Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Cara Melihat/Mengetahui Spesifikasi RAM, BIOS, DirectX Version Laptop/Komputer Windows

Tips, trik, langkah langkah dan cara mengetahui spek RAM, BIOS, System Operasi, Sistem Manufacture Laptop, pc atau komputer Windows dengan mudah - Seperri yang anda ketahui bersama bahwasanya hampir semua barang elektronik memiliki spesifikasi tersendiri. Mengapa demikian? karena spesifikasi spesifikasi inilah yang menjadi ciri dan keunikan tersendiri dari sebuah produk dibandingkan dengan produk yang lain dan juga menjadi dasar peletakkan harga pada barang tersebut. Semakin tinggi dan baik spesifikasi yang ditawarkan, semakin mahal pula harga yang dibandrol. Hal ini terjadi juga pada barang Laptop, pc atau komputer kita dimana setiap jenis merek dari masing masing perangkat tersebut mempunyai spesifikasi tersendiri. ASUS berbeda dengan Lenovo, bahkan Acer. Bahkan lebih dari itu, setiap merek yang sama pun berbeda spesifikasinya. Contohnya saja Asus X441S sedikit berbeda dengan Asus tipe lain misalkan X441U.

Kebanyakan orang rata rata memilih laptop atau komputer yang dibeli tanpa melihat terlebih dahulu spesifikasinya karena hanya melihat tampilan yang kerennya juga atau melihat perangkat yang harga pas sesuai kantong tanpa mengetahui spesifikasi yang ditawarkan. Atau biasa juga anda lupa terhadap spesifikasi barang yang saat ini anda punya. Nah, disini admin AmalanKomputer akan memberikan anda tips mengenai bagaimana sih cara melihat spesifikasi laptop dengan mudah untuk varian windows misalkan windows 7, Windows 8/8.1 dan 10. Tujuan untuk melihat spesifikasi ini mungkin hanya untuk sekedae untuk berbagi pengetahuan ringan aja dari Admin kepada anda. Daripada anda ribet lagi dengan mengambil kembali buku panduan kecil bawaan barang anda hanya untuk melihat spesifikasi, lebih efisien jika anda lakukan langkah langkah dibawah ini langsung di PC atau laptop anda.

Perlu untuk anda ketahui bersama bahwasanya informasi cara melihat spek laptop ini dapat dilakukan pada windows 7, windows 8, windows 8.1, dan windows 10. Untuk varian windows XP, Vista atau generasi sebelumnya, admin belum pernah coba karena jarang menggunakan atau mengoperasikan sistem operasi windows yang jadul itu. Disini admin akan berikan dua cara yang terbilang sangat mudah untuk dapat anda ikuti. Cara pertama adalah langung melihat System Informationnya Laptop kita dan cara yang kedua adalah menggunakan aplikasi bantuan. Nah, jika anda sudah sangat penasaran terhadap langkah langkah dari kedua cara tersebut, silahkan simak penjelasan selengkapnya.

Cara Pertama melalui System Informations. Adapun langkah yang pertama kali anda lakukan adalah dengan menekan tombol Windows dan R secara bersamaan di keyboard laptop anda sehingga akan terlihat kotak run di layar desktop perangkat anda. Di kotak tersebut, Anda bisa mengetikkan perintah dxdiag lalu tekan tombol enter untuk mengeksekusinya. Tunggu hingga beberapa detik sehingga anda akan melihat kemunculan jendela dari DirectX Diagnostic Tool. Jika ada pertanyaan, cukup pilih saja Yes untuk mengijinkan program ini berjalan. Di awal jendela, anda otomatis berada di tab System yang memperlihatkan System Information dari Laptop atau komputer anda dimulai dari Computer Name, Operating System, Language, System Manufacturer, System Model, BIOS dan lainnya.  Sedangkankan jika anda masuk ke tab kedua atau jika anda mengklik Next page yaitu Display, anda akan diperlihatkan dengan spesifikasi Device, Drivers dan DirectX Features. Dan jika anda masuk ke tab lainnya yaitu tab Sound maupun Input punya spesifikasi tersendiri yang dapat anda peroleh. Klik Exit aja jika anda telah selesai melihat lihat spesifikasi laptop dan ingin keluar.
Cara kedua ialah anda menggunakan Aplikasi pihak ketiga. Benar! Kita akan memanfaatkan fitur yang terdapat pada aplikasi atau software pihak ketiga. Adapun aplikasi yang saya maksud adalah aplikasi yang bernama Speccy. Jika anda mau mencoba trik ini melalui aplikasi, anda dapat mendownload Speecy tersebutlangsung di internet. Sangat banyak dibagikan oleh blogger internasional mengenai aplikasi ini. Jika anda sudahmendownload dan menginstall speecy ini diperangkat kalian, silahkan buka aplikasinya. Anda akan diperlihatkan semua spesifikasi perangkat kalian baik itu Komputer atau Laptop dengan terbilang cukup lengkap. Disana sudah tersedia semua informasi yang anda perlukan untuk diketahui mengenai perangkat laptop anda tersebut. Untuk itu, sampai disini dulu pembahasan admin mengenai dua cara melihat spesifikasi laptop windows kita, semoga artikel yang sangat singkat ini dapat bermanfaat bagi anda. Sekian...
Tag :

Informasi

1 Komentar untuk "Cara Melihat/Mengetahui Spesifikasi RAM, BIOS, DirectX Version Laptop/Komputer Windows"

Back To Top