Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Cara Menyembunyikan/Mengunci File/Folder dengan Password di Notepad dan CMD

Tips, trik, langkah langkah dan tutorial cara mudah memberi sandi pada File tanpa Software di Laptop atau Komputer dan PC- Mungkin sekarang ini pastinya anda mempunyai banyak folder yang berisi file file yang sangat penting yang anda tidak ingin anda perlihatkan isinya kepada orang lain dengan tujuan hanya untuk konsumsi peribadi saja. Misalkan jenis file yang terbilang umum yang anda tidak inginkan diperlihatkan adalah gambar, musik ataupun video maupun file file seperti documen MS Word atau Excel yang dirasa penting yang menyangkut privasi anda.

Nah, menurut admin AmalanKomputer sendiri, sebenarnya untuk menyimpan dan menyembunyikan sebuah file itu adalah pekerjaan yang terbilang sangat mudah caranya! Bahkan anda tidak perlu lagi untuk menginstall apalagi membeli aplikasi yang harganya cukup terbilang mahal. Dengan trik yang nantinya admin berikan, yang perlu anda lakukan adala meng-copy atau menyalin sederentetan kode atau script yang saya sediakan dibawah ini. Silahkan anda copy dengan cara block seperti biasanya lalu tekan ctrl + C.
cls@ECHO OFF
title Simple Folder Locker by AmalanKomputer.com
if EXIST "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}" goto UNLOCK
if NOT EXIST Locker goto MDLOCKER
:CONFIRM
echo Apakah anda yakin untuk menyembunyikan folder ini? "LOCKER" ? (Ya / Tidak)
set/p "cho=>"
if %cho%==Y goto LOCK
if %cho%==Ya goto LOCK
if %cho%==ya goto LOCK
if %cho%==y goto LOCK
if %cho%==tidak goto END
if %cho%==Tidak goto LOCK
if %cho%==n goto END
if %cho%==N goto LOCK
echo Invalid choice.
goto CONFIRM
:LOCK
ren Locker "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
attrib +h +s "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
echo Folder locked
goto End
:UNLOCK
echo Masukkan password untuk membuka folder "LOCKER" ( case sensitive )
set/p "pass=>"
if NOT %pass%== GANTI-DENGAN-PASSWORD-ANDA-DISINI goto FAIL
attrib -h -s "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
ren "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}" Locker
echo Folder Unlocked successfully
goto End
:FAIL
echo Invalid password
goto end
:MDLOCKER
md Locker
echo Locker created successfully
goto End
:End
Kemudian, langkah selanjutnya yang anda lakukan setelah menyalin script tersebut adalah silahkan anda buka terlebih dahulu aplikasi notepad yang sudah berada di pc atau komputer anda. Jika tidak menemukan notepad di desktop, cari saja di All Programs atau anda bisa langsung menekan tombol Win dan R secara bersamaan sehingga anda akan melihat munculnya kotak run dibawah sebelah kiri layar laptop anda. Setelahnya anda ketik aja perintah Notepad lalu enter sehingga akan munculah teks editor notepad yang anda inginkan tersebut. Langkah selanjutnya adalah silahkan anda pastekan kode yang tadi anda copy ke notepad tersebut dengan cara menekan tombol CTRL + V di keyboard secara bersamaan.

Nah, perlu anda perhatikan dibagian ini. Setelah anda telah selesai paste kode ke notepad, anda perlu mengedit kode tersebut. Editannya cukup mudah yaitu anda hanya perlu mengganti tulisan GANTI-DENGAN-PASSWORD-ANDA-DISINI dengan Password atau kata sandi yang anda inginkan. Saran admin, gunakan saja pasword yang mudah untuk diingat ya? Setelahnya anda simpan saja file notepad tersebut dengan tekan CTRL dan S di keyboard secara bersamaan dan simpan dengan nama serta ekstensi (atau akhiran) .bat. misalkan Nama filenya adalah Rahasia dan ekstensi .bat maka secara keseluruhan namanya menjadi Rahasia.bat
Setelah anda berhasil menyimpannya file tersebut, maka lihat file yang telah disimpan tadi di lokasi yang anda letakan tadi. Akan terlihat hasil berupa sebuah file dengan icon gerigi atau gear dengan ukuran sekitar 1.07 kb. Klik dan buka saja file tersebut sehingga secara kilat akan terbuka dan tertutup kembali secara kilat juga. Namun akan muncul sebuah folder baru dengan nama Locker. Di folder Locker itulah anda harus memasukan File atau folder yang ingin anda sembunyikan. Jika sudah selesai memindahkan file folder pribadi ke dalam folder locker, buka kembali file Rahasia.bat anda tadi.  Anda akan melihat muncul kotak CMD yang meminta sebuah jawaban. Disini anda hanya perlu menjawab dengan mengetikkan kata ya lalu tekan tombol enter untuk menyembunyikan Folder Locker tadi sehingga secara otomatis, file Rahasia.bat tadi akan tertutup dan folder Locker langsung tersembunyi.

