Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Cara Mengaktifkan dan Menjalankan Windows Mode Administrator

Tips dan trik tutorial mudah menghidupkan windows 10, 8/8.1, 7 dan XP menjadi user administrator - Pada umumnya, ketika anda pertama kali membeli sebuah perangkat baik itu pc, laptop atau komputer yang bersistem operasi windows, maka User Account yang anda gunakan untuk logon ke windows anda tersebut bertipe Administrator. Atau dibeberapa kasus ditemukan User yang bertipe standar sedangkan tipe Administratornya tidak dihidupkan atau sengaja dibuat menjadi tipe standar. Dengan menggunakan tipe Standar tersebut ada beberapa settingan yang tidak bisa anda kelola di perangkat anda tersebut sehingga sangat membatasi anda dalam mengelola komponen komponen software yang ada dalam perangkat itu. Misalkan saja ketika anda akan me-rename atau men-delete sebuah file penting system, maka anda akan di blok dengan alasan access denied. [Baca : Mengatasi File Access Denied You need permission to perform this action]

Untuk mengatasi hal tersebut agar anda memiliki full control (kontrol penuh) terhadap hak akses software di laptop anda, maka jalan satu satunya adalah masuk ke mode administrator. Ada dua cara yang admin AmalanKomputer punya untuk merubah hak akses menjadi administrator di laptop anda. Kedua cara itu pun sangatlah mudah dan dapat anda lakukan dengan cepat tanpa mengalami kendala. Dua cara ini yaitu melalui User Account dan yang satu lagi adalah CMD atau Command Prompt. Ada baiknya anda ikuti langkah langkah berikut secara teliti agar berhasil. Baiklah, jika anda sudah sangat penasaran terhadap artikel yang akan saya bagikan, silahkan simak Dua cara mudah mengaktifkan akun pengguna Administrator di laptop windows. Perlu anda ketahui bahwa saya disini menggunakan Laptop Asus x411s bersistem operasi windows 8.1 64-bit.

Cara mengaktifkan Windows Mode Administrator melalui User Account


Cara pertama melalui User Account yaitu anda masuk terlebih dahulu di windows. Masuk ke kolom pencarian (untuk windows 8/8.1 dan 10, tekan tombol Win dan C secara bersamaan > Pilih Search). Ketikkan keyword User Accounts sehingga anda menemukan fitur UA tersebut. Klik saja fiturnya sehingga akan ada tab baru (Control Panel > All Control Panel Items > User Accounts) yang bernama User Accounts dimana anda akan melihat akun yang sedang anda gunakan. Nah, perhatikan di nama user dan keterangannya tersebut (terletak disebelah kanan foto profile user). Akan terlihat keterangannya. Jika hanya ada keterangan Local Account dan Password Protected (jika telah diberi password), maka berarti user tersebut bukan sebagai Administrator. Untuk mengubahnya, silahkan klik tulisan Change your account type lalu pindahkan pilihan ke bulatan Administrator. Simpan pengaturan dengan mengklik button Change Account Type sehingga diketerangan user tadi sudah ada Administrator.


Menghidupkan akun Administrator melalui CMD


Cara kedua adalah melalui Command Prompt (CMD) yaitu dengan cara buka CMD anda dengan mode Administrator. Caranya klik kanan pada logo aplikasi, pilih Run as Administrator. Di layar cmd tersebut, anda ketikkan perintah net user administrator /active:yes lalu enter sehingga akan muncul tulisan dibawahnya yaitu The command completed successfully yang artinya perintah telah berhasil dilaksanakan. Apa maksud perintah yang anda ketik tersebut? maksudnya adalah kita mengaktifkan user administrator yang secara manual telah ada di laptop kita. Hanya saja, user Administrator tersebut dimatikan otomatis sejak komputer atau laptop anda dinyalakan. Untuk dapat membuka user Administrator tersebut, cukup keluar dari user sekarang yang anda gunakan (bisa pilih logout) dan beralih ke Administrator.

Ketika anda pertama kali anda membuka user Administrator yang baru dibuat tersebut, secara otomatis windows akan memproses otomatis segala proses instalasi user tersebut. Anda cukup menunggu hingga proses telah selesai. Disini anda jangan mematikan paksa laptop atau komputer anda. Silahkan di charger biar tidak terjadi shutdown yang tak terduga. Jika sudah berhasil masuk, maka berarti anda telah punya user akun administrator. Silahkan gunakan seperlunya. Bagaimana? Mudah bukan Cara Mengaktifkan dan Menjalankan Windows Mode Administrator? Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda ya?? Jika anda masih mengalami kebingungan terhadap dua cara diatas, bertanya langsung di kolom komentar. Sekian... [Baca juga : Cara mengembalikan/memunculkan tab Security pada file Properties]
Tag :

Fitur

0 Komentar untuk "Cara Mengaktifkan dan Menjalankan Windows Mode Administrator"

Back To Top
close