 KB sekarang telah menjadi 474KB. Mengapa bisa berubah ukurannya? Hal itu terjadi karena anda baru saja memasukkan file FilePenting.rar yang berisi file file rahasia tadi kedalam gambar hidder.rar. Terlihat keren bukan?
Bagaimana untuk membuka kembali atau melihat kembali isi dari FilePenting.rar tadi yang telah terselip kedalam gambar? Caranya sangatlah mudah! Bahkan tak perlu teknik yang sangat sulit. Caranya cukup anda buka saja aplikasi WinRar di pc anda dengan cara tekan tombol Win dan R secara bersamaan di keyboard lalu ketikkan perintah winrar lalu tekan tombol enter sehingga anda akan otomatis dibukakan ke aplikasi winrar langsung. Nah dari aplikasi winrar tersebut, buka saja file gambar hidder.jpg tadi dengan cara tekan CTRL + O secara bersamaan, ubah All Archives ke All Files agar semua format, termasuk format gambar bisa diliat dan ditemukan. Tinggal cari aja file hidder.jpg tadi di data D:.

Jika anda sudah membuka gambar tersebut melalui WinRar, anda akan diperlihatkan folder FilePenting (bukan FilePenting.rar lagi) dan jika anda ingin masuk kedalamnya, terlihat file file yang anda sembunyikan tersebut. Kalau anda ingin mengeluarkan kembali folder tersebut dari gambar, tinggal klik aja Extract To melalui WinRar tersebut. Bagaimana? sangatlah mudah bukan cara untuk menyembunyikan file penting kedalam gambar? Anda dapat mengikuti cara cara ini di komputer, pc atau laptop anda. Untuk itu, sampai disini dulu pembahasan singkat saya kali ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda. Sekian...
Tag : Tutorial
0 Komentar untuk "Hidden/Menyembunyikan File dalam Gambar PNG/JPG di Laptop"

Back To Top