Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Mengatasi/Memunculkan Folder yang Dihiden/Disembunyikan Oleh Virus

Tips, trik, langkah langkah dan tutorial memunculkan file yang disembunyikan oleh virus komputer - Seperti yang kita ketahui bersama bahwasanya virus komputer sudah sudah sangat banyak dan meraja lela dimana mana. Hal yang paling parah terjadi ketika pc, laptop atau komputer anda yang sudah terhubung dengan internet. Perlu anda ketahui bahwasanya internet itu adalah jalur terbaik untuk virus komputer masuk ke sistem perangkat yang milik anda. Sehingganya dari itu anda pun minimal harus tahu menahu menjaga pc anda dari hal hal yang tidak di inginkan seperti serangan virus komputer tersebut.

Disini, yang perlu anda ketahui bersama bahwa ketika sebuah perangkat baik itu Komputer atau Laptop anda dengan sistem operasi windows 7, 8, 8.1 atau 10 sudah diserang virus, maka virus komputer yang telah menginveksi tersebut akan menimbulkan beragam masalah yang merugikan pada perangkat anda. Misalkan salah satunya adalah dengan menyembunyikan folder folder atau kasus yang lebih banyak adalah file file yang anda rasa penting. Namun kadangkala anda menyangka dan menyimpulkan bahwa File yang hilang tersebut dihapus oleh virus lalu anda melakukan pencarian di recycle bin. Namun disana anda tidak menemukan apa apa.

Mengenai kasus yang sementara anda alami saat ini, Admin AmalanKomputer dapat membantu anda dengan cara yaitu memberikan beberapa tips yang saya ketahui dan dapat anda praktekan dengan sangat mudah dan terbilang cukup cepat. Yang lebih hebatnya lagi, bahkan anda tak perlu mempunyai keahlian khusus atau install sana sini aplikasi atau software aneh aneh agar dapat memunculkan kembali folder yang di sembunyikan itu. apalagi sampai pergi sama servicenya segala, kan tekor banyak anda hanya karena gara gara virus komputer yang sebenarnya terbilang cukup mudah untuk mengatasinya.


1. UNHIDE FOLDER dengan menggunakan Antivirus SMADAV

Cara pertama yang yang dapat anda coba adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi antivirus. Salah satu antivirus yang daapat saya rekomendasikan adalah SMADAV karena terbilang sangat ringan dan tersedia gratis. Lagian, mungkin sekarang ini perangkat anda telah memiliki antivirus smadav yang telah terinstall di pc kalian. Namun, Jika perangkat anda belum mempunyai SMADAV ini, baiknya anda install aplikasinya yang dapat di unduh atau di download langsung melalui halaman www.smadav.net. namun saya kira besar kemungkinan perangkat anda baik itu komputer atau laptop anda sudah otomatis terinstall smadav.

Pertama kali, silahkan anda buka SMADAV. Perhatikan langkah berikut, misalkan folder yang hilang itu berada di partisi D: ( biasa diberi nama dengan Data Umum), maka anda cek kolom disampingnya. lainnya batalkan check misalkan pada System Area dan Start-Up Area, tapi saran saya anda tidak usah meng-uncheck area tersebut. Jika sudah, silahkan anda klik aja button SCAN sehingga proses scan akan berjalan. Anda hanya tinggal menunggu aja prosesnya hingga 100% dan selesai. Jika telah mencapai 100%, Anda akan melihat sebuah pemberitahuan bahwa komputer/laptop anda tidak dalam keadaan baik baik. Hal ini terjadi dikarenakan smadav berhasil mendeteksi virus atau FOLDER yang tersembunyi. silahkan klik tombol hijau yang bertuliskan BERSIHKAN. Atau anda juga bisa langsung pergi ke menu atau tab File Tersembunyi di kotak atas dan klik tombol Unhide All. SELESAI!! Sangat mudah bukan?

2.UNHIDE FOLDER dengan menggunakan CMD (Command Prompt)

Sebuah tools yang sangat powerfull yang memang sudah disediakan oleh sistem operasi windows secara otomatis sehingganya saya kira semua laptop atau komputer yang bersistem operasi windows pasti memiliki Command Prompt ini dan terinstall diperangkatnya. Cek saja kalau beneran ada. Langkah pertama yang dapat anda lakukan adalah cari CMDnya atau Command Prompt dibagian aplikasi lalu buka CMD tersebut. Jika anda tidak menemukannya, anda bisa menekan secara bersamaan tombol WIN dan R sehingga akan muncul kotak run dibawah kiri layar. ketik saja CMD lalu tekan tombol enter! Kini aplikasi CMD itu dengan tampilan manual (auto) berwarna hitam dan tulisan putih.

Di layar CMD tersebut, ketik perintah attrib *.* -s -r -h /s /d lalu tekan tombol enter. Selanjutnya anda hanya tinggal menunggu sejenak CMD berproses. jika sudah, akan terlihat tulisan tuisan yang mengatakan data lokasi yang sudah di unhide (yang berhasil dimunculkan) dan yang tidak bisa di unhide. Yang bisa di unhide berarti selamat, foldernya sudah di buka kembali. Beberapa file yang ga bisa di unhide itu biasanya file system yang sudah di setting hak aksesnya untuk tersembunyi saja. Bagaimana? sangat mudah bukan tips dan trik mengenai cara memunculkan kembali file yang disembunyikan oleh virus komputer? semoga bermanfaat ya? Jika anda masih bingung terhadap dua langkah diatas, silahkan bertanya langsung di kolom komentar yang telah saya sediakan dibawah ini. Sekian...
Tag : Solusi
0 Komentar untuk "Mengatasi/Memunculkan Folder yang Dihiden/Disembunyikan Oleh Virus"

Back To Top