Bagaimana jika anda ingin memunculkan kembali folder Locker yang tersembunyi tadi? Caranya dapat terbilang sangat mudah! Yang perlu anda lakukan adalah anda hanya perlu untuk mengklik dan membuka kembali file Rahasia.bat tadi lalu masukan Password atau kata sandi yang anda buat sebelumnya pada script sebelum disimpannya kedalam CMD yang muncul. Tekan saja tombol enter di keyboard. Jika password yang anda masukkan benar, maka file Rahasia.bat tadi akan tertutup dan folder Locker yang tersembunyi pun otomatis terlihat. Jika password yang anda masukkan salah, folder Locker tidak akan muncul.

Bagaimana jika kita melupakan kombinasi password yang kita input tadi? Caranya pun sangatlah mudah! di file Rahasia.bat tersebut kita pilih dan soroti lalu klik kanan pilih edit. Anda cari cari saja baris if NOT %pass%== WKWKW goto FAIL. Perhatikan kata WKWKW adalah password yang anda lupakan itu. Bagaimana, terbilang sangat mudah bukan? Nah, letak kelemahan dari trik menyembunyikan file ini terletak disini. Orang lain bisa mengakses password tersebut menggunakan cara ini. Bagaimana untuk mengakalinya? Anda bisa mengikuti saran saya ini. Silahkan salin kembali keseluruhan script di file Rahasia.bat tadi lalu pastekan ke Microsof Office dan simpan baik baik kodenya serta ingat letak dimana anda menyimpan file ms office tersebut. Adapun file Rahasia.bat dapat kita delete aja. Ataupun script tadi bisa kita simpan di notepad tapi dengan catatan, simpan menggunakan ekstensi .txt, bukan .bat.

Bagaimana untuk memunculkan kembali folder Locker yang telah tersembunyi itu? Mudah aja! Anda hanya perlu membuat kembali file Rahasia.bat (bisa menggunakan nama yang berbeda misalkan SecretFolder.bat) dengan mencopy scriptnya yang telah tersimpan dari file MS Word. File Rahasia.bat tadi kita simpan kembali di lokasi folder yang sama sebelum file Rahasia.bat yang asli kita hapus. Adapun untuk cara memunculkan folder Locker pun tetap sama. Oh ya,,, Cara menyembunyikan file/folder ini dapat berhasil diberbagai jenis Windows loh. Anda telah mempraktekan cara ini dari Windows 8.1. Nah, admin AmalanKomputer juga mempunyai trik Menyembunyikan File Rahasia di dalam Gambar!

Trik ini juga dapat berjalan di sistem operasi varian windows lainnya seperti Windows XP, Windows 7, Windows 8 dan Windows 10 dengan menggunakan program script sembunyi file ini. Bagaimana? Penjelasan yang saya berikan cukup mudah di cermati dan di ikuti bukan? Semoga saja anda dapat mengikuti langkah langkah yang saya berikan diatas tersebut. Jika anda masih mengalami kebingungan, silahkan bertanya langsung di kolom komentar yang telah admin AmalanKomputer berikan. Untuk itu, sampai disini dulu pembahasan saya mengenai Tips dan trik menyembunyikan file atau folder dengan memberikan password di laptop tanpa aplikasi, semoga dapat bermanfaat bagi anda. Sekian...
Tag : Tutorial
0 Komentar untuk "Cara Menyembunyikan/Mengunci File/Folder dengan Password di Notepad dan CMD"

Back To Top